Nulis Internet Cara Otomatis Menjadwalkan Pembaruan Konten di WordPress

Cara Otomatis Menjadwalkan Pembaruan Konten di WordPress

Menjadwalkan Update Konten di WordPress

Apakah kamu pernah berpikir untuk mencoba menjadwalkan pembaruan pada konten di WordPress? Jika iya, maka kamu mungkin tidak akan menemukan cara untuk melakukan penjadwalan pada postingan atau halaman yang sudah di terbitkan sebelumnya.

Tetapi bukan berarti tidak bisa di lakukan sama sekali. Karena pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menjadwalkan update konten di WordPress untuk meningkatkan produktifitas kamu.

Mengapa Perlu Menjadwalkan Update Pada Postingan dan Halaman

Secara default WordPress hanya memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan postingan atau halaman yang akan di terbitkan saja. Namun, kamu tidak akan di berikan opsi untuk menjadwalkan pembaruan pada konten postingan atau halaman yang sebelumnya sudah di terbitkan.

Karena memperbarui konten postingan adalah hal yang sangat penting, banyak para blogger dan pemilik website sering membuat update pada postingan lama untuk sekedar menambahkan informasi baru atau lainnya.

Sedangkan update terjadwal ini sering di gunakan oleh para pemiliki website bisnis untuk menjalankan acara penjualan atau penawaran promosi dengan waktu yang terbatas.

Untuk melakukan hal tersebut, umumnya kamu harus membuat perubahan pada waktu yang di inginkan dan dengan segera menekan tombol update untuk menerapkannya langsung. Beberapa pemilik situs menyimpan perubahan tersebut sebagai draf, kemudian menyalinnya ke konten yang akan di update saat waktunya tiba.

Tetapi hal ini sangat membingungkan dan bisa saja kamu lupa untuk melakukannya, maka dari itu menjadwalkan update konten bisa menjadi pilihan terbaik.

Menjadwalkan Update Postingan di WordPress

Untuk dapat menjadwalkan pembaruan postingan kamu bisa menginstal dan mengaktifkan plugin Tao Schedule Update yang tersedia secara gratis. Panduan lebih lanjut kamu bisa melihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah di aktifkan, kamu harus mengunjungi halaman Posts > All Post di area admin WordPress. Sekarang cari postingan yang ingin di jadwalkan pembaruannya dan klik tautan Scheduled Update di bawah judul postingan.

Schedules Update

Plugin akan membuat salinan draf dari postingan asli dan membukanya di editor postingan. Sekarang kamu dapat membuat perubahan pada postingan tersebut.

Setelah selesai mengedit, klik tanggal dan waktu di bagian kanan sebelah opsi Publish.

Klik Tanggal dan Waktu

Akan muncul popup yang menampilkan pengaturan tanggal dan waktu. Kamu bisa memasukkan tanggal dan waktu kapan update yang kamu buat akan di terapkan dan klik tombol Schedule di sudut kanan atas jika sudah selesai.

Tentukan Waktu

Sekarang perubahan yang kamu buat akan di jadwalkan dan di terbitkan secara otomatis berdasarkan waktu yang sudah kamu tentukan.

Menjadwalkan Update Postingan di Classic Editor

Tidak semua orang suka menggunakan gutenberg sebagai editor default untuk mengelola postingan. Namun, mereka lebih nyaman dan memilih tetap menggunakan classic editor versi lama.

Dan jika kamu adalah salah satunya, maka perhatikan pada bagian sebelah kanan akan ada kotak meta baru bernama “Scheduled Update”.

Schedule Update Editor Classic

Dari sini kamu dapat menentukan tanggal dan waktu kapan perubahan konten akan di publikasikan. Setelah selesai, kamu sudah bisa menjadwalkan perubahan dengan mengklik tombol Save.

Melihat dan Mengelola Update Konten Terjadwal

Kamu dapat mengelola update postingan melalui Posts > All Posts tergantung jenis konten apa yang di jadwalkan. Coba perhatikan konten yang di jadwalkan tersebut, akan terdapat tanggal dan waktu rilis di sampingnya.

Tampilan Penjadwalan Berhasil

Dari sini kamu dapat menghapus atau mengubah update terjadwal tanpa memengaruhi postingan asli. Jika berubah pikiran kamu dapat dengan segera memublikasikan pembaruan dengan mengklik tautan Publish Now.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menjadwalkan update konten di WordPress dengan benar. Mungkin kamu juga ingin melihat artikel kami lainnya tentang cara membuat menu dropdown di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *