Nulis Teknologi Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android

Hal terburuk yang mungkin saja kamu alami saat ini adalah banyak foto yang hilang dari galeri ponsel. Ini bisa terjadi karena kamu tidak sengaja menghapusnya atau mungkin sesuatu terjadi dengan ponsel kamu sehingga foto tiba-tiba hilang.

Smartphone Android memang memberi pengguna beberapa cara untuk menyimpan dan memulihkan foto yang telah dihapus.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengembalikan foto yang terhapus di Android.

Periksa Folder Sampah di Ponsel Android

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa folder sampah. Saat kamu menghapus foto dari galeri ponsel, secara otomatis foto tersebut akan dipindahkan ke folder sampah selama 30 hari sebelum mulai dihapus permanen.

Jika disimpulkan bahwa kamu baru-baru ini telah membuang gambar tersebut, maka cobalah untuk mengeceknya, mungkin saja gambar tersebut masih ada.

Berikut adalah cara untuk mengakses folder sampah di Android:

1. Buka aplikasi galeri di ponsel Android kamu. Setelah itu beralih ke tab ‘Album’ yang berada di sebelah kanan. Gulir ke bawah untuk menemukan folder sampah.

Aplikasi galeri android

Catatan: Tergantung merek ponsel yang kamu gunakan, lokasi sampah bisa saja berbeda.

2. Sekarang klik folder sampah tersebut dan kamu akan melihat semua foto yang sebelumnya di hapus. Pastikan untuk mencarinya dengan teliti.

Isi Folder Sampah Foto

3. Jika foto yang kamu cari memang berada di dalam folder ini, cobalah untuk mengembalikannya ke tempat semula. Cukup klik foto tersebut dan setelah terbuka, klik ikon pulihkan di bagian sebelah kiri layar.

Mengembalikan foto yang terhapus di Android

Sekarang foto yang terhapus sudah dikembalikan ke tempat semula. Cobalah untuk mengeceknya di galeri ponsel kamu.

Tetapi jika foto yang kamu maksud tidak ada di folder ini, jangan khawatir karena kami akan membantu kamu untuk menemukannya.

Periksa Google Foto

Google foto adalah aplikasi penyimpanan foto berbasis cloud di smartphone Android. Saat kamu pertama kali login akun gmail di ponsel, maka secara otomatis masuk ke Google Suite yang berarti semua data di ponsel akan tersinkronisasi. Ini bisa menjadi kemungkinan foto kamu juga disimpan pada aplikasi Google Foto.

Sebenarnya aplikasi Google Foto hanya akan mengunggah gambar ke drive ketika ponsel tehubung ke WIFI dan saat aplikasi terbuka. Jika kamu ingin menggunakan ini sebagai opsi cadangan, pastikan untuk melakukannya secara berkala.

Namun, tidak menutup kemungkinan sebelumnya secara otomatis atau tidak kamu ketahui aplikasi ini membackup semua foto yang ada di galeri kamu. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memeriksanya sehingga kamu bisa mengembalikan foto terhapus di ponsel dengan mudah. Berikut adalah cara melakukannya.

1. Pertama buka aplikasi Google Foto di ponsel Android. Pastikan untuk menggunakan akun gmail yang sama seperti yang kamu gunakan untuk menyimpan foto. Hal ini sangat penting jika kamu melakukan reset pabrik pada perangkat. Karena jika menggunakan akun baru, maka foto lama tidak akan muncul di aplikasi.

Buka aplikasi Google Foto di android

2. Kami asumsikan kamu telah login menggunakan akun yang benar, sekarang temukan foto yang terhapus. Seperti yang terlihat, kami berhasil menemukan foto yang sebelumnya sudah kami hapus.

Temukan foto yang terhapus di google foto

3.  Sekarang setelah menemukan foto yang terhapus, kami akan mencoba untuk mengembalikannya ke dalam galeri ponsel. Cukup klik foto tersebut untuk membukanya, kemudian klik lagi titik tiga di sudut kanan atas.

Kembalikan foto yang tergapus di Android

4. Selanjutnya, kamu bisa memilih opsi Download dari menu yang muncul. Jika opsi download tidak ada, mungkin akan ada pesan seperti ini ‘Hapus dari perangkat’. Ini berarti aplikasi Google Foto mendeteksi bahwasanya foto itu masih berada di galeri ponsel.

Tekan download untuk mengunduh gambar

Dengan cara ini semoga foto yang kamu maksud bisa kembali ke tempat semestinya. Tapi jika masih belum menemukan foto yang terhapus, cobalah untuk mencarinya di Google Drive.

Periksa Penyimpanan Cloud Ponsel

Sebagian besar produsen smartphone saat ini memiliki fitur pencadangan cloud terpisah yang dapat secara otomatis menyimpan foto, video, teks, file, dll di ponsel pengguna.

Karena setiap merek ponsel memiliki sistem pencadangan sendiri. Jadi kami tidak akan membahas semuanya, tapi kemungkinan langkah untuk melakukannya tidak jauh berbeda.

Berikut adalah langkah yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus di ponsel Android dengan pencadangan cloud.

1. Pertama, buka pengaturan smartphone yang kamu gunakan. Setelah itu ketik Cloud di bilah pencarian.

Buka pengaturan cloud

2. Dari banyak daftar yang muncul, pilih yang paling atas. Karena kami menggunakan ponsel Xiaomi pada panduan ini, jadi kami akan memilih Xiaomi Cloud. Namun, untuk merek ponsel lain tidak akan jauh berbeda.

3. Sekarang, kamu harus login terlebih dahulu jika belum. Dalam kasus ini, informasi login sangat berbeda dari akun gmail pada umumnya. Karena penyimpanan cloud yang ponsel kamu sertakan sepenuhnya terpisah dari Google Suite.

4. Untuk melihat file yang berhasil di cadangkan pada ponsel Xiaomi, kamu bisa mengklik pada Kelola Penyimpanan.

Kelola penyimpanan cloud

5. Selanjutnya muncul rician jenis file apa saja yang berhasil diunggah ke penyimpanan cloud, disini kamu bisa mengklik pada Lihat item di cloud.

Lihat item di cloud

6. Karena kamu hanya ingin mencari foto yang hilang di Android, jadi pada beberapa opsi yang muncul klik pada Galeri.

Pilih opsi cloud

7. Pastikan untuk mencarinya dengan teliti. Jika foto yang hilang ada disini kamu dapat memulihkannya dengan mudah, cukup klik foto tersebut untuk membukanya. Setelah itu, tap ikon arah panah ke bawah untuk mengunduhnya.

Unduh gambar dari penyimpanan cloud

Salah satu masalah yang paling umum dialami pengguna ketika hendak menggunakan metode ini adalah mereka lupa informasi login.

Setiap pabrikan ponsel meminta pengguna untuk membuat akun baru saat pertama kali menyiapkan ponsel. Terkadang inilah yang menjadi masalah utama jika kamu asal-asalan membuat akun tanpa memperhatikan sebelumnya apalagi jika sudah lama menggunakan ponsel.

Jika sampai hal itu terjadi, saran kami adalah periksa akun email untuk penyimpanan Xiaomi atau produsen lain yang kamu gunakan. Ketika pertama kali mendaftar layanan ini, kamu akan mendapatkan email konfirmasi. Dengan begitu bisa sedikit mempersempit masalah, sehingga kamu cukup mengatur ulang kata sandi.

Sampai disini kami harap kamu sudah menemukan dan mengembalikan foto yang hilang di Android.

48 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.