Nulis Travel Coban Rondo Malang: Tiket, Labirin dan Detail Lokasi

Coban Rondo Malang: Tiket, Labirin dan Detail Lokasi

Coban Rondo Malang

Travelers, suka berpetualang di air terjun atau alam bebas? Cobain deh wisata Air Terjun Coban Rondo. Kawasan wisata di Malang ini merupakan salah satu wisata yang banyak dilirik wisatawan lokal hingga mancanegara. Banyak juga wisatawan yang ingin memacu adrenalin atau sekedar seru-seruan dan swafoto sepuasnya di kawasan air terjun ini.

Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, kawasan Coban ini juga kental dengan cerita mitosnya dan cerita mistis yang sudah beredar di masyarakat setempat. Namun terlepas dari itu semua, kawasan wisata ini memang sangat memanjakan pengunjungnya dengan suguhan alam bebas yang indah dan udara yang sangat sejuk.

Tentang Coban Rondo dan Kisah Asmara di Kawasan Coban

Air terjun Coban Rondo memiliki ketinggian sekitar 84 meter dengan debit air yang cukup besar meski saat musim kemarau yakni kisaran 90 liter per detiknya dan 150 liter saat musim hujan. Sumber mata air terjun ini berasal dari Cemoro Dudo di kaki Gunung Kawi.

Coban sendiri berarti air terjun dan Rondo adalah bahasa Jawa yang artinya Janda. Nama tersebut diambil dari cerita legenda yang sudah ada sejak dulu. Yang berasal dari kisah asmara pasangan pengantin baru Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma.

Labirin Coban Rondo
instagram.com/ariwdy

Menurut adat kepercayaan orang Jawa dulu, jika pengantin belum genap 40 hari dilarang untuk bepergian atau meninggalkan rumah. Namun pada usia pernikahan 36 hari, Dewi Anjarwati malah mengajak suaminya berkunjung ke rumah orang tuanya di daerah Gunung Ajasmoro.

Di tengah perjalanan mereka bertemu Joko Lelono yang jatuh hati pada kecantikan Dewi Anjarwati. Kemudian Raden Baron Kusuma melindungi istrinya dengan menyembunyikannya di daerah Coban Rondo. Sayangnya setelah bertarung, Raden Baron dan Joko Lelono sama-sama tewas, sehingga Dewi Anjarwati menjadi seorang janda.

Setelah itu, kawasan Coban Rondo kental dengan cerita mistisnya. Banyak yang sering mendengar tangisan di sekitar bebatuan besar tak jauh dari air terjun. Beberapa orang juga melihat penampakan wanita cantik yang dipercaya sebagai Dewi Anjarwati.

Aktivitas Wisata di Sekitar Coban Rondo

Terlepas dari cerita mistis tersebut, wisatawan tetap banyak yang berbondong-bondong ke kawasan Coban Rondo untuk mengisi waktu liburannya. Selain keindahan alamnya, berikut beberapa aktifitas di sekitarnya yang menarik bagi wisatawan:

1. Wisata Edukasi dengan Camping Ground

Tempat wisata ini cocok untuk liburan bersama anak-anak atau untuk acara kantor dan acara sekolah. Hal tersebut karena pihak pengelola menyediakan 5 camping ground, yaitu area camping Cemara, Rasmala, Damar, Karpa, dan Camping Ground Mangir.

2. Tracking dengan Jalan Kaki dan Sepeda

Bagi yang ingin sedikit berolahraga, kamu bisa mencoba jalur tracking yang sudah disediakan oleh pihak Coban Rondo. Medannya memang tidak terlalu sulit, tapi kamu harus berhati-hati dan pastikan menggunakan pakaian serta alas kaki yang nyaman dan aman.

Selain itu, kamu bisa memilih tracking dengan bersepeda untuk menelusuri jalur utama menuju puncak air terjun. Tak hanya itu, bagi yang ingin keliling dengan berkuda juga bisa menyewa fasilitas yang tersedia.

3. Susur Sungai dengan Fun Tubing

Setelah wahana di darat, kamu bisa mencoba menelusuri wisata air dengan fun tubing. Kamu akan diajak untuk menelusuri sungai di sekitar air terjun, tentunya dengan perlengkapan keamanan seperti pelampung. Akan tetapi wahana ini tidak beroperasi saat musim hujan karena sungai bisa banjir serta longsor.

4. Perang Paint Ball dan Labirin Coban Rondo

Wahana berikutnya di Coban Rondo yang tak kalah menarik adalah permainan Paint Ball. Tersedia paket 6 orang atau 3 on 3 dengan 150 peluru dan paket 12 orang pemain atau 6 on 6 dengan 300 buah peluru.

Selain itu, wahana favorit ditahun 2022 adalah maze atau labirin coban rondo yang terbuat dari pohon-pohon tinggi yang tertata rapi. Jika memutuskan bermain disini kamu tidak perlu khawatir akan tersesat, karena terdapat menara yang digunakan untuk memandu kamu mengelilingi labirin serta mencari jalan keluar.

5. Area Flora dan Satwa

Kawasan wisata ini memang bukan kebun binatang atau tempat penangkaran hewan. Tapi kamu akan menjumpai lutung, kera abu-abu, rusa, dan beragam burung yang hidup di habitat aslinya secara liar. Namun jangan khawatir, karena satwa-satwa tersebut tidak buas dan berbahaya.

Kamu juga bisa belajar berkebun atau sekedar menikmati tanaman-tanaman hias di area Coban Rondo ini. Atau bahkan mengajak anak-anak belajar mengolah tanaman dengan pupuk organik.

6. Spot Foto Menarik di Coban Rondo

Tidak ketinggalan berbagai spot foto menarik dan kekinian juga tersedia di kawasan Coban Rondo untuk kamu yang suka berswafoto atau sekedar menikmatinya saja.

Di sepanjang jalan menuju air terjun Coban Rondo kamu akan di suguhi pemandangan yang hijau nan asri, kamu bisa memanfaatkan itu untuk mengambil foto yang instagramable.

Harga Tiket Masuk Coban Rondo dan Jam Operasional

Karena kawasan wisata ini menyediakan area camping, wisatawan bisa bebas datang berkunjung kapan saja alias buka selama 24 jam. Adapun untuk harga tiket masuknya yaitu:

  1. Tiket masuk saat weekday sebesar Rp 35.000
  2. Tiket masuk saat weekend sebesar Rp 40.000
  3. Wahana Fun Tubing sekitar Rp 35.000 per orang
  4. Paket Paint Ball 3 on 3 sekitar Rp 450.000
  5. Paket Paint Ball 6 on 6 sekitar Rp 750.000

Tiket masuk utama sudah include untuk area Labirin, Panahan, Air Terjun, Bersepeda, dan Shooting Target. Agar bisa masuk, pastikan kamu sudah memiliki sertifikat vaksin minimal dosis pertama atau scan code dari aplikasi PeduliLindungi.

Kawasan wisata air terjun ini buka setiap hari dengan jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB untuk weekday dan pukul 08.00-17.00 WIB untuk weekend.

Lokasi Kawasan Coban Rondo

Tempat wiata alam ini berada di ketinggian 1.135 mdpl, dan lokasinya tidak jauh dari Jatim Park. Jadi tidak sulit untuk ditemukan, dan aksesnya juga mudah. Air terjun ini terletak di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu,  Malang, Jawa Timur. Jika dari Pusat Kota Batu hanya berjarak 12 km, sementara dari Pusat Kota Malang sekitar 20 km.

Fasilitas di Kawasan Wisata Coban Rondo

Bagi yang tidak ingin menggelar camping, pengunjung bisa menyewa penginapan di area Coban Rondo. Selain itu, fasilitas yang tersedia seperti aneka kuliner, warung kopi, warung makan, toilet umum, area parkir luas, toko oleh-oleh, serta tempat ibadah.

Buat kamu yang ingin berkunjung, sebaiknya kenakan pakaian hangat karena udara di sekitar Coban Rondo cenderung dingin. Kamu juga bisa membawa makanan untuk satwa-satwa di dalamnya.

Jangan lupa selalu mematuhi peraturan setempat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti terseret banjir dan bencana alam lainnya.

Mungkin kamu juga ingin mengunjungi tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari air terjun Coban Rondo seperti Paralayang Batu dan Omah Kayu Batu.

53 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.