Nulis Internet Cara Mengatur Jumlah Kata Minimum Postingan WordPress

Cara Mengatur Jumlah Kata Minimum Postingan WordPress

Mengatur Jumlah Kata Minimum Postingan WordPress

Apakah kamu ingin menetapkan jumlah kata untuk postingan yang di buat pada website WordPress? Jika iya, sekarang sudah berada di halaman yang tepat.

Jika kamu mengelola situs yang memiliki beberapa penulis, maka memberi jumlah kata minimum sangat penting untuk di lakukan. Hal ini bertujuan memberi standar penulisan tersendiri agar pembaca kamu puas dengan konten yang di buat.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengatur jumlah kata minimum untuk postingan WordPress menggunakan dua metode berbeda.

Alasan Menetapkan Jumlah Kata untuk Blog

Kamu sebagai penulis tunggal atau seorang yang mengelola website dengan multi penulis, harus menetapkan standar penulisan konten yang jelas untuk memastikan artikel yang di buat berkualitas tinggi.

Salah satu yang paling standar adalah memberikan jumlah kata minimum untuk setiap artikel yang akan di publikasikan pada website. Hal ini bisa sangat mudah kamu terapkan jika website tersebut menggunakan WordPress sebagai sistemnya.

Karena WordPress memiliki plugin yang dapat kamu manfaatkan untuk mulai menjalankan standar tersebut, agar tidak ada konten yang memiliki jumlah kata sedikit dan bernilai rendah.

Dalam hal ini sudah banyak yang membuktikan bahwa konten yang lebih panjang cenderung memiliki peringkat yang lebih baik di hasil pencarian daripada konten yang pendek, sehingga dapat meningkatkan traffic blog.

Metode 1: Batasi Jumlah Minimum Kata Menggunakan Plugin

Cara yang paling mudah untuk membatasi jumlah kata minimum ketika menulis postingan pada website WordPress adalah menggunakan plugin PublishPress Checklists.

Plugin ini memungkinkan kamu untuk mengatur tugas yang harus di selesaikan oleh penulis sebelum menerbitkan konten. Seperti menambahkan jumlah kata minimum dan maksimum pada postingan dan halaman.

PublishPress Checklists ada versi gratis dan premium berbayar yang memiliki lebih banyak fitur untuk produk toko online WooCommerce. Tetapi pada panduan ini, kami hanya akan menggunakan versi gratis karena sudah memiliki fitur yang kita butuhkan.

Untuk dapat menggunakan plugin ini, kamu harus menginstal dan mengaktifkannya melalui dashboard admin WordPress. Panduan lebih detail kamu dapat melihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah berhasil di aktifkan, kamu bisa melihat ada item baru bernama Checklists di menu samping area admin WordPress. Sekarang, klik item tersebut dan tentukan jumlah kata nimimum dan maksimal pada bagian “Number of words in content”.

Number of Words

Kemudian, kamu bisa memilih apakah ingin membuatnya menjadi Disable, Required, atau Recommended dari manu dropdown.

Jika memilih Recommended, maka penulis tetap dapat menerbitkan artikel meskipun kata yang di gunakan tidak memenuhi jumlah minimum. Sedangkan opsi Required membuatnya wajib untuk menyelesaikan kata sesuai dengan yang sudah di tentukan. Jadi kamu bisa melanjutkan dengan opsi Required.

Selain itu, Publishpress Checklists juga memungkinkan kamu untuk mengecualikan peran pengguna tertentu dari persyaratan yang sudah di buat. Cukup klik pada kotak kosong yang berada di daftar “Who can ignore the task?” dan pilih peran pengguna.

Who can ignore the task

Setelah selesai mengatur semuanya, scroll ke bagian paling bawah dan klik tombol Save Changes.

Klik Save Changes

Sekarang coba buka Post > Add Post menggunakan akun dengan peran Author, maka kamu akan melihat peringatan persyaratan jumlah kata minimum.

Jika artikel yang di buat tidak berisi dengan jumlah kata minimum yang sudah di tentukan, ikon peringatan pada tombol Publish tersebut akan tetap ada dan tidak menghilang sampai jumlah kata terpenuhi. Begitu juga pada panel kanan bawah terdapat meta baru yang menunjukkan jumlah minimum kata yang harus di gunakan.

Checklist Notifikasi

Setelah konten memenuhi jumlah kata, maka notifikasi akan hilang dan meta Checklist menampilkan tanda centang berwarna hijau, kemudian penulis dapat menerbitkan postingan blog mereka.

Minimum Kata Terpenuhi

Metode 2: Tentukan Jumlah Minimum Kata di WordPress Tanpa Plugin

Cara untuk menentukan jumlah minimum kata di WordPress tanpa menggunakan plugin adalah dengan menambahkan cuplikan kode ke dalam file functions.php tema.

Kamu dapat mengakses file ini menggunakan klien FTP atau melalui Appearance > Theme Editor di area admin WordPress. Tetapi kekurangan menggunakan cara ini adalah ketika melakukan update tema, maka perubahan yang di buat akan hilang.

Cara mudah menghindari hal tersebut adalah menambahkan kode ke website dengan menggunakan bantuan plugin Code Snippets. Ini memungkinkan kamu untuk menambahkan custom kode tanpa khawatir hilang atau merusak situs.

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Code Snippets.

Setelah plugin di aktifkan, buka Snippets > Add New dari dashboard admin WordPress. Kamu bisa mulai dengan membuat judul untuk custom kode yang akan di tambahkan.

Buat Kode Snippets Baru

Kemudian tempelkan cuplikan kode berikut ini ke kolom Code:

Catatan: Kamu dapat mengubah jumlah kata minimum dari 300 menjadi yang kamu inginkan dan juga mengganti pesan kesalahan.

Tambahkan Cuplikan Kode

Jika sudah, scroll ke bawah untuk mengklik tombol Save Changes and Activate.

Sekarang, coba membuat postingan baru dengan kata yang jumlahnya kurang dari 300, ketika kamu mengklik tombol Publish akan muncul kesalahan seperti pada gambar berikut ini.

Published Failed

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara memberi jumlah kata minimum untuk postingan blog WordPress. Mungkin kamu juga berminat melihat panduan kami lainnya tentang cara menambahkan custom CSS di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *