Nulis Windows Cara Menjadwalkan Disk Defragmentasi Windows 11

Cara Menjadwalkan Disk Defragmentasi Windows 11

Menjadwalkan Disk Defragmentasi Windows 11

Apakah kamu sedang mancari panduan untuk melakukan penjadwalan pada disk defragmentasi di Windows 11? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Tidak semua orang memiliki penyimpanan komputer yang besar, jadi dalam hal ini sangat penting untuk mengelola ruang disk dengan benar agar komputer tidak lemot.

Sebenarnya jika memori penyimpanan sudah penuh jalan keluar yang paling baik adalah menambahnya dengan membeli yang baru. Namun tidak semua orang bisa dengan mudah membeli perangkat keras tersebut karena masalah perekonomian.

Maka dari itu, jalan keluar selain menambah kapasitas penyimpanan adalah melakukan pengelolaan ruang yang tersedia menjadi sangat penting.

Bagaimana Cara Menjadwalkan Defrag Disk di Windows 11

Dalam build sistem operasi Windows 11 terdapat alat yang memungkinkan kita untuk mengurutkan file dengan lebih baik di perangkat komputer.

Program ini sangat mudah di gunakan, jadi kamu harus sesekali memanfaatkan program tersebut untuk melakukan defragmentasi disk terutama jika kamu sering menambahkan file atau perangkat lunak ke pc.

Penjelasannya seperti ini. Ketika sebuah program menyimpan file pada disk, itu akan menempatkan file ke ruang kosong pada disk tersebut. Kemudian defragmentasi akan mengambil semua bagian dari setiap file dan menyimpannya di satu tempat.

Maka dari itu sangat penting untuk melakukan defragmentasi disk. Akan tetapi jika kamu berpikir suatu saat lupa tidak melakukan defrag ini, maka jalan keluar terbaik adalah menjalankan opsi penjadwalan otomatis. Sehingga kamu tidak perlu lagi mengingat atau melakukannya secara manual setiap saat.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Pertama, kamu cari dan buka Disk Defragment melalui start menu aplikasi yang ada pada Windows 11.

Disk Defragmentasi

Setelah itu akan muncul window Optimize Drives. Sekarang pada window tersebut kamu klik Change settings yang berada di bagian kanan.

Klik Change Settings

Berikutnya akan ada popup lagi yang muncul. Beri tanda centang pada kotak di sebelah Run on a schedule (recommended) lalu pilih frekuensi waktu yang di inginkan dari menu dropdown. Disini kamu bisa mengaturnya sebagai harian, mingguan, atau bulanan.

Run on a schedule

Masih di window yang sama, sekarang klik Choose untuk memilih disk mana yang akan kamu defrag. Dalam hal ini kami rekomendasikan kamu untuk memilih semua disk. Setelah selesai menentukan klik OK untuk mengonfirmasi pilihan.

Pilih Disk Defragment

Setelah melalui proses di atas, kamu tidak perlu khawatir lagi karena sistem operasi akan melakukannya secara otomatis.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menjadwalkan defragmentasi disk di Windows 11. Mungkin kamu juga ingin melihat artikel kami lainnya tentang cara mengubah ukuran taskbar Windows 11.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

6 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *