Cara Menghapus Kolom Website di Komentar WordPress

Menghapus Kolom Website di Komentar WordPress

Komentar spam adalah masalah besar dan umum bagi banyak blog. Alasannya karena komentar spam ini bertujuan untuk menciptakan backlink dengan menggunakan bidang url website yang ada di formulir komentar WordPress.

Karena sebagian besar spam tersebut di hasilkan oleh bot otomatis, maka kamu dapat dengan mudah menangkal spam komentar tersebut hanya menggunakan alat dan plugin gratis.

Tetapi bagian yang sangat merepotkan adalah mencegah komentar spam yang di buat secara manual oleh manusia. Komentar tersebut kadang tidak relevan dengan topik yang sedang di bahas, sehingga tidak menciptakan diskusi antar pengguna.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menghapus kolom website dari formulir komentar WordPress. Kami juga akan menjelaskan mengapa dengan menghapus bidang URL ini dari formulir komentar akan membantu mencegah website dari spam.

Alasan Mengapa Orang Mengirim Komentar Spam

Jika kamu berpikir mengapa seseorang mengirim komentar seperti ini? Jawabannya sangat singkat dan simpel yaitu untuk meningkatkan SEO atau Search Engine Optimization pada website yang mereka miliki.

Sekarang mari kita lihat ini sedikit lebih detail.

Apakah kamu pernah menerima komentar dari pengguna yang berisi seperti “Best WordPress Themes”, “Make Money Online” atau yang lainnya? Dan apakah kamu tahu mengapa mereka menggunakan kata kunci seperti itu dan bukannya menggunakan nama asli? Semua itu mereka buat untuk meningkatkan SEO website.

Secara default, form komentar WordPress memiliki empat bidang antara lain: Nama, Email, URL Website, dan Kolom Pesan.

Saat menampilkan komentar, WordPress secara otomatis menautkan nama pemberi komentar dengan URL website yang mereka berikan, hal ini nantinya bisa menciptakan yang namanya backlink.

Backlink ini memberikan motivasi bagi pengguna blackhat SEO dan blogger pemula.

Mereka percaya bahwa teknik ini dapat membantu dalam meningkatkan website di mesin pencari sehingga mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk kata kunci tertentu.

Sebenarnya teknik ini sudah tidak work untuk SEO, tetapi hal itu tidak menghentikan komentar spam.

Inilah sebabnya kamu perlu menghapus bidang URL dari formulir komentar WordPress. Nantinya dengan melakukan ini, kamu bisa mengurangi jumlah komentar spam yang masuk ke situs.

Sekarang mari kita lihat bagaimana cara menghapus kolom website di komentar WordPress. Pada postingan ini kami akan membahas dua metode berbeda, dan kamu dapat memilih salah satu yang paling sesuai untuk kamu gunakan.

Hapus Kolom Website dari Komentar WordPress Dengan Plugin

Metode yang pertama ini sangat mudah di lakukan dan direkomendasikan untuk semua pengguna, terutama yang tidak memiliki pemahaman dengan kode.

Pertama, kamu perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Comment Link Remove and Other Comment Tools. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah di aktivasi, kamu akan melihat item baru yang diberi label “QC CLR Settings” di menu samping admin area WordPress. Klik menu tersebut untuk membuka halaman pengaturan plugin.

Beri tanda centang pada remove website

Dari halaman ini, kamu perlu mencentang kotak di sebelah opsi “Remove WEBSITE Field from Comment Form”.

Setelah selesai, kamu bisa menggulir ke bagian bawah halaman dan mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan.

Karena sebelumnya sudah login, maka kamu tidak akan melihat formulir komentar lengkap saat mengunjungi artikel di website. Kamu harus logout dari area admin terlebih dahulu untuk melihatnya atau membuka jendela browser penyamaran baru.

Setelah itu, kamu dapat membuka postingan apa pun di website tersebut untuk melihat tampilan formulir komentar tanpa bidang URL website.

Tampilan komentar tanpa kolom website

Dengan menghapus bidang website akan membuat pengguna berpikir untuk meninggalkan komentar di website kamu tanpa mendapatkan backlink.

Namun perlu di ketahui, bahwa komentar yang sudah di setujui akan tetap memiliki backlink nama penulis yang di tautkan ke URL website mereka.

Untuk menghapusnya, kamu harus membuka kembali halaman pengaturan plugin dan centang kotak yang berada di sebelah opsi “Remove hyperlink from comment AUTHOR Bio”.

Segera setelah kamu menyimpan perubahan, tautan dari komentar yang ada sebelumnya juga akan di hapus.

Menghapus Kolom Website dari Komentar WordPress Tanpa Plugin

Jika kamu tidak ingin menggunakan plugin hanya untuk melakukan hal yang kecil karena bisa berdampak buruk pada performa website, maka metode manual bisa kamu coba. Sekarang kamu dapat menghapus kolom website dari komentar dengan menggunakan cuplikan kode.

Akan tetapi sebelum memulainya, kami sarankan kamu untuk membuat full backup website WordPress terlebih dahulu. Nantinya ini akan membantu dalam memulihkan website jika terjadi kesalahan saat mengedit file tema.

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyalin dan menempelkan kode berikut ini ke file functions.php tema yang kamu gunakan.

Kode ini hanya menghapus bidang website dari form komentar WordPress. Sekarang kamu dapat mengunjungi postingan blog menggunakan tab penyamaran untuk melihat apakah kolom sudah terhapus atau tidak.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menghapus kolom URL website dari form komentar WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

22 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *