Nulis Internet Cara Mengubah Nama Pengguna WordPress

Cara Mengubah Nama Pengguna WordPress

Cara Mengubah Nama Pengguna WordPress Panduan Lengkap

Pernahkah kamu mencoba untuk mengubah nama pengguna WordPress hanya untuk mengetahui apakah itu dapat diubah? Jika ya, maka simak artikel ini.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada kamu tiga metode yang dapat di gunakan untuk mengubah nama pengguna WordPress.

Metode 1 : Buat Pengguna Baru dan Hapus Yang Lama

Cara termudah untuk mengubah nama pengguna WordPress adalah dengan membuat pengguna baru dengan nama pengguna yang kamu inginkan dan dengan peran administrator. Kamu harus menggunakan alamat email yang berbeda dari yang digunakan oleh akun lama.

Sekarang kamu harus keluar dan kemudian masuk kembali dengan akun pengguna yang baru saja kamu buat. Buka bagian Users dan klik Delete di bawah nama pengguna lama kamu.

Hapus pengguna lama

Kemudian kamu harus mengonfirmasi penghapusan, klik Confirm Deletion untuk mulai menghapus pengguna lama kamu.

Klik Konfirm Deletion

Dengan itu saja sudah berhasil mengubah nama pengguna WordPress kamu. Jika mau, kamu dapat mengubah alamat email pengguna baru untuk menggunakan alamat email lama yang terkait dengan nama pengguna lama.

Metode 2 : Ubah Nama Pengguna Dengan Menggunakan Plugin

Cara sederhana yang ke dua untuk mengubah nama pengguna WordPress kamu adalah dengan menggunakan plugin. Jika kamu adalah salah satu pengguna yang tidak ingin menginstal plugin untuk setiap hal kecil, maka setelah mengubah nama pengguna ini kamu dapat menghapus plugin dengan aman.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Username Changer. Setelah aktivasi, cukup buka halaman Users > Profile. Pada bagian Username kamu klik Change Username.Ubah Username

Kemudian masukkan nama pengguna baru yang kamu inginkan dan klik Save Username jika sudah selesai.
Simpan Perubahan Username

Metode 3 : Ubah Nama Pengguna WordPress Menggunakan phpMyAdmin

Metode ini sedikit rumit karena memerlukan perubahan langsung ke database WordPress kamu. Saya tidak menyarankan kamu untuk membuat perubahan langsung ke database WordPress. Namun, dalam beberapa kasus kamu mungkin tidak memiliki pilihan lain.

Seperti misalnya, jika lupa nama pengguna dan alamat email untuk masuk ke dashboard WordPress kamu, maka dengan menggunakan metode ini, kamu dapat menemukan nama pengguna kamu dan juga dapat mengubahnya.

Hal partama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke cPanel hosting. Kemudian cari ke bawah pada bagian Database klik phpMyadmin.

Buka phpMyAdmin

Selanjutnya kamu perlu memilih database tempat blog kamu dihosting.

Pilih Database Blog WordPress

Kamu akan melihat tabel database WordPress. Secara default, tabel database WordPress menggunakan wp_ sebagai awalan sebelum nama setiap tabel. Tetapi ada beberapa pemilik blog yang kemungkinan menggunakan awalan yang berbeda.

Klik pada tabel wp_users di sisi kiri. Kemudian klik Edit pada nama pengguna yang ingin kamu ubah.

Edit User Database

Ubah nilai user_login menjadi apa pun yang kamu inginkan. Misalnya kamu dapat mengganti “admin” dengan nama kamu.

Ubah Nilai user_login

Tekan tombol Go untuk menyimpan perubahan.

Seperti itu cara mengubah nama pengguna WordPress secara terperinci. Panduan ini sangat berguna ketika kamu lupa nama pengguna atau email untuk dapat masuk ke dashboard WordPress. Saya harap artikel ini membantu kamu dan dapat di mengerti dengan mudah, jika masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan di bawah.

5 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *