Cara Menonaktifkan Plugin WordPress

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress

Apakah kamu ingin mengetahui cara menonaktifkan plugin WordPress? Dengan adanya plugin yang tersedia ini dapat mempermudah aktivitas blogging kamu. Namun, ketika fungsi plugin sudah tidak di perlukan, maka kamu mungkin saja ingin mematikan atau bahkan menghapusnya.

Sebagai seorang yang baru saja menggunakan WordPress, kamu perlu tahu cara menonaktifkan satu atau semua plugin di WordPress. Hal ini bisa saja di perlukan jika kamu mengalami masalah dan mencoba untuk memperbaiki kesalahannya sendiri.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada kamu beberapa cara untuk menonaktifkan plugin WordPress. Tujuan utama di buatnya panduan ini adalah untuk membantu pemula cara mengelola plugin WordPress dengan baik dan benar.

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress

Sekarang mari kita mulai dari yang paling mudah yaitu menonaktifkan satu plugin WordPress.

Jika kamu hanya ingin menonaktifkan plugin WordPress untuk sementara, kamu hanya perlu membuka halaman Plugins > Installed Plugins di admin area WordPress.

Nonaktifkan plugin WordPress

Di sini kamu hanya perlu mencari plugin yang ingin di nonaktifkan dan setelah itu mengklik tautan Deactivate di bawah nama plugin.

Kemudian halaman akan tereload dan plugin sudah dalam keadaan nonaktif, tetapi plugin masih tetap terpasang di website kamu.

Jika ingin menggunakannnya lagi, kamu hanya perlu mengklik tautan Activate di tempat yang sama.

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Secara Massal

Terkadang kamu mungkin perlu menonaktifkan semua plugin di website WordPress untuk mengatasi suatu masalah. Dari pada menonaktifkan plugin satu per satu, WordPress memungkinkan kamu untuk menonaktifkan beberapa plugin atau bahkan semuanya dengan cepat.

Cukup kunjungi halaman Plugins > Installed Plugins dan beri centang pada kotak di sebelah nama plugin yang ingin kamu nonaktifkan. Namun jika ingin menonaktifkan semua plugin, cukup centang kotak di bagian atas untuk memilih semuanya.

Pilih semua plugin

Selanjutnya, kamu perlu memilih “Deactivate” dari menu dropdown dan klik tombol Apply.

Sekarang WordPress akan menonaktifkan semua plugin WordPress yang kamu pilih.

Cara Menonaktifkan Semua Plugin WordPress Melalui FTP

Jika sedang mengalami masalah yang membuat kamu tidak dapat mengakses halaman admin area WordPress. Maka kamu tidak akan bisa menonaktifkan plugin dari dalam dashboard.

Dalam situasi seperti ini, kamu perlu menonaktifkan plugin menggunakan metode berbeda dari yang sudah kami bahas di atas. Cara yang paling mudah adalah menonaktifkan plugin melalui FTP atau file manager di cPanel hosting.

Pada dasarnya WordPress akan mencari plugin di dalam folder /wp-content/plugins/. Jika tidak menemukan folder tersebut, maka WordPress secara otomatis akan menonaktifkan semua plugin.

Setelah mengetahui letak plugin di simpan, sekarang yang perlu kamu lakukannya hanya mengganti nama folder tersebut.

Pertama, pastinya kamu harus terhubung ke situs WordPress menggunakan klien FTP. Setelah berhasil terhubung, kamu perlu menavigasi ke folder wp-content di dalam direktori root WordPress.

Ganti nama folder plugin dengan FTP

Dari sini, kamu perlu mengklik kanan pada folder plugins dan kemudian pilih Rename dari menu. Ini akan memunculkan popup di mana kamu perlu memasukkan nama baru untuk folder plugins misalnya saja ‘plugins.disable’.

Folder plugins diganti nama

Sekarang klien FTP akan mengganti nama folder plugins. Jika sudah selesai, kamu dapat mencoba login ke admin area dan membuka halaman plugins. Kamu akan melihat pemberitahuan tentang plugin WordPress yang di nonaktifkan.

Nonaktifkan plugin dengan ftp

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin

Metode FTP lebih mudah dan rekomended menurut kami. Namun, perlu di ketahui bahwa kamu juga bisa menonaktifkan semua plugin menggunakan phpMyAdmin.

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah masuk ke kontrol panel hosting. Selanjutnya, temukan dan klik menu phpMyAdmin di bagian ‘Database’.

Klik menu phpmyadmin di cpanel

Ini akan membawa kamu ke tampilan phpMyAdmin. Setelah itu, pilih database situs WordPress kamu dari menu sebelah kiri.

Tabel options WordPress

PhpMyAdmin akan memuat tabel database di panel sebelah kanan. Kamu harus mengklik tombol Browse di sebelah tabel wp_options. Perlu di ketahui, wp_ adalah awalan tabel default WordPress, bisa jadi awalan yang kamu miliki berbeda.

Sekarang phpMyAdmin akan mamuat data di dalam tabel options. Kamu perlu menggulir ke bawah pada bagian ‘option_name’ untuk mencari ‘active_plugins’, jika sudah ketemu klik tombol Edit di sebelahnya.

Edit plugin active options

PhpMyAdmin akan membuka halaman edit, yang harus kamu lakukan sekarang adalah menghapus semua data di dalam kolom option_value .

Setelah itu, klik tombol Go di bagian bawah untuk menyimpan perubahan yang sudah kamu buat.

Kamu sekarang dapat mengunjungi admin area website dan akan melihat bahwa semua plugin sudah berhasil di nonaktifkan.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menonaktifkan plugin WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat artikel kami lainnya tentang cara menonaktifkan update otomatis di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

11 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *