Cara Merubah Kategori WordPress ke Taksonomi Khusus

Cara Merubah Kategori WordPress ke Taksonomi Khusus

Ketika kamu mencari cara untuk merubah kategori menjadi taksonomi di WordPress, kamu berada di halaman yang tepat. Karena pada artikel ini saya akan membahas panduan tersebut secara rinci.

Tapi sebelum kita mulai panduannya, kamu perlu tahu. Bahwa, kategori adalah salah satu dari dua taksonomi default yang dapat membantu kamu mengurutkan konten. Namun, dengan menggunakan platform WordPress, memungkinkan kamu untuk membuat dan menggunakan taksonomi khusus.

Alasan Kamu Perlu Mengkonversi Kategori ke Taksonomi

Kategori dan Tag adalah dua taksonomi default WordPress. Fungsi dari taksonomi sendiri adalah mengelompokkan dan mengatur konten agar mudah dibedakan dalam topik pembahasan.

Tetapi dengan berkembangnya situs web, kamu mungkin perlu untuk mengubah kategori menjadi taksonomi custom sendiri. Misalnya, jika kamu memiliki ketagori dengan banyak subkategori, itu akan memakan waktu lama jika kamu harus mengedit setiap postingan untuk mengelompokkannya kedalam taksonomi khusus yang kamu buat.

Akan lebih mudah, jika kamu mengetahui cara untuk mengonversi sebagian atau semua kategori secara massal, menjadi taksonomi yang kamu inginkan.

Cara Konversi Kategori WordPress ke Taksonomi Custom

Pertama, kamu harus menginstal dan mengaktifkan plugin Taxonomy Switcher yang dapat di unduh secara gratis. Untuk detail lebih lanjut, kamu dapat melihat panduan kami tentang cara menginstal plugin WordPress.

Setelah itu, buka Tools > Taxonomy Switcher di area admin WordPress, untuk membuka halaman konversi.

Taxonomy Switcher

Selanjutnya, kamu dapat memilih taksonomi yang akan kamu konversi. Dan memilih untuk di konversi ke taksonomi khusus yang kamu inginkan.

Tentukan Taksonomi

Jika kamu ingin mengonversi semua kategori ke taksonomi khusus, sekarang kamu dapat mengklik tombol Switch Toxonomies.

Ketika proses konversi sudah selesai, kamu akan melihat pesan seperti berikut. Yang menandakan proses konversi telah berhasil.

Proses Konversi Berhasil

Jika kamu ingin mengkonversi kategori tertentu saja, kamu dapat menggunakan ID kategori dan menambahkannya di kolom sebelah “Comma separated list of term ids to switch”.

Masukkan ID Kategori

Untuk melewati kategori turunan dari kategori tertentu. Kamu dapat menambahkan ID kategori induk di samping “Limit taxonomy switch for child terms of a specific parent”.

Klik Switch Taxonomies untuk memulai proses konversi.

Membuat Pengalihan dari Kategori ke Taksonomi Custom

Setelah kamu selesai mengubah kategori ke taksonomi khusus, ketika halaman arsip dibuka akan menampilkan error 404.

Ini akan menjadi kesalahan fatal ketika kamu belum menyadari dan mesin pencari sudah berhasil mengindeksnya. Alhasil pengunjung yang berasal dari mesin pencari akan melihat halaman error 404 ketika mengunjunginya.

Untuk memperbaiki masalah ini, kamu dapat mengarahkan pengguna ke halaman taksonomi baru untuk setiap kategori.

Berikut langkah-langhanya.

Kamu harus menginstal dan mengaktifkan plugin Redirection yang dapat di unduh secara gratis.

Kemudian, buka menu Tools > Redirection. Pada bidang Sources URL, kamu dapat memasukkan ^/category/.* dan Target URL kamu harus memasukkan slug taksonomi khusus, contoh /formats/$1.

Buat Redirect baru

Jangan lupa untuk memilih opsi Regex, dan klik Add Redirect untuk mulai menambahkan.

Pengaturan di atas, akan mengalihkan semua traffic dari arsip kategori ke taksonomi khusus yang sudah kamu buat. Gunakan cara ini ketika kamu tidak ingin menggunakan kategori sama sekali.

Sampai disini kamu sudah berhasil mengonversi kategori WordPress ke taksonomi khusus. Kamu mungkin juga ingin mengetahui panduan tentang cara membuat custom halaman login WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

Artikel Menarik Lainnya

Avatar Staf Editor

Penulis: Staf Editor

Admin dan merupakan pendiri tunggal dari website nulis.net, yang memiliki keingin agar website ini dapat dikenal banyak orang senantiasa membantu dalam hal apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *