Cara Mengimpor Gambar Eksternal di WordPress

Mengimpor Gambar Eksternal di WordPress

Apakah kamu sedang mencari cara mengimpor gambar eksternal di WordPress? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Mengimpor gambar eksternal, hal ini biasa terjadi ketika memindahkan website dari satu platform ke platform yang lain. Misalnya, kamu membuat website menggunakan blogger dan bertujuan untuk bermigrasi ke WordPress, maka kamu harus memindahkan file gambar yang sebelumnya sudah disematkan di halaman.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengimpor gambar eksternal di WordPress dengan benar dan lengkap.

Mengapa Kamu Perlu Mengimpor Gambar Eksternal?

Gambar eksternal adalah gambar yang di sematkan dalam konten tetapi di muat dari website atau URL lain yang lokasinya berbeda dari website utama.

Biasanya kesalahan gambar eksternal muncul ketika pengguna baru WordPress memigrasi website mereka yang mulanya menggunakan platform seperti Blogger, Webbly, Joomla, atau WordPress.com.

Secara default jika kamu menggunakan alat import WordPress, maka secara otomatis akan mengimpor gambar. Kamu dapat melihat gambar yang sudah di impor dengan mengunjungi halaman Media > Library di admin area WordPress.

Tetapi jika kamu tidak melihat gambar yang di impor ke media library, maka simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara impor gambar eksternal.

Mengimpor Gambar Eksternal di WordPress

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Auto Upload Images.

Setelah aktivasi, kamu bisa mengunjungi Settings > Auto Upload Images untuk membuka halaman pengaturan plugin.

Auto Uploads Images

Sebenarnya pengaturan default akan berfungsi untuk sebagian besar pengguna, tetapi kamu juga dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan.

Nantinya plugin akan mengimpor gambar ke folder uploads media WordPress default. Jika ingin merubahnya kamu dapat memberikan URL dasar yang berbeda. Selain itu, plugin ini juga memungkinkan kamu untuk mengatur nama file, tag alt, ukuran gambar, dan mengecualikan jenis postingan.

Jika masih bingung kamu dapat melihat keterangan di bagian bawah dari masing-masing opsi untuk mengetahui lebih jelas. Setelah selesai, jangan lupa mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Selanjutnya kamu perlu memperbarui postingan atau halaman yang mengandung gambar eksternal. Memang ini akan sangat memakan waktu jika kamu memiliki banyak konten.

Untungnya ada cara cepat yang dapat kamu gunakan untuk memperbarui semua postingan dengan gambar eksternal. Cukup buka halaman Posts > All Posts lalu klik Screen Options yang berada di bagian kanan atas.

Screen Options All Post

Kamu perlu merubah jumlah daftar postingan yang di tampilkan menjadi 999 pada bidang “Number of items per page” dan klik tombol Apply.

Kemudian halaman akan dimuat ulang, dan kali ini akan menampilkan 999 postingan sekaligus (jika jumlah postingan lebih dari 1000). Selanjutnya, kamu perlu memilih semua postingan dan kemudian pilih Edit dari menu bulk actions.

Pilih Bulk Edit Postingan

Setelah itu kamu bisa mengklik tombol Apply. WordPress akan menampilkan kotak edit cepat dengan semua postingan yang telah di pilih. Kamu hanya perlu mengklik tombol Update dan WordPress akan secara otomatis memperbarui semua postingan.

Ingat, kamu tidak perlu melakukan perubahan apa pun ketika muncul tampilan bulk edit, dan hanya perlu mengklik tomol update saja.

Nantinya proses ini akan memicu plugin untuk memeriksa semua postingan yang telah di pilih dan mengimpor gambar eksternal saat ditemukan.

Jika postingan yang kamu miliki lebih dari 999, maka kamu perlu beralih ke tab selanjutnya untuk memilih postingan yang tersisa dan melakukan hal yang sama seperti sebelumnya.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara mengimpor gambar eksternal di WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara mengamankan login wp-admin WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

21 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *