Nulis Internet Cara Nonaktifkan Directory Browsing di WordPress

Cara Nonaktifkan Directory Browsing di WordPress

Nonaktifkan Directory Browsing WordPress

Apakah kamu sedang mancari cara menonaktifkan directory browsing di WordPress? Jika iya, sekarang kamu berada di halaman yang tepat.

Secara default ketika web server tidak menemukan file index (index.php atau index.html) maka secara otomatis akan menampilkan halaman index yang menunjukkan isi folder.

Hal ini bisa membuat website kamu menjadi rentan terhadap serangan hacker dengan mengungkapkan informasi penting yang terdapat pada plugin, tema WordPress atau server.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada kamu cara menonaktifkan penjelajahan direktori di WordPress.

Index Direktori Plugin

Mengapa Disable Directory Browsing di WordPress Penting?

Directory browsing dapat di manfaatkan oleh para peretas untuk mengetahui apakah file yang berada di website kamu memiliki kerentanan. Jika sampai itu terjadi mereka dapat memanfaatkan file tersebut untuk mendapatkan akses ke situs.

Sebenarnya WordPress memiliki plugin gratis bahkan ada juga premium berbayar yang dapat kamu manfaatkan untuk mengamankan website dari serangan peretas.

Dan jika kamu tidak mengamankan situs dengan mendisable direktori browsing, ini juga dapat di gunakan oleh orang lain untuk melihat fie, menyalin gambar, mengetahui struktur folder, dan informasi lainnya.

Inilah sebabnya sangat penting untuk menonaktifkan directory indexing dan directory browsing pada website.

Menonaktifkan Directory Browsing WordPress

Untuk menonaktifkan directory browsing di WordPress, yang perlu kamu lakukan adalah menambahkan satu kode di file .htaccess.

Caranya, hubungkan ke folder root website menggunakan klien FTP atau melalui file manager di cPanel hosting. Jika menggunakan cPanel kemungkinan file ini tersebunyi, jadi kamu perlu membuka Settings dan beri centang pada Show Hidden Files (dotfiles).

Tampilkan Hidden Files cPanel

Sedangkan menggunakan klien FTP, kamu harus mengunduh file .htaccess tersebut ke komputer dan melakukan pengeditan menggunakan teks editor seperti Notepad.

Sekarang tambahkan kode berikut ini di bagian paling bawah dari file .htaccess.

Setelah itu, kamu dapat menyimpan file tersebut dan menguploadnya kembali ke server menggunakan FTP.

Hanya itu yang perlu kamu lakukan dan penjelajahan direktori sudah berhasil dinonaktifkan pada situs WordPress. Sekarang semua orang yang mencoba mencari atau mengunjungi index direktori website akan di alihkan ke halaman 403 Forbidden.

Halaman Forbidden

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menonaktifkan directory browsing di WordPress. Mungkin kamu juga berminat melihat artikel kami lainnya tentang mengetahui lokasi WordPress menyimpan gambar di website.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

6 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *