Nulis Internet Cara Mengirim Test Email Dari WordPress

Cara Mengirim Test Email Dari WordPress

Cara Mengirim Test Email Dari WordPress

Apakah anda ingin mengetahui bahwa website WordPress anda bisa digunakan untuk mengirim email?

WordPress dapat mengirimkan email kepada anda dan pengguna situs karena berbagai alasan, mulai dari email pengaturan kata sandi atau tanda terima pembelian. Itulah mengapa sangat penting untuk menguji apakah website yang anda miliki bisa digunakan untuk mengirim email atau tidak.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengirim email percobaan dari WordPress untuk memastikan tidak adanya masalah dengan konfigurasi email yang telah anda lakukan.

Cara Mengirim Email Percobaan di WordPress

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin yang bernama WP Mail SMTP dari direktori plugin WordPress. Untuk detail lebih lanjut, anda bisa melihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah itu, anda perlu mengonfigurasi plugin tersebut agar dapat bekerja dengan layanan pengiriman email SMTP. Wizard konfigurasi WP Mail SMTP akan membawa anda melalui proses langkah demi langkah yang cukup mudah untuk diikuti.

WP Mail SMTP

Setelah anda selesai mengatur WP Mail SMTP, anda sudah dapat mengirim email uji coba untuk memastikan itu dikonfigurasi dengan benar.

Untuk melakukannya, anda harus menuju ke WP Mail SMTP > Tools dari manu area admin WordPress. Disini anda akan melihat menu dibagian atas yang bernama ‘Email Test’. Secara default, email percobaan akan dikirim ke alamat email admin situs, tetapi anda dapat mengubahnya dengan mengetikkan alamat email yang berbeda ke dalam kolom ‘Send To’.

Kirim email percobaan

Kami sangat menyarankan anda untuk mempertahankan pengaturan HTML di posisi aktif, tetapi jika anda ingin mengirim email teks biasa, anda dapat menonaktifkannya.

Setelah dirasa cukup puas dengan pengaturan yang telah anda buat. Sekarang klik tombol Send Email dan email percobaan akan dikirim ke alamat yang sudah anda tentukan.

Melihat Hasil Tes Email

Setelah WP Mail SMTP mencoba mengirim email percobaan, itu akan memberi anda umpan balik langsung tentang apakah pengujian berhasil atau tidak.

Jika email WordPress anda telah diatur dengan benar, maka email pengujian akan dikirim tanpa adanya masalah. Anda akan melihat pesan ‘Sukses!’ yang ditampilkan pada layar komputer.

Pengiriman email percobaan berhasil

Sekarang coba periksa email tujuan yang barusan anda gunakan, apakah benar email percobaan sudah berhasil terkirim atau tidak.

Email percobaan yang dikirim oleh plugin WP Mail SMTP akan terlihat seperti ini. Jika anda menemukannya, selamat email sudah berfungsi dengan baik di situs WordPress.

Email test berhasil

Namun, jika ada masalah dengan konfigurasi email, maka email percobaan tidak akan bisa terkirim sama sekali.

Anda akan diperlihatkan pesan yang menjelaskan kesalahan atau masalah, bersama dengan beberapa langkah yang dapat anda ambil untuk mengatasinya.

Pengriman email percobaan gagal

Setelah mengikuti langkah-langkah untuk memperbaiki masalah, anda harus mengirim email pengujian lain untuk mengonfirmasi bahwa email WordPress anda sudah berfungsi.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara mengirim email percobaan dari WordPress. Jika anda memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

13 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.