Cara Mengubah Prefix Database WordPress

Cara Mengubah Prefix Database WordPress

Database sudah seperti inti dari seluruh website yang kamu miliki. Bagaimana tidak, semua informasi di simpan pada database ini sehingga menjadikannya target utama bagi peretas. Nantinya spammer dan peretas akan menjalankan kode otomatis untuk menginjeksi SQL sehingga dapat mengambil alih situs kamu.

Sayangnya, banyak orang lupa untuk mengganti awalan database saat mereka menginstal WordPress pertama kami. Hal ini dapat memudahkan peretas untuk merencanakan serangan dengan menargetkan default prefix wp_.

Maka dari itu, salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk mengamankan website adalah dengan mengganti prafix database yang sebenarnya cukup mudah di lakukan. Tetapi kamu juga perlu berhati-hati ketika hendak merubah prefix database WordPress jika situs kamu sudah mapan agar tidak mengacaukannya.

Sebelum Mengganti Prefix Database WordPress

Sebelum mulai mengganti tabel prefix database WordPress, kami menyarankan kamu untuk membuat backup database WordPress terlebih dahulu.

Kami juga merekomendasikan kamu untuk membuat pencadangan situs harian, nantinya kamu dapat menggunakan plugin BackupBuddy untuk melakukan itu.

Ketika sedang melakukan proses pencadangan, kamu bisa mengarahkan pengunjung ke halaman maintenance untuk sementara.

Ubah Tabel Prefix di wp-config.php

Pertama kamu harus mengubah tabel prefix yang ada di dalam file wp-config.php yang terletak di direktori root website WordPress. Kamu dapat menggunakan klien FTP atau file manager yang ada di cPanel untuk mengakses file tersebut. Setelah itu ubah tabel prefix yang mulanya wp_ menjadi yang lain misalnya wp_a123456_.

Maka nantinya akan terlihat seperti berikut ini:

Catatan: Kamu hanya dapat mengubahnya menjadi angka, huruf, dan garis bawah.

Ubah Semua Nama Tabel Prefix Database WordPress

Sekarang langkah selanjutnya adalah mengubah prefix database. Kamu dapat mengakses database menggunakan phpMyAdmin dan setelah itu mengganti nama tabel menjadi seperti yang sudah kamu tentukan di file wp-config.php.

Jika kamu menggunakan layanan hosting yang terdapat cPanelnya, maka kamu bisa menemukan menu phpMyAdmin pada bagian Database.

Klik menu phpmyadmin di cpanel

Seperti yang terlihat WordPress membuat 12 tabel database secara otomatis. Jika kamu merubahnya satu per satu secara manual itu akan sangat merepotkan dan memakan waktu.

Tabel database default wordpress

Maka dari itu kamu dapat menggunakan SQL query agar lebih cepat ketika mengubah prefix database. Namun sebelum menggunakannya pastikan untuk mengganti wp_a123456_ menjadi seperti yang sudah kamu tentukan di file wp-config.php.

Jika ingin merubah awalan untuk plugin lain yang menambahkan tabel mereka sendiri di database WordPress, maka kamu harus menambahkan baris lagi untuk plugin tersebut.

Merubah Prefix Tabel Options

Sekarang jika kamu perlu mencari bidang lain yang menggunakan wp_ sebagai awalan di tabel options karena ingin menggantinya. Maka untuk mempermudah proses, gunakan query ini.

Nantinya akan menampilkan banyak hasil, dan kamu harus mengubahnya secara manual satu per satu.

Merubah Prefix Tabel UserMeta

Selanjutnya, kita perlu mencari usermeta untuk semua bidang yang menggunakan wp_ sebagai awalan, sehingga kita bisa menggantinya. Gunakan SQL query berikut ini untuk melakukannya.

Jumlah entri dapat bervariasi tergantung berapa banyak plugin yang kamu gunakan. Ubah saja semua yang memiliki wp_ ke prefix baru.

Sekarang kamu bisa mengunjungi situs untuk melihat hasilnya. Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas, maka semuanya akan berfungsi dengan baik. Mulai sekarang kamu harus membuat backup baru dari database untuk menghindari kesalaha yang mungkin saja terjadi di masa mendatang.

Kami harap artikel ini membantu kamu mengubah tabel prefix database WordPress untuk meningkatkan keamanan.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

18 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *