PAPANBACA News Deretan Jurusan langka Hanya Ada Satu di Indonesia  

Deretan Jurusan langka Hanya Ada Satu di Indonesia  

Deretan jurusan langka yang ada di Indonesia apa aja hayo ? Nah jadi Perguruan tinggi baik itu PTN maupun Swasta, sangat banyak sekali di Tanah Air kita ini. Tentunya di dalamnya ada berbagai macam jurusan, mulai bidang Teknik, sosial, pemerintahan, bahkan astronomi pun juga ada.

Tapi uniknya, di tanah Air kita ini ada jurusan-jurusan yang cuman satu di Indonesia. Bisa dibilang jurusan ini langka. Meskipun langka, prospek karirnya di masa depan jangan khawatir. Karena hanya satu di Indonesia, lulusannya pun bisa dibilang sedikit, dan itu menjadi kesempatan kerjanya menjadi besar.

Berikut deretan jurusan langka yang adanya cuman satu di Indonesia

Berikut ini adalah deretan jurusan yang bisa dibilang cuman ada satu di Indonesia loh. Bahkan deretan jurusan ini tidaklah kaleng-kaleng loh. Mengikuti perkembangan jaman. Dengan adanya deretan jurusan ini, bisa untuk kamu jadikan sebagai referensi ketika ingin memasuki bangku kuliah loh. Sesuai dengan passions dan kata hati kamu ya.

1. Jurusan Teknik Transportasi Laut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

deretan jurusan langkaGak salah di Indonesia ada jurusan ini, sangatlah cocok dengan tanah air yang dikenal dengan negara maritim. Jurusan ini adanya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) lokasinya di Kota Surabaya Jawa Timur. Kebangetan nih kalau kamu gak kenal dengan ITS nih. ITS sangat dikenal loh, atas prestasi dan keunggulan yang diperolehnya.

Di jurusan ini sendiri akan mempelajari tiga fokusan utama, yaitu pelayaran, pelabuhan dan logistik di dunia maritim. Dilihat di zaman sekarang transportasi laut juga sangat penting sekali dalam menghubungkan antar pulau. Gak cuman itu, disini juga akan mempelajari aspek politik, sosial, budaya, hingga pertahanan dan keamanan. Jadi tidak cuman hal teknis.

2. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan , Universitas Airlangga (UNAIR)

deretan jurusan langkaYa kita ketahui kan, semakin canggihnya teknologi pada perkembangan sekarang, semakin banyak pula inovasinya. Bahkan teknologi robotik sudah banyak bermunculan di berbagai negara. Indonesia pun tidak mau kalah, banyak perusahaan atau pekerjaan yang juga dibantu dengan robotik sebagai mesinnya. DI negara luarpun sudah banyak robot yang digunakan untuk mempermudah tugas manusia.

Oleh karena itu sih, Untuk mengikuti perkembangan zaman di era teknologi ini. Yang mana semakin bermunculan robot dan teknologi kecerdasan buatan. Universitas Airlangga membuka jurusan baru yang hanya ada satu di Indonesia loh, yaitu dalam bidang Teknik robotika dan Artificial Intelligence. Disini itu akan mempelajari konsep robotika serta membuat robot seperti Alexa, atau Cortana.

3. Jurusan Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada (UGM)

Nuklir sering kita dengar sebagai suatu hal yang menakutkan. Tapi dibalik itu ada manfaat besar yang bisa diambil dari Nuklir selain sebagai senjata. Contohnya bisa digunakan untuk sumber energi. Sebagai bahan alternatif untuk pembangkit listrik tenaga nuklir. Tapi nuklir ini juga gak boleh asal ya, harus dan wajib memerhatikan resiko-resiko yang akan terjadi, dan hal-hal itu meskipun belum terjadi tapi harus menjadi antisipasi.

Nah di Indonesia sendiri, terdapat jurusan yang mana memang membahas tentang bidang nuklir, tentunya bukan buat persenjataan ya, tapi lebih ke bidang teknologi nuklir, yang bisa menjadi sumber yang bisa dimanfaatkan menjadi hal baru. Dan  jurusan Teknik Nuklir ini ada di Universitas Gadjah Mada (UGM), lokasinya di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sama nih jurusan satu ini hanya ada di UGM loh. Masih belum ada di universitas lainnya.

4. Jurusan Rekayasa Nanoteknologi, Universitas Airlangga (UNAIR)

deretan jurusan langkaMasih dari UNAIR. Selain membuka jurusan Robotika dan Kecerdasan Buatan. Universitas Airlangga juga membuka jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Dari namanya saja, sudah bisa diketahui nih, disini akan mempelajari materi berukuran nano atau sangat kecil banget. Nah materi tersebut nantinya akan dimanipulasi sehingga terbentuknya suatu benda baru dengan karakteristik yang diinginkan.

Salah satu contoh hasil dari nanoteknologi yaitu, pakaian yang mempunyai serat khusus yang bisa membuat pemakainya tetap hangat di musim dingin. Itulah hasil dari pengolahan teknologi nanoteknolgoi pada sebuah pakaian. Bahkan nanoteknologi jika dikembangan secara terus menerus bisa memebuat suatu hal yang baru dalam bidang teknologi loh.

Baca juga Bekas tambang jadi wisata yang eksotik

5. Jurusan Astronomi, Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan astronomi sendiri, kalau di luar Indonesia sudah ada bahkan lebih dari satu nih, diu tiap-tiap negara. Nah kalau di Indonesia sendiri jurusan ini cuman ada satu loh, ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan dari tahun ke tahun, peminat dari jurusan ini terus meningkat. Di jurusan ini akan mempelajari seputar benda langit, dengan menitikberatkan pada ilmu fisika sebagai acuannya terhadap objek di langit, sifat fisik evolusi alam semesta dan isinya serta kosmologi (ilmu tentang struktur dan sejarah alam semesta).

Dengan adanya jurusan astronomi ini sendiri, menjadi harapan untuk Indonesia. Khususnya para generasi muda. Untuk berkarir dan bersaing di manca negara pada biang astronomi sendiri. Dan Indoensia dulunya sempat mengirimkan perwakilannya ke bulan loh. Tapi hal itu tidak jadi karena ada insiden yang membuat batalnya keberangkatan. Semoga dengan adanya jurusan ini. Indonesia bisa bersaing di bidang astronomi khusunya.

6. Jurusan Sastra Belanda, Universitas Indonesia (UI)

Jika suka dan ingin mempelajari Bahasa Belanda. Di Indonesia ada jurusan Sastra Belanda di Universitas Indonesia (UI). Hal didalamnya hampir sama dengan jurusan sastra lainnya, mempelajari seputar sastra, sejarah, linguistik, dan budaya. Hanya yang membedakan adalah fokusan yang dipelajari dalam jurusan tersebut.

Jurusan ini bisa dibilang tidak ada lagi di Indonesia selain di UI loh. Maknya bisa dibilang kalau jurusan sastra Belanda ini sendiri merupakan jurusan yang langka loh. Tidak ada duanya kalau di Negara Indonesia. Kecuali untuk jurusan sastara bahasa lainnya, kamu pasti cukup mudah dan banyak menemukannya di berbagai universitas.

7. Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Jurusan ini hampir sama dengan jurusan Astronomi, tapi ada perbedaan diantara jurusan ini loh. Meskipun sama sama astronominya. Tapi ada bedanya loh, kalau jurusan Astronomi mempelajari sistem tata surya secara luas, sedangkan Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, belajar tentang ilmu yang lebih spesifik lagi. Yakni mempelajari perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di bumi.

TIdak cuman itu saja sih, bahkan di jurusan ini juga akan mempelajar hal-hal yang terkait tentang interaksi antara matahari dengan planet di tata surya. Jadi intinya sama-sama di bidang astronomi, cuman yang memebedakan adalah fokusan dari tiap jurusan tersebut ya. Jurusan ini juga adanya cuman satu di Indoensia loh. Tepatnya di Institut Teknologi Sumatera.

8. Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen, IPB University 

IPB Univeristas ini mempunyai jurusan unik loh, dan hanya ada satu di Indonesia. Pada jurusan ini mempelajari terkait pengembangan dan pemberdayaan keluarga, yakni ilmu keluarga dan konsumen. Serta belajar apa yang diharuskan untuk meningkatkan katahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, sampai pemberdayaan keluarga serta konsumen.

Pokoknya di jurusan ini membahas dan belajar terkai hal-hal yang ada di suatu keluarga loh. Tentunya hal-hal yang bisa membuat suatu keluarga itu harmonis ya, bukan sebaliknya. Jurusan ini kalau di Indoensia cuman ada di Institut Pertanian Bogor. Dan tidak ada lagi selain di IPB loh. Gimana nih kamu tertarik gak join ke jurusan ini ?.

9. Jurusan Manajemen Industri Katering, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Nah terakhir jurusan yang gak ada duanya adalah jurusan Manajemen Industri Katering. Jurusan ini hanya ada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Disini akan mempelajari manajemen operasional usaha kuliner mulai dari perencanaan, pengelolaan, hingga pemasaran. Serta dibekali pengetahuan terkait seluk beluk kuliner dari lokal hingga mancanegara.

Jadi yang namanya menyajikan dan mempersiapkan sebuah makanan untuk tamu atau konsumen, bukanlah asal-asalan ya. Karena hal ini akan dikupa tuntas dan dipelajari di jurusan cathering ini. Jurusan yang gak ada duanya di Indonesia. Hanya ada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) loh. Siapa nih yang mau berkarir di mnajemen industri katering

Jadi itu lah deretan jurusan yang bisa dibilang baru dan langka, karena hanya ada satu di Indonesia. Meskipun begitu tidak usah khawatir ya, terkait prospek karirnya. Di masa yang akan datang prospek jurusan tadi sangat berpeluang besar dibutuhkan. Jadi terus semangat, semoga bisa menginspirasi dan jadi rekomendasi untuk calon mahasiswa baru. Yuk baca artikel menarik lainnya di nulis.net

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *