Cara Menggunakan Background Gambar di Website WordPress

Menggunakan Background Gambar di WordPress

Tampilan background dengan gambar layar penuh tampaknya desain website seperti ini masih banyak di gemari oleh para blogger. Jika kamu sedang mencari cara untuk dapat menambahkan background gambar di website WordPress sekarang berada di halaman yang tepat.

Jika kita berbicara mengenai cara mengatur background, ini biasanya menjadi fitur bawaan pada tema yang di gunakan. Akan tetapi jika tema tersebut tidak memberikan pengaturan untuk mengganti background dengan gambar, maka kamu perlu menggunakan sedikit kode CSS.

Namun, sebelum benar-benar memulai panduan ada kalanya kamu mempertimbangkan ukuran gambar dan menskalakan ukuran untuk berbagai perangkat, ukuran layar, resolusi, browser, dll. Hal tersebut terdengar sangat membingungkan untuk pemula.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, pada artikel ini kami akan menunjukkan cara mengatur background dengan gambar di website WordPress tanpa mengedit stylesheet atau file tema apa pun.

Mengganti Background Website WordPress Dengan Gambar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Simple Full Screen Background Image. Panduan lebih detail lihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah aktivasi, kamu bisa membuka halaman Appearance > Fullscreen BG Image dan mengklik tombol Choose Image untuk mengupload atau memilih gambar yang akan di jadikan background.

Full Screen Background Image

Selesai memilih, gambar akan tampil pada kolom Preview Image.

Disarankan menggunakan gambar yang berukuran minimal 1600×1200 px. Nantinya gambar background akan secara otomatis di skalakan agar sesuai dengan layar browser pengguna.

Jangan lupa untuk mengklik tombol Save Options jika sudah selesai, dan kunjungi website kamu untuk melihat apakah background sudah terganti atau tidak.

Ganti Background Website Dengan Gambar

Menggunakan gambar yang lebih besar akan meningkatkan resolusi layar dan kualitas gambar background saat di perkecil. Coba uji pada browser dan perangkat yang berbeda untuk memastikan gambar terlihat sama di semua ukuran layar.

Full Screen Background Image PRO

Ini hanya sebagai tambahan, jika benar-benar ingin menggunakan background gambar custom lebih lanjut, maka kamu mungkin memerlukan versi PRO dari plugin ini. Di mana versi pro berbeda dengan versi gratisnya, kamu dapat mengatur gambar background tanpa batas.

Dan bagian terbaik dari Full Screen Background Images Pro adalah memungkinkan pengguna untuk menampilkan gambar background yang berbeda di masing-masing halaman. Misalnya, kamu dapat menentukan gambar background yang berbeda untuk:

  • Kategori
  • Arsip
  • Single Post
  • Halaman
  • Halaman Blog Utama 
  • Beranda / Halaman Depan
  • Pencarian, dan banyak lagi

Plugin ini juga memiliki dukungan fallback lengkap, jika tidak ada gambar background custom untuk postingan tertentu, maka secara otomatis akan menampilkan gambar global. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk mengupload gambar dan mengatur background langsung dari pos editor.

Plugin ini sangat efisien dalam hal kinerja dan menggunakan sumber daya yang sedikit.

Kami harap artikel ini membantu kamu dalam menambahkan gambar background layar penuh di website WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara menggunakan gambar WebP di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

26 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *