Nulis Internet Cara Mengaktifkan Pendaftaran di Situs WordPress

Cara Mengaktifkan Pendaftaran di Situs WordPress

Cara Mengaktifkan Pendaftaran di Situs WordPress

Apakah anda ingin mengizinkan pengguna tamu untuk mendaftar di situs berbasis WordPress anda?

Anda dapat mengaktifkan pendaftaran pengguna di WordPress kapan saja. Sehingga dengan mengaktifkan ini anda memungkinkan pengguna untuk membuat postingan, komentar, atau melakukan tindakan lain di website.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada anda cara mudah mengizinkan pendaftaran pengguna di situs WordPress dan cara mengelola pengguna.

Mengaktifkan Pendaftaran di WordPress

WordPress hadir dengan segudang fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat suatu website profesional dengan mudah. Bahkan pada bundling WordPress sudah terdapat fitur yang memungkinkan pengguna tamu untuk mendaftar pada website yang berbasis cms WordPress. Namun, ini dimatikan secara default, tetapi anda dapat dengan mudah menyalakannya.

Sekarang yang perlu anda lakukan adalah membuka halaman Settings > General dari area admin WordPress. Kemudian gulir ke bawah pada bagian ‘Membership’ dan beri centang pada kotak di sebelah ‘Anyone can register’.

Aktifkan membership di WordPress

Selanjutnya anda perlu memilih peran pengguna default. Ini adalah peran pengguna yang ditetapkan untuk setiap pengguna baru yang mendaftar pada website.

Setiap peran pengguna di WordPress ada dengan izin dan kemampuannya sendiri.

Peran pengguna default yang diberikan WordPress kepada pengguna baru yang mendaftar adalah ‘Subscriber’. Tetapi anda dapat merubahnya ke peran pengguna lain yang tersedia.

Misalnya saja, anda ingin pengguna menulis postingan di website yang anda kelola. Jadi anda dapat mengubah peran pengguna default menjadi Contributor atau Author.

Penting : Anda jangan pernah merubah peran pengguna ke Administrator, karena ini bisa berdampak buruk pada situs anda kedepannya. Bisa saja orang lain yang anda beri peran admin tersebut bermaksud jahat dan ingin mengambil alih website yang anda miliki.

Setelah selesai, jangan lupa mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan yang sudah anda buat.

Sekarang situs WordPress anda sudah terbuka untuk pendaftaran pengguna. Untuk melihat hasilnya, anda dapat mengunjungi halaman login WordPress, dan anda akan melihat opsi untuk mendaftar sebagai pengguna baru di bagian bawah form login.

Tampilan opsi pendaftaran di WordPress

Menambahkan Tautan Masuk dan Daftar di WordPress

Setelah berhasil membuka website untuk pendaftaran pengguna, mungkin anda ingin memberi tahu pengguna bahwa mereka dapat mendaftar dan masuk ke akun mereka.

Untuk melakukan hal tersebut ada banyak cara yang dapat anda gunakan.

Misalnya saja, anda bisa menambahkan tautan di sidebar WordPress ke halaman login dan registrasi, atau anda dapat membuat halaman login dan registrasi khusus untuk website.

Namun, pada panduan ini kami hanya akan menunjukkan cara paling sederhana yang dapat anda gunakan untuk memberi tahu pengguna.

Menambahkan Meta Widget ke Sidebar WordPress

Cara termudah untuk menambahkan link login adalah dengan menambahkan meta widget ke sidebar situs WordPress.

Yang dapat anda lakukan adalah membuka Appearance > Widgets dan tambahkan widget ‘Meta’ ke bagian sidebar situs.

Tambahkan widget meta ke sidebar

Meta widget sudah termasuk link untuk mendaftar, login/logout, RSS feed, komentar feed, dan WordPress.org.

Berikut adalah tampilan meta widget di sidebar website kami.

Tampilan meta widget

Mengelola Pengguna di WordPress

Anda dapat melihat semua pengguna terdaftar di website dengan mengklik Users pada menu dasbor admin. WordPress akan menampilkan semua daftar pengguna lengkap beserta nama pengguna, nama, peran, dan alamat email mereka.

Manajemen pengguna WordPress

Sebagai administrator, anda dapat menghapus pengguna mana pun dan kapan pun anda mau.

Tidak hanya itu, anda juga dapat mengedit profile pengguna, mengubah peran mereka, dan anda bahkan dapat mengubah kata sandi mereka.

Ini berarti memberi anda kendali penuh atas apa yang dapat atau tidak dapat dilakukan pengguna di situs WordPress anda.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara mengaktifkan pendaftaran di situs WordPress. Jika memiliki pertanyaan terkait panduan di atas, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

12 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.