Cara Menyesuaikan RSS Feed WordPress

Cara Menyesuaikan RSS Feed WordPress

Apakah kamu ingin menyesuaikan RSS feed di WordPress seperti menambahkan konten atau yang lainnya?

Secara default, umpan RSS WordPress akan menampilkan konten postingan terbaru dan pengguna tidak di berikan opsi untuk menyesuaikan konten tersebut.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan konten dengan mudah dan sepenuhnya menyesuaikan RSS feed di situs WordPress.

Tambahkan Custom Konten ke RSS Feed WordPress

Cara termudah untuk menambahkan kustom konten ke RSS feed WordPress adalah dengan menggunakan plugin All in One SEO. Ini adalah salah satu plugin SEO WordPress yang cukup populer dan sudah memiliki 2 juta instalasi aktif.

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin All in One SEO yang tersedia gratis. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan kami tentang cara menginstal plugin WordPress.

Setelah berhasil di aktivasi, kamu bisa mengatur plugin dengan mengikuti petunjuk di layar.

Kemudian kamu harus membuka halaman All in One SEO > General Settings dan beralih ke tab RSS Content.

Buka tab rss content

Pada halaman ini kamu dapat menambahkan konten yang nantinya akan di tampilkan sebelum dan sesudah item di RSS feed. Bahkan kamu juga bisa menggunakan custom tags untuk menambahkan tautan dan meta data lainnya ke custom konten.

Menambahkan koten ke rss feed

Kamu juga dapat menggunakan HTML dasar untuk memformat konten kustom sesukanya.

Setelah cukup puas dengan perubahannya, jangan lupa untuk mengklik tombol Save Changes di bagian bawah.

Plugin All in One SEO sekarang akan menambahkan custom konten ke setiap item di umpan RSS.

Menambahkan Konten ke RSS Feed WordPress Menggunakan Kode

Metode yang kami bahas di atas adalah cara termudah untuk menambahkan custom konten ke RSS feed WordPress. Namun, itu akan menambahkan konten ke semua item di umpan WordPress kamu.

Tapi bagaimana jika kamu ingin menambahkan konten ke postingan tertentu, postingan dalam kategori tertentu, atau menampilkan meta data kustom ke RSS?

Dengan menggunakan beberapa metode di bawah ini, kami akan membantu kamu untuk dengan mudah menambahkan konten ke RSS feed menggunakan custom kode.

Sekarang mari kita coba beberap contoh yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan custom konten di RSS feed WordPress secara manual.

Metode 1. Menambahkan Data dari Custom Field ke RSS Feed WordPress

Custom field memungkinkan kamu menambahkan meta data tambahan ke postingan dan halaman di situs WordPress. Namun, secara default meta data ini tidak akan disertakan dalam RSS feed.

Tetapi karena WordPress adalah CMS yang kuat, maka kamu dapat menggunakan trik khusus seperti menambahkan custom kode ke file functions.php tema.

Berikut adalah cuplikan kode yang dapat kamu gunakan untuk mengambil dan menampilkan data custom field di RSS feed WordPress.

Kode di atas pertama-tama memeriksa apakah bidang khusus mamiliki data didalamnya yang akan di tampilkan pada umpan RSS. Setelah itu, cukup menambahkan variabel global konten dan menambahkan data bidang khusus di bawah konten.

Metode 2. Menambahkan Teks Tambahan ke Judul Postingan di RSS Feed

Apakah kamu ingin menampilkan teks tambahan pada beberapa judul postingan di umpan RSS? Misalnya saja, kamu ingin membedakan antara artikel biasa dan guest post atau sponsor.

Berikut adalah cara yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan kustom konten ke judul postingan di RSS feed WordPress.

Contoh 1: Menambahkan Data dari Custom Field ke Judul Postingan di RSS Feed

Pertama, kamu harus menyimpan konten yang ingin di tampilkan sebagai bidang khusus. Misalnya, kamu dapat menambahkan bidang khusus guest_post atau sponsored_post.

Setelah itu, kamu dapat menambahkan kode berikut ini ke file functions.php tema website.

Kode ini hanya mencari bidang khusus. Jika tidak kosong, maka itu akan menambahkan nilai bidang khusus ke judul postingan di umpan RSS.

Contoh 2: Menambahkan Nama Kategori ke Judul Postingan di RSS Feed

Pada bagian ini, kami akan menampilkan nama kategori di judul postingan.

Cukup tambahkan kode berikut ini ke dalam file functions.php tema.

Sekarang, ini akan menampilkan kategori bersama dengan judul postingan di RSS feed. Misalnya saja, “Tempat Wisata di Malang Raya (Jatim)” menampilkan judul postingan dengan kategori “Jatim”.

Metode 3. Tambahkan Kustom Konten ke Postingan dengan Tag atau Kategori Tertentu

Sekarang anggaplah kamu ingin menambahkan konten kustom tetapi hanya untuk postingan yang dikaitkan pada tag atau kategori tertentu.

Kode berikut akan membantu kamu dengan mudah menambahkan konten ke postingan yang dikaitkan pada kategori dan tag tertentu.

Kamu dapat memodifikasi kode ini untuk menargetkan tag serta custom taksonomi apapun. Berikut adalah contoh penargetan pada tag tertentu.

4. Tambahkan Thumbnail ke RSS Feed

Secara default, RSS feed WordPress tidak menampilkan gambar unggulan atau thumbnail postingan. Namun, kamu dapat dengan mudah menambahkan thumbnail secara manual ke RSS feed WordPress.

Caranya dengan menempelkan kode berikut ini di dalam file functions.php tema WordPress yang kamu gunakan.

Kode ini memeriksa apakah postingan memiliki thumbnail atau tidak, jika memiliki maka akan menampilkannya bersama konten postingan yang lain.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menambahkan custom konten ke RSS feed WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

15 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *