Nulis Internet Cara Menghubungkan MetaMask Dengan OpenSea

Cara Menghubungkan MetaMask Dengan OpenSea

Cara Menghubungkan MetaMask ke OpenSea

Banyak orang mengenal Ethereum sudah dari beberapa tahun yang lalu. Namun untuk NFT yang sama-sama berasal dari teknologi Ether jenis terbaru, menjadi sangat booming saat ini. Awal mulanya NFT di kenal dari situs OpenSea, banyak orang mulai mencari dan membelinya dari sana.

Jika ingin membeli NFT kamu memerlukan dompet cryptocurrency seperti MetaMask. Perlu kamu tahu bahwa hanya dengan membuat akun MetaMask saja tidak cukup. Maka dari itu kami akan menunjukkan cara menghubungkan akun MetaMask ke OpenSea yang kamu miliki.

Tapi sebelum kita mulai panduannya, kami akan sedikit membahas kedua layanan tersebut agar mudah di mengerti oleh pengguna baru.

Apa itu OpenSea?

OpenSea adalah marketplace NFT terdesentralisasi pertama. Perusahaan ini didirikan oleh Alex Atallah dan Devin Finzer pada Januari 2018.

Pada awal perilisannya OpenSea memang tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, namun menginjak tahun 2021 NFT mulai meledak di pasaran dan mulai naik popularitasnya.

Saking meningkatnya, kamu bisa menemukan berbagai macam NFT di situs OpenSea, berikut adalah beberapa item yang bisa kamu temukan:

  • Foto
  • Karya seni digital
  • Nama domain
  • Musik
  • Trading cards

Agar bisa membeli, menjual, atau memperdagangkan NFT di OpenSea. Kamu memerlukan akses ke dompet cryptocurrency seperti MetaMask. Perlu kamu tahu bahwa mata uang utama di OpenSea adalah Ethereum, tetapi mata uang yang lain juga didukung.

Jika ingin melakukan transaksi disini kamu tidak perlu khawatir karena OpenSea beroperasi pada protokol Wyvern. Sehingga memastikan kamu mendapatkan cryptocurrency setelah berhasil menjual NFT atau sebaliknya.

Apa itu MetaMask?

Meskipun MetaMask adalah dompet cryptocurrency, namun ini juga tersedia sebagai ekstensi web browser yang dapat kamu gunakan pada Google Chrome atau browser berbasis Chromium lainnya.

MetaMask didirikan oleh Aaron Davis serta perusahaan blockchain bernama ConsenSys dan resmi diumumkan pada tahun 2016.

Tidak seperti beberapa dompet cryptocurrency lainnya, MetaMask berspesialisasi dalam Ethereum dan token berbasis ETH lainnya. Dengan begitu, kamu tidak akan memiliki masalah lagi dalam bertransaksi menggunakan Ethereum.

Nantinya setelah berhasil menghubungkan MetaMask ke OpenSea, kamu sudah dapat membeli NFT.

Memasang MetaMask

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh dan menginstal MetaMask pada browser yang kamu gunakan. Apa pun jenis browsernya, langkah-langkahnya tetap sama. Berikut adalah cara melakukannya:

1. Buka website resmi MetaMask untuk mulai mengunduh ekstensinya. Pastikan memilih jenis browser sesuai dengan yang kamu gunakan.

MetaMask

2. Setelah itu kamu bisa mengklik tombol Install MetaMask for Chrome dan mengikuti petunjuk pada layar untuk mulai memasang ekstensinya di browser.

Install MetaMask for Chrome

3. Jika proses pemasangan sudah selesai, akan terbuka tab baru yang menampilkan halaman penyiapan MetaMask. Disini kamu bisa mengklik tombol Get Started.

Halaman penyiapan metamask

4. Karena belum memiliki dompet di MetaMask, jadi kamu perlu untuk membuat baru dengan cara mengklik tombol Create a Wallet.

Pilih buat wallet baru

5. Langkah berikutnya kamu diberi pilihan untuk mengirim data MetaMask atau tidak. Kami menyarankan kamu untuk menyetujuinya dengan mengklik tombol I Agree.

Setujui pengiriman data metamask

6. Buat dan konfirmasi kata sandi kamu, pastikan untuk membuat kata sandi yang kuat. Jangan lupa memberi centang pada kotak disamping ‘I have read and agree to the Terms of Use’ dan klik Create.

Buat kata sandi yang aman

7. Di halaman berikutnya kamu bisa langsung mengklik tombol Next yang berada di bagian bawah.

8. Sekarang salin seluruh teks yang ada pada kotak dan tempelkan di teks editor seperti Notepad.

Secret Recovery Phrase

9. Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi dengan cara memasukkan tiap kata sehingga tersusun menjadi kalimat yang sesuai seperti pada langkah sebelumnya. Jika sudah selesai klik tombol Confirm.

Konfirmasi Secret Recovery Phrase

10. Langkah terakhir kamu bisa mengklik All Done untuk menyelesaikan proses.

Proses pembuatan wallet selesai

Sekarang kamu sudah bisa menutup tab dan membukanya kembali nanti jika memutuskan ingin membeli beberapa Ethereum. Untuk membuka dashboard akun, kamu hanya perlu mengklik ikon MetaMask di sebelah kanan kolom URL.

Kamu harus memiliki beberapa Ethereum di dompet MetaMask sebelum dapat membuat akun OpenSea. Untuk membeli Ethereum, kamu harus mendaftar akun di platform pertukaran mata uang kripto seperti Coinbase atau yang lainnya. Dengan menghubungkan dompet MetaMask ke platform, kamu dapat menerima Ethereum baru.

Namun perlu kamu ketahui bahwa ada masa tunggu 15 hari sebelum kamu dapat mengirim Ethereum ke MetaMask.

Cara Mendaftar OpenSea dengan MetaMask

Mendaftar ke OpenSea dilakukan dengan menghubungkan akun MetaMask atau dompet cryptocurrency lain ke website. Kamu tidak akan bisa mendaftar sebelum memiliki dompet, itulah sebabnya kami membahas ini belakangan.

1. Kunjungi website resmi OpenSea, setelah terbuka klik Create untuk mulai membuat baru.

Mendaftar OpenSea

2. Sekarang muncul beberapa opsi dompet yang bisa kamu pilih. Disini kamu bisa mengklik pada MetaMask.

Pilih dompet metamask

3. Akan muncul popup yang meminta kamu untuk membuat koneksi antara OpenSea dengan MetaMask. Ikuti petunjuk pada layar kamu untuk menghubungkannya.

4. Setelah berhasil terhubung popup tersebut akan otomatis tertutup. Dan terbuka halaman yang meminta kamu untuk membuat item baru, isikan sesuai dengan yang kamu inginkan. Atau kamu bisa melewati bagian ini.

Tambahkan item baru di opensea

Kamu selalu dapat mengubah detail nantinya seperti gambar profil, nama pengguna, dan bagian lain dari profil OpenSea.

Cara Membeli NFT di OpenSea

Setelah menghubungkan dompet MetaMask dengan OpenSea, kamu sudah bisa menjelajahi market. Kamu tidak perlu bingung untuk menemukan jenis NFT yang ingin di beli, karena OpenSea dengan rapih membagi NFT ke dalam kategori tertentu.

Bahkan memungkinkan kamu untuk menjelajah berdasarkan rentang harga, fitur ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki anggaran terbatas. Berikut ini adalah cara berbelanja NFT di OpenSea:

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke akun OpenSea.

Login akun opensea

2. Setelah berhasil login, kamu bisa mengklik tombol Explore.

Mendaftar OpenSea

3. Berikutnya arahkan mouse ke menu ‘Explore’ di bagian atas dan akan muncul popup, pilih All NFTs.

Pilih menu all nfts

4. Sekarang temukan NFT yang cukup menarik dan berkeinginan untuk kamu beli. Kemudian klik NFT tersebut.

Pilih nft yang ingin di beli

5. Untuk membeli NFT ini, kamu bisa mengklik pada tombol Buy now.

Beli nft dengan cara klik buy now

6. Setujui persyaratan OpenSea dengan cara memberi centang pada kotak disamping ‘By checking this box, I agree to OpenSea’s Terms of Service’.

Terima persyaratan opensea

7. Jika sudah, klik Confirm checkout untuk memulai traksaksi.

MetaMask kemudian akan muncul guna mengonfirmasi transaksi. Kamu juga akan melihat biaya tambahan yang menyertai semua pembelian.

Setelah kamu menerima pembelian, perlu beberapa saat sebelum kamu dapat mencari pembelian di blockchain Ethereum.

Nantinya tautan yang diberikan MetaMask kepada kamu akan mengarahkan ke blockchain dan juga akan memberi kamu bukti pembelian.

Setelah beberapa waktu, kamu dapat menemukan NFT baru di profil OpenSea dan dompet MetaMask kamu.

62 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.