Cara Menampilkan Kutipan Postingan di Tema WordPress

Menampilkan Kutipan Postingan di Tema WordPress

Apakah kamu ingin mengetahui cara menampilkan kutipan postingan di tema WordPress yang kamu gunakan? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Dengan menampilkan kutipan postingan alih-alih artikel lengkap di blog, kamu dapat meningkatkan tampilan halaman, mengurangi kecepatan pemuatan, dan menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada kamu bagaimana cara menambahkan post excerpts ke tema WordPress.

Mengapa Perlu Menampilkan Kutipan Postingan di WordPress

Post excerpts ini biasanya di gunakan pada indeks blog dan halaman arsip untuk menghindari menampilkan teks lengkap pada setiap artikel di website.

Secara default, WordPress akan menampilkan postingan lengkap di beranda, halaman blog, dan halaman arsip di seluruh website. WordPress memang memiliki dukungan bawaan untuk menampilkan kutipan postingan, tetapi tidak semua tema akan memanfaatkannya.

Dengan menggunakan kutipan dapat membantu dalam mempercepat loading website karena hanya sedikit dari setiap artikel yang akan di muat.

Hal ini juga dapat meningkatkan tampilan halaman, karena pengunjung akan melihat beberapa postingan blog untuk mereka pilih, bukannya satu postingan panjang.

Maka dari itu, mari cari tahu bagaimana cara kamu dapat menampilkan kutipan postingan di tema WordPress.

Periksa Apakah Tema Mendukung Kutipan Postingan

Tema WordPress yang cukup populer sudah di lengkapi dengan pengaturan bawaan untuk menampilkan kutipan dari postingan.

Kamu dapat menemukannya di panel pengaturan tema, atau dengan membuka Appearance > Customize dan mengklik opsi Blog dari menu sebelah kiri.

Pilih Blog

Selanjutnya kamu akan menemukan pengaturan untuk menyesuaikan blog WordPress dan halaman arsip.

Sekarang pilih opsi pada menu “Blog / Archive”.

Pilih Blog Archive

Setelah itu, scroll ke bagian menu paling bawah untuk melihat pengaturan “Post Content”.

Agar menampilkan cuplikan artikel, kamu harus mengklik tombol Excerpt.

Pilih Excerpt

Jangan lupa mengklik timbol Publish untuk menyimpan pengaturan yang sudah di buat.

Hal ini akan mengaktifkan kutipan postingan untuk tema WordPress. Tetapi tergantung pada tema yang kamu gunakan, pengaturan mungkin sedikit berbeda.

Tampilkan Post Excerpts dengan Menggunakan Kode

Jika tema kamu tidak memiliki dukungan bawaan untuk menampilkan kutipan postingan, maka kamu harus menambahkannya secara manual.

Kamu dapat mengedit file tema secara langsung, tetapi kami menyarankan kamu untuk membuat child theme. Dengan begitu, kamu dapat leluasa memperbarui tema WordPress dan tidak akan kehilangan perubahan yang telah di buat.

Setelah kamu berhasil membuat tema anak, sekarang kamu perlu menemukan template yang tepat untuk halaman yang ingin kamu tampilkan kutipan postingan. Sebagian besar tema mungkin menggunakan home.php, content.php, category.php, dan archive.php.

Setelah itu, kamu perlu menemukan kode berikut di setiap file tersebut.

Kemudian, kamu harus menggantinya dengan the_excerpt, maka kodenya akan seperti ini.

Setelah kamu menyimpan file, kutipan postingan akan di tampilkan di mana artikel lengkap sebelumnya.

Ubah Panjang Kutipan WordPress Default

Setelah selesai menambahkan kutipan postingan ke tema WordPress, kamu mungkin ingin mengubah panjang kutipan yang di tampilkan. Secara default, WordPress akan menampilkan 55 kata pertama dari postingan dan menambahkan ellipsis (…) di akhir.

Sekarang kamu dapat mengubah ini dengan menambahkan custom kode ke file WordPress. Kamu perlu menambahkan kode berikut ke file functions.php atau menggunakan plugin code snippets.

Kode ini mengubah panjang kutipan postingan menjadi 100 karakter. Atau kamu juga dapat mengubah angka 100 ke panjang karakter yang kamu inginkan.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menampilkan kutipan postingan di tema WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

24 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *