Nulis Internet Cara Melakukan Redirect Website WordPres

Cara Melakukan Redirect Website WordPres

Cara Melakukan Redirect Website WordPres

Apakah anda ingin mengetahui cara redirect website WordPress ke lokasi baru pada situs yang anda miliki?

Redirect atau pengalihan situs memungkinkan anda untuk dengan mudah memindahkan website lama ke domain baru tanpa harus kehilangan peringkat di mesin pencari. Hal ini akan membantu mencegah tautan rusak dan tetap memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara melakukan redirect website di WordPress.

Mengapa Perlu Melakukan Redirect Website di WordPress?

Dengan melakukan redirect, ini memungkinkan anda untuk memindahkan seluruh website ke lokasi baru tanpa kehilangan lalu lintas atau peringkat di mesin pencari. Saat pengguna memasukkan URL lama di browser yang mereka gunakan, maka secara otomatis akan diarahkan ke domain baru.

Ini juga membantu anda menyimpan semua ping back / backlink yang telah di buat sebelumnya dan mengarahkannya ke domain baru website. Pengguna juga dapat dengan mudah menemukan semua konten anda sebelumnya di domain baru tersebut.

Dengan menggunakan metode redirect ini juga akan mencegah tautan rusak atau error 404 yang dapat berdampak buruk untuk SEO website dan pengalaman pengguna.

Pada umumnya para pemilik website yang melakukan pengalihan akan menggunakan kode 301. Dengan pengalihan ini, akan memberi tahu mesin pencari bahwa laman telah dipindahkan secara permanen ke lokasi baru.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana anda dapat mengatur redirect situs WordPress ini.

Cara Melakukan Redirect Website WordPress

Cara termudah untuk melakukan pengalihan situs WordPress adalah dengan menggunakan bantuan plugin seperti All in One SEO (AIOSEO).

Plugin ini akan membantu anda dalam mengoptimalkan website untuk mesin pencari dengan mudah. Dan nantinya anda juga dapat mengelola pengalihan sendiri seperti mengarahkan pengguna ke domain baru tanpa harus kehilangan peringkat SEO. Ada juga fitur untuk memonitoring error 404 yang dapat memudahkan pekerjaan.

Pada tutorial ini, kami akan menggunakan versi AIOSEO Pro karena terdapat redirect manager yang kita butuhkan.

Pertama, anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin AIOSEO. Untuk detail lebih lanjut, anda bisa melihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah berhasil diaktivasi, anda dapat membuka halaman All in One SEO > General Settings dari dashboard admin WordPress dan memasukkan lisensi.

General settings AIOSEO

Untuk mengatur plugin AIOSEO dan mengoptimalkan situs untuk pencarian, anda dapat menjalankan wizard pengaturan dan mengikuti petunjuk di layar.

Karena akan mengatur pengalihan situs, maka anda bisa membuka All in One SEO > Redirects dari menu samping admin WordPress. Pada popup yang muncul, klik Activate Redirects.

Enable Redirects on your Site

Setelah addons aktif, anda dapat membuka tab ‘Full Site Redirect’ di dalam menu Redirect.

Setelah itu, geser togle di samping ‘Relocate Site’ untuk menampilkan lebih banyak opsi.

Aktitfkan relocated site
Sekarang anda akan melihat bidang tempat memasukkan lokasi website baru.

Cukup masukkan URL baru di bidang ‘Relocate to domain’ dan jika sudah selesai klik Save Changes. Sekarang secara otomatis plugin akan mengarahkan semuanya kecuali halaman login dan admin WordPress.

Arahkan domain lama ke yang baru

Untuk memeriksa apakah pengalihan berhasil, cukup masukkan URL lama di browser dan secara otomatis akan diarahkan ke domain baru yang anda gunakan.

Lacak dan Perbaiki Tautan Rusak di WordPress

Saat anda pindah ke domain baru, selalu ada kemungkinan bahwa beberapa tautan di situs mengalami kerusakan dan mengakibatkan error 404. Namun, dengan menggunakan AIOSEO, anda dapat dengan mudah mengetahui tautan yang rusak dan memperbaikinya menggunakan redirection manager.

Sekarang anda bisa membuka All in One SEO > Redirect dari area admin dan kemudian klik tab Settings. Selanjutnya, aktifkan 404 Logs dan Redirect Logs dengan mengklik togle.

Aktifkan 404 logs

Setelah anda mengaktifkan fitur ini, AIOSEO akan mulai merekam error 404 yang ada di website. Perhatikan, ketika baru pertama kali mengaktifkannya anda tidak akan menemukan log apa pun. Namun nanti akan muncul sendiri, karena proses perekaman dimulai setelah anda mengaktifkan opsi ini.

Setelah seseorang mengakses halaman 404 pada situs, maka anda bisa melihat log dengan membuka tab 404 Logs.

Tampilan halaman 404 log

Untuk memperbaiki tautan yang rusak, cukup klik opsi Add Redirect. Kemudian masukkan lokasi baru di kolom Target URL dan jangan lupa juga untuk memilih tipe pengalihan.

Setelah menambahkan semua detail yang dibutuhkan, klik tombol Add Redirect berwarna biru di bagian bawah sebelah kanan.

Ubah alamat pengalihan

Kami harap artikel ini membantu anda bagaimana cara melakukan redirect website WordPress. Mungkin anda juga tertarik melihar artikel kami lainnya tentang Cara Lazy Load Gambar di WordPress dan Cara Menambahkan IndexNow di WordPress.
Jika anda memiliki pertanyaan terkait panduan ini, tinggalkan komentar pada kolom di bawah.
4 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.