Nulis Internet Cara Meningkatkan Aksesibilitas Website WordPress

Cara Meningkatkan Aksesibilitas Website WordPress

Meningkatkan Aksesibilitas Website WordPress

Apakah kamu ingin meningkatkan aksesibilitas di situs WordPress? Jika iya, sekarang sudah berada di halaman yang tepat.

Seringkali aksesibilitas di abaikan untuk membuat website menjadi lebih menarik. Hal ini dapat menciptakan masalah dan pengalaman pengguna yang buruk, sehingga bisa mempengaruhi peringkat pencarian.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara meningkatkan aksesibilitas di situs berbasis WordPress.

Apa Itu Aksesibilitas Dalam Desain Situs

Aksesibilitas adalah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan teknik desain yang membuat produk dapat di akses oleh pengguna penyandang disabilitas.

Dengan membuat website lebih mudah di akses, kamu dapat memudahkan banyak orang untuk menggunakan situs web tanpa memerlukan bantuan.

Dan masalah yang sering di alami adalah para pengguna cms WordPress tidak banyak mengetahui tentang desain web, aksesibilitas, atau standar desain. Kebanyakan orang lebih mengutamakan menggunakan tema yang memiliki tampilan menarik tanpa berpikir mengenai aksesibilitas ini.

Sekarang, mari kita mulai cara meningkatkan aksesibilitas website WordPress tanpa menggunakan kode.

Meningkatkan Aksesibilitas Website Berbasis WordPress

Untuk meningkatkan aksesibilitas website yang menggunakan WordPress sangat mudah karena banyak plugin gratis yang dapat di gunakan untuk melakukan hal ini.

Salah satunya adalah plugin WP Accessibility, sekarang kamu bisa menginstal dan mengaktifkan di website WordPress untuk mulai menggunakannya. Untuk detail lebih lanjut, kamu dapat melihat panduan kami tentang cara menginstal plugin WordPress.

Setelah di aktivasi, kamu dapat mengunjungi pengaturan plugin dengan membuka menu Settings > WP Accessibility dari dashboard admin website.

WP Accessibility

Di halaman konfigurasi, bagian pertama yang kamu lihat adalah Add Skiplinks. Ini memungkinkan pengguna melompat langsung ke konten. Fitur ini sangat berguna bagi orang yang menggunakan pembaca layar. Tanpa skiplinks mereka harus mendengar banyak hal seperti menu navigasi sebelum mencapai ke bagian konten.

Accessibility Toolbar Settings

Selanjutnya adalah Accessibility Toolbar Settings. Dengan mengaktifkannya akan menambahkan bilah alat di website tempat pengguna dapat mengubah font atau melihat website dalam mode warna kontras tinggi.

Miscellaneous Accessibility Settings

Plugin WP Accessibility juga menyediakan berbagai pengaturan aksesibilitas, di bawah bagian pengaturan aksesibilitas lain-lain. Kamu dapat menelusuri setiap opsi dan melihat apakah kamu memerlukannya pada website atau tidak.

Beberapa opsi sudah di aktifkan secara default. Opsi tersebut adalah menghapus atribut target dari tautan, memaksa kesalahan pencarian pada pengiriman pencarian kosong, dan menghapus tabindex dari elemen yang dapat difokuskan.

Remove Title Attributes

Berikutnya adalah Remove Title Attributes dari tag cloud. Judul atribut dianggap tidak berguna oleh beberapa pakar aksesibilitas. Sebagian besar pembaca layar mengabaikan judul atribut ini dan lebih mengutamakan anchor text, sehingga kamu bisa menghapusnya.

Color Contras Tester

Terakhir, kamu akan melihat Color Contras Tester. Dengan menggunakan alat ini, kamu dapat menguji rasio kontras warna dari Foreground dan Background untuk mengetahui apakah keduanya cocok dengan Web Content Accessibility Guidelines.

Kamu bisa mengetahui warna yang digunakan tema di file stylesheet, atau menggunakan ekstensi Eye Droppper untuk pengguna yang menggunakan browser Google Chrome.

Kami harap artikel ini membantu kamu meningkatkan aksesibilitas situs WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat artikel kami lainnya tentang cara menambahkan custom CSS di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

4 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *