Cara Mengubah Tampilan Arsip Kategori WordPress

Cara Menata Tampilan Arsip Kategori WordPress

Apakah kamu ingin mengubah tampilan arsip kategori individu di WordPress? Jika iya, kamu dapat mengikuti panduan ini sampai tuntas.

Tema WordPress yang kamu gunakan, secara menyeluruh diterapkan dengan tampilan yang sama bahkan untuk arsip kategori. Namun, jika kamu ingin merubah tampilan agar lebih menarik dan untuk membedakan setiap kategori, kamu dapat melakukan kustomisasi sendiri.

Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan cara menata kategori berbeda di WordPress.

Alasan Untuk Mengubah Tampilan Kategori di WordPress

Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa tema WordPress menggunakan template atau tampilan yang sama untuk setiap halaman arsip. Cara ini di buat, karena para pengembang tidak mengetahui bagaimana nantinya pengguna menggunakan kategori pada situs mereka.

Namun, ketika kamu berkeinginan mengubah tampilan arsip kategori agar berbeda dari bawaan, ini masih dapat dilakukan dengan beberapa metode yang akan saya bahas di bawah.

Jadi, mari kita bahas bagaimana merubah tampilan arsip kategori di WordPress. Kamu dapat memilih salah satu metode yang sesuai untuk kamu gunakan.

Menggunakan Template Kategori Tema WordPress

Tema WordPress menggunakan hierarki template standar. Ini bergantung pada nama file template, WordPress dapat secara otomatis memilih template yang tepat untuk menampilkan halaman.

Misalnya, menggunakan file “category.php” untuk menampilkan halaman arsip kategori.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat template untuk masing-masing kategori. Misalnya, kamu ingin menata kategori “Android” agar tampilannya berbeda dengan arsip kategori lain. Kamu dapat melakukannya dengan menambahkan file template baru ke tema WordPress dan menamainya dengan category di awal dan di ikuti nama kategori, akan menjadi seperti ini “category-android.php”.

Untuk dapat melakukannya, kamu bisa menggunakan cPanel hosting atau menggunakan klien FTP, kemudian pergi ke folder “public_html/wp-content/themes/tema-kamu” dan buat file baru “category-android.php”. Jangan lupa untuk mengganti Android dengan kategori kamu.

Tambahkan File Kategori Baru

Sekarang kamu dapat menggunakan isi dari file category.php atau archive.php untuk sebagian besar tema. Cukup edit dan salin semua isi dari file tersebut, dan tempelkan ke dalam file category-android.php yang sudah kamu buat.

Tampilan Kode Category

Setelah itu, kamu dapat membuat perubahan pada template kategori individu. Seperti membuat sidebar yang berbeda atau membuatnya lebar penuh. Tidak hanya itu, kamu dapat melakukan kustomisasi apapun yang kamu inginkan dengan file individu ini.

Mengatur Tampilan Arsip Kategori WordPress Dengan CSS

Secara otomatis WordPress menambahkan class CSS baru ke berbagai elemen di situs web. Ini termasuk class body dan class pos.

Kamu dapat melihat hal ini ketika mengakses arsip kategori dan menggunakan Inspect Element, disitu akan ada class CSS kategori dan nama kategori di tag body.

Class CSS Baru

Kamu dapat menggunakan class CSS ini untuk merubah tampilan kategori secara individu dengan menggunakan kode CSS custom.

Berikut adalah contoh kode CSS yang dapat kamu gunakan untuk merubah tampilan arsip kategori.

body.category-android {
background-color:#EEE;
background:url("https://domain.com/wp-content/uploads/2021/09/gambar-android.png") no-repeat fixed;
color:#FFFFFF;
}
.category-android .site {
background:#CEE5D0;
}
.category-android a {
color:#CCCCCC;
}

Jangan lupa untuk mengganti nama kategori di class CSS sesuai dengan yang akan kamu ganti.

Background Berganti

Saya harap artikel ini membantu kamu dalam merubah tampilan arsip kategori individu di WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara merubah kategori WordPress ke taksonomi khusus.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

Artikel Menarik Lainnya

Avatar Reza Istiawan

Penulis: Reza Istiawan

Sedang proses mencari ketenangan. Gampang insecure jangan terlalu keras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *