Nulis Internet Cara Menonaktifkan Update Otomatis di WordPress

Cara Menonaktifkan Update Otomatis di WordPress

Menonaktifkan Update Otomatis WordPress

Apakah kamu sedang mancari cara untuk menonaktifkan update otomatis yang terjadi di situs berbasis WordPress? Dalam kasus ini, hal tersebut terjadi pada plugin dan tema yang kamu install.

Hal ini memang dapat memudahkan karena kamu tidak perlu melakukan secara manual jika terjadi update. Apalagi jika menyangkut masalah keamanan, mendapatkan update terbaru adalah langkah yang paling baik. Akan tetapi ada beberapa orang yang tidak menginginkan hal ini, dan mungkin kamu adalah salah satunya.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada kamu cara menonaktifkan update otomatis di WordPress.

Alasan Mengapa WordPress Memperbarui Secara Otomatis

WordPress secara otomatis memperbarui perangkat lunak inti untuk alasan keamanan.

Terkadang, mungkin juga memperbarui plugin dan tema untuk memperbaiki potensi ancaman yang bisa saja terjadi. Misalnya, plugin dan tema di perbarui untuk menghapus kerentanan yang sebelumnya ada. Jika plugin atau tema tersebut di gunakan oleh banyak website, tim inti WordPress dapat mendorong update otomatis dalam hal ini.

Sebenarnya kami tidak menyarankan kamu untuk mematikan update otomatis WordPress, karena ini adalah hal yang sangat penting jika kita berbicara mengenai keamanan.

Namun, jika kamu memiliki alasan tersendiri untuk melakukan hal ini atau ada hal lain yang terjadi ketika update otomatis sedang berjalan seperti merusak website atau memengaruhi fungsinya maka kamu bisa membaca panduan ini sampai tuntas.

Dan nantinya kamu bisa memilih untuk menjalankan update secara manual ketika menginginkannya.

Konfigurasi dan Menonaktifkan Update Otomatis WordPress

Cara termudah untuk menonaktifkan pembaruan di WordPress adalah dengan menginstal dan mengaktifkan plugin Easy Updates Manager. Panduan lebih detail kamu bisa melihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah berhasil di aktivasi, kamu bisa membuka menu Dashboard > Updates Options untuk mengakses halaman konfigurasi plugin.

Easy Updates Manager

Dari sini kamu bisa memilih Disable all updates, tetapi kami tidak menyarankan untuk menggunakan opsi ini. Itu karena akan mencegah semua notifikasi pembaruan muncul.

Sebaiknya kamu memilih pengaturan yang menjadi tujuan utama menonaktifkan update otomatis di WordPress ini. Seperti menonaktifkan hanya pada pembaruan plugin dan tema, tetapi membiarkan update otomatis inti WordPress di aktifkan.

Konfigurasi Easy Updates Manager

Info: Jika memilih “Disable plugin updates” dan “Disable theme updates”, kamu tidak akan melihat notifikasi pembaruan di daftar plugin dan tema. Jadi lebih disarankan untuk memilih “Disable auto updates”.

Plugin Easy Updates Manager juga menyimpan log dari apa yang sudah di perbarui, jadi jika ada yang rusak kamu bisa mengembalikan ke versi sebelumnya untuk memperbaiki. Kamu dapat melihat log ini dengan membuka Dashboard > Updates Options dan mengklik pada tab Logs.

Buka File Log Easy Updates Manager

Plugin ini juga memiliki versi premium berbayar, yang menawarkan opsi tambahan. Misalnya, terintegrasi dengan UpdraftPlus sehingga secara otomatis menjalankan backup website sebelum update diterapkan.

Menonaktifkan Update Otomatis WordPress Tanpa Plugin

Terlalu banyak menggunakan plugin bisa berefek buruk pada website kamu karena menyebabkan loading yang lambat, akan lebih baik jika mencegahnya dengan melakukan sesuatu yang bisa di lakukan bahkan tanpa perlu plugin.

Berikut adalah cara menonaktifkan update otomatis di WordPress tanpa menggunakan plugin, yaitu dengan menambahkan satu baris kode ke dalam file wp-config.php.

Jika masih ingin menerima update inti, tetapi menonaktifkan update tema dan plugin, kamu dapat melakukannya dengan menambahkan filter berikut ke dalam file functions.php tema.

Nonaktifkan pembaruan plugin WordPress otomatis:

Nonaktifkan pembaruan tema WordPress otomatis:

Apakah Perlu Menonaktifkan Update Otomatis di WordPress?

Pertanyaan ini muncul, dan kamu sendiri yang harus menjawabnya.

Untuk sebagian besar pemilik website, update otomatis tidak menjadi masalah dan mungkin memberikan hal positif karena bisa menghemat waktu mereka.

Tetapi jika kamu takut akan terjadi hal yang tidak di inginkan di masa mendatang, menonaktifkan update otomatis bisa menjadi pilihan yang baik. Disisi lain kamu harus menjalankan secara manual ketika terdapat update untuk memastikan keamanan website.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menonaktifkan update otomatis di WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat artikel kami lainnya tentang cara mengamankan login wp-admin WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

5 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *