Nulis Internet Cara Regenerate Permalink di WordPress

Cara Regenerate Permalink di WordPress

Cara Regenerate Permalink WordPress

Apakah anda perlu untuk membuat ulang permalink WordPress?

Jika anda tidak bisa mengakses konten dari situs web yang anda miliki, maka pengunjung juga tidak akan bisa melihatnya. Tautan rusak tersebut bisa membuat pengalaman pengguna yang buruk dan juga berefek buruk pada peringkat SEO situs.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada anda cara memperbaiki URL rusak dengan membuat ulang permalink di WordPress. Sebagai informasi tambahan, kami juga akan membahas sedikit apa penyebab masalah ini, dan bagaimana anda dapat menemukan tautan yang rusak, sebelum banyak pengunjung kamu yang menemukannya.

Alasan Anda Harus Membuat Ulang Permalink di WordPress

Umumnya URL yang ada di situs WordPress ini bersifat permanen dan tidak akan menimbulkan masalah.

Namun, dalam beberapa kasus anda mungkin menemukan kesalahan 404 ketika sedang mengklik salah satu tautan yang ada di situs. Atau lebih buruknya anda mendapatkan kesalahan 404 ketika mengakses seluruh situs WordPress yang anda miliki.

Hal ini kadang terjadi setelah anda memindahkan situs berbasis WordPress ke hosting atau server baru. Tapi, kesalahan dalam menginsatal plugin juga dapat menyebabkan hal tersebut. Ini karena beberapa plugin mengedit file .htaccess situs tanpa anda ketahui. Sehingga dapat mempengaruhi situs anda termasuk merusak URL.

Catatan : Dalam kasus ini, anda harus bisa mengakses halaman dashboard situs WordPress.

Seringkali, melakukan regenerate permalink dapat menjadi solusi yang cepat dan mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Sekarang mari kita lihat bagaimana cara melakukannya.

Cara Regenerate Permalink di WordPress

Ketika ingin membuat ulang permalink, perlu diketahui bahwa anda akan membangun kembali dan memperbaiki struktur tautan permanen WordPress. Untuk sebagian orang ini mungkin terdengar rumit, tapi sebenarnya ini sangat mudah dan anda hanya perlu mengklik tombol dan WordPress akan langsung menanganinya.

Sekarang yang perlu anda lakukan adalah membuka menu Settings > Permalinks dari halaman dashboard WordPress.

Pengaturan permalink

Setelah itu anda akan dibawa ke halaman pengaturan permalink WordPress. Disini, anda akan melihat struktur permalink yang sedang anda gunakan.

WordPress juga mendukung beberapa opsi agar pengguna bisa mengatur permalink.

Untuk membuat ulang permalink, cukup scroll ke bagian bawah halaman dan klik tombol Save Changes.

Setelah halaman dimuat ulang, anda akan melihat pesan yang menunjukkan bahwa proses memperbarui struktur permalink WordPress sudah berhasil dilakukan.

Struktur permalink diperbarui

Sekarang coba kunjungi situs WordPress yang kamu miliki dan coba klik beberapa tautan untuk mengetahui masalah sudah teratasi atau belum.

Apakah Anda Masih Melihat Kesalahan Permalink Setelah di Perbarui?

Jika masih mendapatkan kesalahan 404, cobalah untuk menghapus cache pada browser yang anda gunakan.

Jika itu tidak menyelesaikan masalah, maka pikirkan sekali lagi apa yang anda lakukan sebelum mendapatkan pesan kesalahan 404 ini. Misalnya saja, anda baru menginstal plugin atau memperbaruinya, ini mungkin bisa mempengaruhi tautan situs anda. Maka, cobalah untuk menonaktifkan plugin tersebut, kemudian kunjungi lagi situs anda apakah pesan kesalahan telah hilang.

Nonaktifkan plugin WordPress

Jika ini tidak berhasil, cobalah untuk menonaktifkan semua plugin terlebih dahulu dan melihat apakah ini memperbaiki tautan yang rusak.

Jika dengan menonaktifkan semua plugin dapat memecahkan masalah, maka anda akan tahu bahwa setidaknya satu plugin yang anda gunakan mempengaruhi URL situs. Dalam hal ini, aktifkan kembali plugin satu per satu dengan melakukan pengecekan pada situs.

Ketika pesan 404 muncul kembali, anda telah menemukan plugin mana yang bermasalah. Kemudian anda dapat menghapus plugin tersebut dari situs dan meminta dukungan pada pengembangnya.

Sekarang situs anda sudah bebas dari pesan kesalahan dan dapat berjalan dengan lancar.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara membuat ulang permalink di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika anda masih memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

14 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.