Nulis Internet Cara Mengubah Lokasi Folder Upload Default WordPress

Cara Mengubah Lokasi Folder Upload Default WordPress

Cara Mengubah Lokasi Upload Default WordPress

Apakah kamu sedang mencari cara untuk mengubah lokasi folder uploads default di WordPress? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Sebelumnya hingga pada WordPress versi 3.5 ada pengaturan yang di sertakan untuk mengubah lokasi default direktori upload. Tetapi sekarang kamu dapat mengubah hal yang sama dengan menambahkan cuplikan kode.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengubah lokasi default direktori upload di WordPress.

Alasan Harus Mengubah Lokasi Folder Upload Default

Secara default, WordPress menyimpan semua gambar dan file media lainnya yang di unggah pada folder /wp-content/uploads/. Agar tetap terstruktur, file media yang di unggah dikelompokkan dalam folder tahun dan bulan.

Nantinya alamat folder media akan menjadi seperti ini:

Lokasi Upload Media Default

Ini berfungsi untuk sebagian besar situs web. Namun, beberapa pengguna mungkin menginginkan lebih banyak kontrol atas tempat file mereka di simpan.

Mengubah direktori tempat file di unggah mengharuskan kamu menambahkan cuplikan kode ke website WordPress. Lebih baik sebelumnya kamu membuat backup website menyeluruh untuk menghindari kesalahan yang kemungkinan terjadi.

Jika sudah melakukannya mari kita lanjutkan cara mengubah lokasi default unggahan di WordPress ini.

Mengubah Lokasi Folder Upload Default di WordPress

Untuk mengubah lokasi upload default, kamu harus mengakses website menggunakan FTP atau melalui file manager di cPanel dan membuat folder baru tempat kamu ingin menyimpan file.

Setelah itu, kamu perlu mengedit file wp-config.php yang terletak di direktori root website WordPress, dan menambahkan cuplikan kode yang akan mengubah lokasi upload ke folder yang sudah kamu buat.

Contoh, jika ingin merubah direktori upload ke folder wp-content/media, maka kamu perlu menempatkan kode berikut di file wp-config.php:

Atau jika ingin direktori upload berada di luar wp-content, seperti https://domain.net/media, maka kamu perlu mengatur path upload di wp-config.php seperti ini:

Setelah kamu memilih lokasi di mana file media akan di unggah, kamu dapat memilih bagaimana mereka akan diatur di dalam folder itu.

Cukup dengan mengunjungi Settings > Media di dashboard admin WordPress dan pilih apakah kamu ingin file yang di upload diatur dalam folder menurut tahun dan bulan seperti sebelumnya atau tidak.

Upload File Berdasarkan Tahun

Penting: Jika kamu mengubah lokasi folder default ini dan sebelumnya sudah pernah mengunggah gambar, maka sekarang file tersebut tidak akan muncul. Hal tersebut bisa terjadi karena URL yang sudah berubah. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan bantuan plugin Velvet Blues Update URL.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara mengubah lokasi folder upload default di WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara nonaktifkan directory browsing di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

4 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *