Cara Menghapus Footer Credit Tema WordPress

Cara Menghapus Footer Credit Tema WordPress

Ketika menggunakan tema WordPress versi gratis, kamu akan melihat “proudly powered by WordPress” di bagian footer website kamu. Pastinya kamu sebagai pemilik website tidak ingin ada hal tersebut dan ingin segera menghapusnya karena terlihat kurang professional.

Tetapi jika kamu ragu dan masih bertanya apakah menghapus tanda tersebut diperbolehkan? Jawabannya adalah ya, kamu dapat menghapus tanda tersebut. Karena WordPress hadir dengan lisensi GPL, yang artinya kamu atau siapa pun dapat dengan bebas untuk menyesuaikan dan mengubahnya dengan cara apa pun.

Di masa lalu, pembuat tema WordPress menyediakan cara untuk membuat bagian ini mudah dihapus. Namun, seiring berjalannya waktu mereka mulai menyembunyikan bagian ini di class yang sulit ditemukan.

Jadi, ketika kamu ingin menghapus credit tema itu dari situs web, kamu tidak boleh hanya mengincar kata tersebut. Ada beberapa cara yang sudah terbukti dan dapat kamu gunakan untuk menghapus credit “proudly powered by WordPress”:

  1. Dengan memeriksa pengaturan tema.
  2. Dengan menggunakan kode custom CSS.
  3. Menggunakan plugin.

Cara di atas akan kita bahas secara terperinci pada panduan di bawah ini.

Memeriksa Pengaturan Tema

Langkah awal yang harus kamu lakukan untuk menghapus “proudly powered by WordPress” adalah dengan memeriksa opsi tema. Meskipun ini tidak terjadi dan sebagian besar ada pada tema premium, beberapa tema gratis juga menyediakan opsi untuk menghapus bagian tersebut.

Kamu dapat membuka mengaturan tema di area admin, kemudian pada panel kiri buka Appearance > Customize dan jika tema menyertakan opsi ini, kamu akan bisa menemukannya.

Dengan Menggunakan Kode Custom CSS

Ini adalah salah satu cara yang paling ampuh jika tema WordPress tidak menyertakan opsi untuk menghapus “proudly powered by WordPress”. Tetapi sebelum dapat melakukan hal ini, kamu harus mengetahui Class atau ID Elemen tempat credit footer berada.

Karena setiap pembuat tema dapat menamai Class atau ID sesuai kenginan mereka, tentunya kamu harus menemukannya sendiri.

Cara Menemukan Class atau ID Tema

Untuk dapat menemukan class atau ID tema, kamu dapat menggunakan fitur Inspect Element. Pada panduan ini saya menggunakan tema gratis PopularFX oleh Pagelayer.

  1. Arahkan kursor ke credit footer pada bagian yang akan kamu lihat class atau ID-nya, kemudian klik kanan dan pilih Inspect jika kamu menggunakan Google Chrome.
  2. Yang kamu butuhkan disini adalah Class atau ID dari elemen tersebut tergantung dari tema yang kamu gunakan. Dalam kasus saya ini adalah class “site-info”. Kamu dapat melihanya di tampilan sebelah kiri dan kanan pada bagian yang di soroti.Tampilan dari Inspect Element
  3. Untuk membuktikannya, saya akan mencoba menghapus elemen ini. Tapi ketika saya merefresh browser elemen akan muncul kembali karena ini hanyalah simulasi.Elemen Telah di Hapus

Jika kamu sudah memastikan class atau ID dari elemen yang kamu pilih adalah benar, langkah selanjutnya yaitu menghilangkan tampilan credit tema.

Cara Menghilangkah Credit Tema Gratis WordPress

Sekarang setelah kamu menentukan Class atau ID elemen, yang kamu butuhkan berikutnya adalah sebaris kode untuk menghilangkan tampilannya. Tetapi sebelum itu, kamu harus membuka Appearance > Customize.

Buka Kustomisasi Tema WordPress

Setelah terbuka, pada panel kiri kamu klik Additional CSS, pada menu ini kamu dapat menambahkan kode CSS untuk menghilangkan credit tema WordPress.

Buka Additional CSS

Langkah selanjutnya adalah memasukkan kode CSS. Jika elemen kamu menggunakan Class, maka kode CSS kamu menggunakan . (titik) dibagian depan dan akan menjadi seperti ini .site-info, jika menggunakan ID gunakan # (hashtag) untuk mengawali #site-info. Beginilah tampilan kode CSS secara lengkap.

Menggunakan elemen Class:

Menggunakan Elemen ID:

Masukkan Kode CSS

Cara Mengganti Credit Tema Gratis WordPress

Tetapi jika kamu hanya ingin mengganti teks credit tema gratis WordPress dengan yang kamu inginkan, gunakan kode CSS berikut.

Ubah Footer Credit

Jangan lupa untuk selalu mengganti site-info dengan elemen CSS yang digunakan oleh tema WordPress kamu. Kemudian masukkan kata yang ingin kamu gunakan untuk mengganti credit tema WordPress.

Hapus “Proudly Powered by WordPress” Dengan Plugin

Ada berbagai plugin yang dapat kamu gunakan untuk menghapus credit pada tema gratis WordPress. Saya akan merekomendasikan dua plugin yang mudah dalam penggunaan dan tentunya gratis. Kamu juga bisa melihat panduan kami tentang cara memasang plugin WordPress panduan lengkap.

Remove Footer Credit

Plugin Remove Footer Credit

Plugin ini menawarkan alat sederhana dan ramah pengguna, juga bekerja pada sebagian besar tema WordPress. Ini memungkinkan kamu untuk menghapus dan mengedit footer credit dalam beberapa langkah. Cukup buka dashboard kemudian arahkan ke Tools > Remove Footer Credit. Dua kotak teks akan muncul, satu untuk menghapus teks dari footer dan yang lainnya untuk menambahkan konten khusus. Kamu juga bisa untuk tidak menambahkan apa pun, klik Save setelah selesai.

Remove “Powered by WordPress”

Remove Powered by WordPress

Remove Powered by WordPress juga merupakan plugin yang powerful dan mudah digunakan, berfungsi untuk semua tema WordPress. Memungkinkan kamu untuk menghapus teks yang tidak diinginkan, dan kamu juga dapat menambahkan konten pada widget area. Kamu dapat menggunakan plugin ini melalui menu Appearance > Customize > Theme options > Remove powered by WordPress.

Penutup

Jika kamu bingung akan menggunakan cara yang mana, saya sarankan untuk menggunakan baris kode CSS. Karena jika kamu terlalu banyak menggunakan plugin bahkan untuk tujuan kecil, itu dapat membebani server sehingga situs web kamu akan lambat dalam merespon permintaan. Itu saja cara menghapus credit tema gratis WordPress. jika kamu masih memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

24 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *