Nulis Teknologi Cara Mengambil Screenshot Panjang di Android

Cara Mengambil Screenshot Panjang di Android

Cara Mengambil Screenshot Panjang di Android

Kamu sebagai pengguna smartphone pasti sering menggunakan fitur screenshot. Kalau dulu screenshot hanya menyesuaikan ukuran layar smartphone, saat ini sudah ada yang terbaru yaitu screenshot panjang.

Jadi kamu dapat mengambil banyak informasi sekaligus dalam satu kali tangkapan layar.

Meskipun screenshot sudah ada sejak lama pada perangkat Android, akan tetapi untuk screenshot panjang ini belum benar-benar ada pada sistem Android.

Ini berarti smartphone yang menjalankan sistem operasi Android stok, semuanya tidak mendukung screenshot panjang bawaan.

Akan tetapi ada beberapa vendor ponsel yang berhasil membuat fitur ini pada sistem operasi kustom mereka. Jadi bukan berarti semua ponsel Android tidak bisa menggunakan fitur screenshot panjang.

Pada panduan ini kita akan membahas cara screenshot panjang di ponsel Android secara lengkap.

Cara Screenshot Panjang di ponsel Android

Karena tidak ada cara mengambil screenshot panjang bawaan Android, kamu bisa menggunakan aplikasi yang dapat kamu download dari Play Store.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan, tetapi saya lebih menyarankan untuk menggunakan aplikasi LongShot, karena aplikasi ini mendukung gulir otomatis yang dapat memudahkan kamu.

Berikut ini adalah cara untuk menggunakan aplikasi LongShot pada ponsel Android.

  1. Download LongShot dari Google Play Store.
  2. Jalankan aplikasi dan beri izin yang diperlukan.
  3.  Dalam pengaturan LongShot, pastikan kamu memberi centang pada Auto Scroll.beri centang auto scroll
  4. Akan muncul pop up seperti pada gambar di bawah, klik OK dan ikuti petunjuknya untuk memberi izin aplikasi.Ikuti panduan di layar
  5. Buka kembali aplikasi dan sekarang klik icon capture biru di sebelah Capture screenshot. Beri izin jika aplikasi meminta izin akses lagi.Klik icon capture
  6. Kamu akan melihat pop up. Klik Start Now dan buka aplikasi yang ingin kamu ambil screenshot panjang.Klik start now
  7. Setelah berada di aplikasi atau halaman web, klik tombol Start. Aplikasi akan secara otomatis mengambil screenshot panjang pada layar ponsel.Klik start untuk memulai
  8. Setelah mencapai bagian bawah, aplikasi akan meminta kamu untuk langsung menyimpan atau mengedit gambar terlebih dahulu. Jika sudah klik SAVE di pojok kanan atas.Simpan hasil tangkapan layar

Seperti itulah cara untuk mengambil screenshot panjang di Android menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya fitur screenshot panjang ini akan diperkenalkan oleh google di Android 12 yang dirilis pada bulan september 2021 mendatang.

Sebagai penutup, apakah fitur screenshot panjang di smartphone Android ini perlu ada? Tinggalkan jawaban di kolom komentar.

Lihat juga panduan kami lainnya tentang Cara Mudah Membuat Folder Tersembunyi di Android agar data kamu aman dari orang yang jail.

97 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.