Nulis Internet Cara Menggunakan FTP di cPanel Panduan Lengkap

Cara Menggunakan FTP di cPanel Panduan Lengkap

Cara Menggunakan FTP

Apakah kamu sedang mancari cara untuk membuat akun FTP di cPanel? Jika iya, sekarang kamu berada di halaman yang tepat.

Langkah awal untuk mempublikasikan situs agar dapat di akses oleh pengguna adalah menaruhnya dalam suatu hosting di internet. Dimana hal ini dapat di lakukan dengan mengunggah file ke suatu server host melalui klien FTP.

Hak untuk mengakses server melalui FTP ini di berikan kepada pengguna dalam bentuk akun FTP. Setiap akun terdiri dari nama pengguna dan kata sandi yang dapat mereka gunakan untuk mengakses file host.

Ketika pertama kali membuat akun cPanel hosting atau menambahkan domain addon, akun FTP secara otomatis akan di buat. Itu berarti sudah ada akun FTP di cPanel dan kamu dapat menggunakan nama pengguna dan kata sandi login cPanel untuk mulai menjalankan klien FTP.

Tetapi, jika kamu bertujuan membuat akun FTP baru untuk pengguna lain tanpa memberikan infomasi login cPanel itu bisa di lakukan. Kamu bahkan dapat menetapkan setiap pengguna dengan tingkat akses yang berbeda dengan mengalokasikan pengguna ke direktori tertentu untuk setiap akun FTP.

Membuat Akun FTP Baru di cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke cPanel hosting dengan menggunakan detail login yang didapatkan saat pertama kali berlangganan.

Setelah itu cari bagian Files dan klik pada FTP Accounts.Pilih FTP Accounts

Kemudian isikan informasi akun FTP yang ingin di buat pada kolom yang tersedia. Berikut adalah detail dari setiap kolom yang harus di isi.

  • Login: Masukkan nama pengguna akun FTP. Nantinya secara otomatis akan di kombinasikan dengan nama domain. Misalnya, jika kamu memasukkan nulis, nama pengguna kamu nantinya adalah [email protected].
  • Domain: Pilih domain host yang ingin kamu buat akun FTP.
  • Password: Masukkan kata sandi yang kuat dan aman untuk akun FTP, atau kamu dapat menggunakan “Password Generator”.
  • Password (Again): Masukkan ulang kata sandi yang kamu buat sebelumnya.
  • Strength: Pada bagian ini kamu bisa melihat seberapa kuat kata sandi, semakin tinggi nilai yang muncul berarti semakin bagus.
  • Directory: Secara otomatis akan terisi saat kamu memasukkan info login di atas, fungsinya adalah membatasi akun FTP hanya pada direktori yang ada di kolom ini. Jika kamu ingin akun yang di buat bisa mengakses seluruh direktori hosting kosongkan pada bagian ini.
  • Quota: Adalah ruang disk yang ditetapkan untuk akun FTP, kamu juga dapat mengaturnya ke unlimited.

Buat Akun FTP cPanel

Jika sudah selesai mengisi semuanya, klik tombol Create FTP Account.

Nantinya setelah akun berhasil di buat akan muncul notifikasi warna hijau seperti pada gambar berikut ini.Akun FTP Berhasil Dibuat

Remote Server Host Menggunakan FTP

Sekarang setelah berhasil membuat akun FTP baru, kamu sudah bisa menjalankan remote FTP untuk mulai mengakses server host.

Tetapi sebelum itu kamu perlu mengunduh dan menginstal klien FTP di komputer. Klien FTP adalah aplikasi yang membantu untuk terhubung ke situs web dan mentransfer file menggunakan protokol FTP.

Ada banyak sekali klien FTP gratis yang dapat kamu gunakan seperti WinSCP untuk Windows, Cyberduck untuk MacOS, dan FileZilla untuk lintas platform. Pada panduan ini saya akan menggunakan program FileZilla, tetapi program yang lain tidak jauh berbeda.

Untuk mengetahui kredensial login FTP lihat melalui cPanel, di bagian files klik FTP Accounts.

Pada akun FTP yang ingin kamu jalankan menggunakan FileZilla. klik Configure FTP Client untuk menampilkan kredensial login.Klik Configure FTP Client

Setelah memiliki informasi login, buka FileZilla dan pilih File > Site Manager untuk memasukkan detail akun FTP.

Nantinya akan muncul jendela popup di mana kamu dapat menambahkan informasi situs web. Kamu harus mengklik tombol New Site dan memberi nama website.Beri nama situs

Sekarang masukkan detail login yang kamu dapatkan sebelumnya pada bagian sebelah kanan. Berikut adalah rincian dari kolom yang harus di isi.

  • Host: Ini adalah nama domain kamu dengan awalan FTP, lihat pada FTP Server di cPanel (ftp.nulis.net).
  • Port : Nomor port yang digunakan untuk koneksi FTP ke server, default port 21.
  • Logon Type: Biarkan default sebagai Normal.
  • User: Dapat kamu temukan di cPanel pada bagian FTP Username ([email protected]).
  • Password: Masukkan kata sandi akun FTP yang sudah kamu buat sebelumnya.

Masukkan Detail Login Akun FTP

Setelah selesai memasukkan semuanya, sekarang kamu bisa mengklik tombol Connect untuk mulai terhubung dengan server host.FTP Terhubung

Upload File Menggunakan Klien FTP

Setelah berhasil terhubung ke server FTP, kamu akan melihat dua panel di layar. Panel kiri menampilkan file dan folder yang berada di komputer lokal kamu, sedangkan panel kanan menampilkan isi server host.

FileZilla Terkoneksi

Di panel kiri, navigasikan ke file dan folder yang ingin kamu unggah ke server. Sebagian besar klien FTP memungkinkan untuk menarik dan melepas file dari satu panel ke panel lainnya untuk memulai proses unggah.

Atau kamu juga dapat mengklik kanan pada file yang ingin di unggah kemudian klik Upload.

Upload File di FIleZilla

FileZilla akan mengunggah file dari komputer kamu ke server hosting sekarang.

Meskipun kamu bisa menggunakan metode drag and drop tapi kami tidak merekomendasikan, karena bisa menyebabkan terunggahnya file di tempat yang tidak di inginkan.

Unduh File Menggunakan Klien FTP

FTP tidak hanya sebatas mengunggah file saja, tetapi kamu juga dapat menggunakannya untuk mengunduh file.

Caranya di bagian sebelah kanan kamu bisa mengklik kanan pada file dan dari menu yang muncul pilih Download. Kemudian file akan di transfer ke kolom sebelah kiri yang merupakan penyimpanan lokal komputer.

Download File di FileZilla

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara membuat dan menggunakan akun FTP di cPanel.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

4 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *