Nulis Teknologi Cara Mengganti Nomor WhatsApp di Android

Cara Mengganti Nomor WhatsApp di Android

Cara Mengganti Nomor WhatsApp di Android

Ada beberapa keadaan yang memaksa orang mengganti nomor WhatsApp lama dengan yang baru. Bisa jadi karena pengguna berganti smartphone atau SIM Card yang di daftarkan WA hilang, atau karena alasan lain.

WhatsApp sendiri merupakan aplikasi instan Messaging paling populer saat ini. Hal ini tidak lepas dari berbagai fitur Whatsapp agar para pengguna terus memakai layanannya. Diantaranya adalah berkirim semua jenis file, melakukan panggilan suara dan video secara gratis, atau fitur update status dan stories.

Selain itu, Whatsapp memudahkan penggunannya untuk mengelola akun miliknya, seperti kemudahan untuk mengganti nomor Whatsapp yang sudah di daftarkan.

Namun ternyata masih banyak pengguna yang ingin mengganti nomor Whatsapp miliknya, tetapi masih belum mengetahui caranya. Selain itu banyak pengguna yang takut nantinya akan keluar dari grup (terlebih sebagai admin) dan khawatir kontaknya hilang, atau karena masih belum mengetahui berbedaan ganti nomor dengan hapus akun WA.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cara mengganti nomor Whatsapp di samartphone simak cara selengkapnya berikut ini.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp di HP Android

Sebenarnya cara ganti nomor WhatsApp sangat mudah, tentunya kamu harus menyediakan nomor baru dan dalam keadaan aktif untuk menerima SMS verifikasi.

Proses penggantian no WA ini tidak akan menghapus akun lama, dan kamu tidak perlu khawatir kontak kamu hilang selama nomor kontak WhatsApp kamu tersebut tersimpan di perangkat atau SIM Card.

Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.
  2. Kemudian ketuk pada ikon titik tiga pada pojok kanan atas lalu pilih menu Setelan.
  3. Selanjutnya pilih Akun kemudian ketuk pada opsi Ganti Nomor.
  4. Akan muncul informasi mengenai apa yang akan terjadi setelah mengganti nomor telepon, pilih Lanjut.
  5. Masukkan nomor WA lama pada kolom bagian atas, lalu masukkan nomor baru pada kolom di bawahnya.
  6. Pastikan sekali lagi nomor yang kamu masukkan sudah benar, kemudian tekan Selesai.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp

Catatan : Apabila nomor baru ada di perangkat lain, silahkan masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS secara manual.

Bagaimana sangat mudah bukan?

Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengganti nomor telepon WA dengan yang baru. Jika sudah selesai di verifikasi, kamu langsung bisa menggunakan aplikasi WhatsApp seperti biasanya.

Hal Yang Terjadi Jika Kamu Mengganti Nomor WhatsApp

  1. Jika kamu bergabung dalam suatu grup WhatsApp, pada chat tersebut muncul pesan bahwa kamu mengganti nomor dan tidak keluar dari grup.
  2. Jika kamu adalah seorang admin grup dan mengubah nomor, yang terjadi sama seperti nomor 1 yaitu hanya terlihat bahwa kamu telah melakukan penggantian nomor dan kamu masih tetap sebagai admin grup.
  3. Pesan yang dikirim ke nomor WA lama kamu tidak akan diterima (centang satu) karena nomor tersebut tidak digunakan dan tidak akan diteruskan otomatis ke nomor baru.

Pertanyaan Yang Sering Di Ajukan

1. Apakah Chat, Log Panggilan dan Foto/Video akan Terhapus?

Tidak, semua chat, log panggilan maupun file (foto, video, file lain) yang diterima ataupun dikirim via WhatsApp akan tetap tersimpan. Kamu bisa mengeceknya di galeri perangkat atau file manager pada folder WhatsApp.

2. Apakah Akan Keluar Dari Grup?

Tidak, saat kamu sudah bergabung dengan sebuah grup WhatsApp menggunakan nomor lama kemudian menggantinya dengan nomor baru, maka secara otomatis informasi akun, grup dan setelan akan dipindahkan ke nomor baru. Dengan kata lain, kamu tidak akan keluar dari grup WhatsApp tersebut.

3. Apakah Nomor Kontak Akan Hilang?

Kontak pada aplikasi WhatsApp mengambil dari data kontak yang kamu simpan di perangkat maupun SIM Card. Jadi, kontak tetap ada dan tidak akan hilang kecuali kamu berganti perangkat.

4. Apakah Orang Lain Akan Tahu Jika Kita Mengganti No Telepon?

Informasi pergantian nomor hanya akan diterima oleh anggota grup WhatsApp yang sama dengan kamu. Jadi, setelah mengubah nomor telepon sebaiknya kamu memberitahu kontak yang kamu anggap penting agar tetap bisa menghubungi kamu.

5. Apakah Pesan atau Panggilan ke Nomor Lama Akan Diteruskan?

Tidak, sampai saat ini Whatsapp masih belum menyediakan fitur peralihan otomatis jika ada yang mengirim pesan ke nomor lama.

6. Apakah Kontak Yang Diblokir Pada Nomor Lama Akan Terblokir Di No Baru?

Tidak, pemblokiran hanya berlaku pada nomor lama. Setelah kamu berganti nomor, kontak yang kamu blokir sebelumnya tidak akan ikut terblokir. Namun yang pasti, orang tersebut tidak akan mengetahui bahwa kamu sudah mengubah nomor kecuali kamu bergabung di sebuah grup yang sama.

Kesimpulan

Kamu tidak perlu khawatir kehilangan data apupun setelah mengganti nomor WhatsApp karena sangat aman, kecuali kamu melakukan clear data atau berganti perangkat.

Namun, jika kamu ragu, silahkan backup semua chat dan data WhastApp kamu ke Google Drive terlebih dahulu. Hal ini sebagai antisipasi jika terjadi kegagalan terutama saat verifikasi maka kamu masih bisa kembali menggunakan nomor lama.

Demikian cara mengganti nomor WhatsApp di perangkat Android tanpa harus menghapus akun terlebih dahulu. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber : faq.whatsapp.com

53 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.