Nulis Internet Cara Mengatur Gambar Default Thumbnail Postingan WordPress

Cara Mengatur Gambar Default Thumbnail Postingan WordPress

Mengatur Gambar Default Thumbnail Postingan

Apakah kamu ingin mengatur gambar default untuk thumbnail postingan WordPress? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Featured image atau biasa di kenal sebagai thumbnail postingan, sangat berguna dalam menarik minat pengguna dan membuat artikel lebih mudah terlihat di media sosial.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada kamu cara mengatur gambar fallback default untuk thumbnail postingan di WordPress.

Mengapa Perlu Membuat Gambar Default untuk Postingan WordPress

Thumbnail postingan atau featured image adalah fitur bawaan dari tema WordPress, ini memungkinkan kamu untuk menampilkan gambar utama dengan postingan atau artikel blog. Bergantung pada tema, nantinya gambar ini juga digunakan di beranda, arsip, atau widget.

Beberapa tema juga menampilkan gambar thumbnail postingan dan kutipan artikel di beranda website. Jika kamu lupa menambahkan thumbnail pada artikel, maka postingan tersebut akan muncul tanpa thumbnail dan tampilan tata letak akan berantakan.

Tanpa Thumbnail Postingan

Dengan menambahkan gambar default, maka kamu dapat mengatur gambar apa pun misalnya logo website untuk di gunakan ketika tidak ada gambar thumbnail yang di temukan. Ini sangat berguna karena secara otomatis memastikan semua artikel yang di publish memiliki thumbnail.

Tetapi jika tidak ingin menggunakan cara ini, mungkin panduan kami sebelumnya tentang cara mengharuskan menambah featured image postingan WordPress bisa menjadi rekomendasi untuk kamu gunakan. Pada panduan tersebut kami membuat semua penulis harus memasukkan featured image ke artikel terlebih dahulu sebelum mulai di terbitkan.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara mengatur gambar default untuk thumbnail postingan WordPress.

Metode 1: Mengatur Gambar Thumbnail Default Postingan Dengan Plugin

Cara ini lebih kami rekomendasikan untuk semua pengguna karena tidak memerlukan kode khusus dan tentunya sangat mudah di terapkan.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Default Featured Image. Panduan lebih detail kamu dapat melihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah aktivasi, kamu dapat mengunjungi halaman Settings > Media untuk mulai mengonfigurasi plugin.

Default Featured Image

Kemudian, dengan mengklik tombol Select default featured image akan memunculkan popup media library. Dari sini kamu bisa memilih gambar yang akan di gunakan atau menguploadnya dari komputer.

Ketika selesai memilih gambar, jangan lupa mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan.

Sekarang coba kunjungi halaman beranda website apakah gambar thumbnail sudah tampil dengan benar. Plugin ini secara otomatis akan menampilkan gambar default yang sudah di tentukan sebelumnya untuk mengisi postingan atau artikel yang tidak memiliki featured image.

Metode 2: Mengatur Gambar Thumbnail Default Postingan Tanpa Plugin

Metode ini mengharuskan kamu untuk menambahkan kode ke file tema WordPress yang di gunakan. Jika belum pernah melakukan lebih baik hindari menggunakan metode ini, karena kesalahan kecil bisa merusak website kamu.

Tetapi jika sudah terbiasa dengan menggunakan kode, maka simak panduan ini sampai selesai.

Pertama, kamu perlu menyiapkan gambar yang ingin di gunakan sebagai gambar thumbnail default. Selanjutnya, akses direktori website menggunakan klien FTP atau melalui file manager di cPanel untuk mengunggah gambar tersebut ke folder images tema kamu.

Folder images tema terletak di dalam /wp-content/themes/tema/images. Jika tema kamu tidak memiliki folder images, maka kamu bisa membuatnya secara manual.

Setelah mengunggah gambar, langkah selanjutnya adalah memberi tahu WordPress untuk mencari gambar tersebut ketika sebuah postingan tidak memiliki thumbnail sendiri.

Hampir semua tema WordPress menampilkan thumbnail postingan di berbagai tempat. Kamu perlu mencari fungsi the_post_thumbnail() di dalam file tema. Biasanya, fungsi tersebut dapat di temukan dalam file archive.php, single.php, atau template konten.

Selanjutnya, tambahkan kode berikut ini di mana kamu ingin menampilkan thumbnail postingan.

Jangan lupa untuk mengganti default-image.jpg dengan nama file gambar yang kamu upload sebelumnya.

Sampai disini, kamu sudah bisa mengunjungi halaman website untuk melihat gambar thumbnail default tampil atau tidak.

Tampilan Featured Image Default

Metode 3: Menggunakan Gambar Pertama Artikel Sebagai Thumbnail Postingan

Metode ini juga mengharuskan untuk menambahkan kode ke file tema WordPress yang kamu gunakan.

Pertama, kamu perlu menambahkan kode berikut ke file functions.php tema.

Kode tersebut hanya menampilkan gambar pertama yang ada pada artikel. Sekarang kita perlu menambahkan output di tema.

Untuk melakukannya, kamu perlu mengedit file tema di mana fungsi post_thumbnail(); di gunakan. Ganti fungsi tersebut dengan kode berikut ini.

Menggunakan Gambar Pertama

Sekarang kamu dapat mengunjungi website untuk melihat apakah gambar thumbnail sudah tampil atau tidak.

Kami harap artikel ini membantu kamu mengatur gambar default atau membuat gambar pertama artikel sebagai thumbnail postingan WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat artikel kami tentang cara membuat postingan custom di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

6 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *