Nulis Windows Cara Menonaktifkan / Mengaktifkan Menu Konteks Baru di Windows 11

Cara Menonaktifkan / Mengaktifkan Menu Konteks Baru di Windows 11

Cara Menonaktifkan dan Mengaktifkan Menu Konteks Baru di Windows 11

Dengan dirilisnya Windows 11 bulan kemarin, Microsoft membawa banyak perubahan tampilan ke OS andalannya tersebut. Baik itu widget baru, start menu yang ada ditengah, atau icon yang diperbaharui, ada banyak sekali hal yang disukai pengguna dari update windows 11 ini.

Salah satu perubahan besar juga termasuk menu konteks yang dirubah dengan desain yang lebih sederhana dan pilihan yang lebih sedikit.

Meskipun itu bisa membuat tampilan lebih bersih, tidak semua orang menyukai menu konteks yang baru ini.

Tentu, kamu dapat menggunakan opsi Show more untuk mendapatkan menu konteks lengkap, tetapi sering melakukan hal ini akan membuat kesal.

Untungnya ada cara untuk kembali ke menu konteks lama (Windows 10) di Windows 11. Pada postingan ini, saya akan membahas semuanya.

Nonaktifkan Menu Konteks Baru di Windows 11 File Explorer

Dirilisnya Windows 11, microsoft memperkenalkan File Exlorer baru dengan tampilan yang lebih minimalis. Misalnya, saat kamu membuka menu dibagian atas microsoft menggantinya dengan beberapa ikon dasar seperti Tambah Baru, Pindah, Salin, Tempel, Ganti Nama, dll.

Jika kamu ingin mengembalikan menu konteks lama bersama File Explorer lama di Windows 11, maka kamu dapat melakukannnya langsung dari opsi folder di File Explorer, Berikut caranya:

  1. Tekan tombol Windows + E untuk menjalankan File Explorer dengan cepat di komputer kamu. Klik icon menu titik tiga di bagian atas dan pilih Options dari daftar.Klik Menu Option
  2. Pada tampilan Folder Options, pilih tab View. Di Advanced Settings, gulir ke bawah untuk menemukan Launch folder windows in a separate process. Kemudian klik Apply dan OK.Muncul Folder Options

Setelah selesai, File Explorer akan secara otomatis ditutup dan dijalankan kembali. Kamu sudah bisa melihat bahwa File Explorer sekarang akan dikembalikan ke tampilan sebelumnya.

Aktifkan Menu Konteks Baru di Windows 11 File Explorer

Jika suatu saat, kamu bosa menggunakan File Explorer lama di Windows 11 dan memutuskan untuk beralih kembali ke yang baru, melakukannya cukup sederhana. Berikut caranya:

  1. Buka kembali File Explorer. Beralih ke tab View dan klik Options dibagian atas.Option explorer lama
  2. Di jendela Folder Options pada tab view, hapus centang pada opsi Launch folder windows in a separate process. Kemudian Apply dan OK.Launch folder windows in a separate process

Sekali lagi, File Explorer akan restart secara otomatis. Setelah itu, kamu akan mendapatkan File Explorer baru kembali bersama dengan menu konteks baru.

Cara Beralih ke Menu Konteks Lama Dengan Regitry

Menggunakan Folder Options di File Explorer hanya akan mengubah menu konteks lama di File Explorer saja. Jika kamu ingin merubah kembali seluruh sistem maka kamu harus membuat beberapa perubahan di Windows Registry. Berikut caranya:

  1. Pada Start Menu Windows, ketik Regedit dan tekan Enter untuk membuka Regitry Editor.Buka Regedit
  2. Jika sudah terbuka, pada bilah alamat dibagian atas, ketik alamat berikut untuk menavigasi dengan cepat ke kunci yang diperlukan.

    Masukkan kunci regedit
  3. Klik kanan pada kunci registry 4 di bilah sisi kiri, dan pilih New > Key. Beri nama kunci baru sebagai 586118283.Buat Kunci Baru
  4. Di dalam kunci 586118283, klik kanan di mana saja di panel jendela kanan dan pilih New > DWORD (32-bit) Value dan beri nama EnabledState.Buat Nilai Baru
  5. Klik dua kali pada file DWORD EnabledState dan ubah nilainya menjadi 1 kemudian klik OK.Ubah nilainya
  6. Ulangi proses yang disebutkan di atas untuk membuat DWORD berikut:




    Buat DWORD Baru
  7. Setelah selesai, restart PC dan kamu akan melihat menu konteks lama dari Windows 10.

Itu saja, jika suatu saat kamu memutuskan untuk kembali ke menu konteks baru, yang harus kamu lakukan adalah menghapus kunci 586118283 dari Registry Windows dan restart PC kamu.

5 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *