Nulis Internet Cara Regenerate Thumbnail di WordPress

Cara Regenerate Thumbnail di WordPress

Regenerate Thumbnail di WordPress

Apakah kamu ingin membuat ulang atau mengubah ukuran thumbnail di WordPress? Ketika memutuskan untuk mengganti tema lama dengan yang baru, mungkin saja kamu mengalami masalah dengan tampilan gambar thumbnail postingan.

Ini akan terlihat normal ketika kamu mengunggah gambar setelah mengaktifkan tema tersebut, tetapi semua thumbnail lama akan terlihat tidak sesuai. Jika kamu berpikir untuk memperbaikinya melalui pengaturan media dan masih tidak menyelesaikan masalah yang di alami, maka simak panduan ini sampai selesai.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara regenerate thumbnail atau membuat ukuran gambar baru di WordPress.

Membuat Ulang Ukuran Gambar di WordPress

Secara default saat mengunggah gambar ke WordPress, itu akan membuat ukuran gambar berbeda dan menyimpannya di folder uploads.

Sudah banyak tema yang memanfaatkan fitur ini dan menentukan ukuran gambar baru, tetapi yang menjadi masalah utama adalah ukuran gambar baru tersebut hanya di terapkan pada gambar yang di unggah setelah mengaktifkan tema.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu membuat ukuran baru untuk semua gambar yang sebelumnya sudah di unggah. Proses ini biasa disebut dengan regenerate thumbnails.

Agar memudahkan proses dalam menghasilkan ukuran gambar ini kamu bisa menginstal dan mengaktifkan plugin Regenerate Thumbnails. Panduan lebih detail lihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah di aktivasi, kamu bisa membuka Tools > Regenerate Thumbnails untuk mengakses halaman pengaturan plugin.

Regenerate Thumbnails

Sekarang kamu bisa mengklik tombol Regenerate Thumbnails For All Attachments untuk mulai menghasilkan ukuran gambar baru yang di tentukan oleh tema atau di halaman Settings > Media. Proses ini memerlukan beberapa waktu, tergantung berapa banyak gambar pada website.

Kamu juga dapat meregenerate ukuran secara manual pada gambar tertentu dengan mengunjungi Media > Library dan ubah tampilan ke daftar.

Regenerate Gambar Manual

Melakukan regenerate tidak memengaruhi unggahan asli. Ini hanya membuat salinan gambar tambahan dalam ukuran baru yang di tentukan.

Cara ini juga tidak menghapus ukuran gambar yang di buat sebelumnya. Kamu dapat menghapus ukuran jika kamu yakin belum pernah menggunakan ukuran tersebut pada website.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara membuat ulang thumbnails dan ukuran gambar di WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat artikel kami tentang cara mengoptimalkan ukuran gambar untuk website.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

9 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *