PAPANBACA Pengetahuan Eksplorasi Batu Baru Ada Metodenya Bukan Asal Gali

Eksplorasi Batu Baru Ada Metodenya Bukan Asal Gali

Batu bara adalah sumber daya alam yang ada di bumi, dan ada yang namanya eksplorasi, yang merupakan kegiatan yang mana masuk ke dalam hal pertambangan. Dan kegiatan ini sedniri mempunyai tujuan sendiri yakni, untuk mengetahui berbagai macam data geologi yang ada di bawah permukaan atau subsurface.

Dalam data tersebut bisa terdiri berbgaia macam data meliputi stratigrafi bebatuan, letak posisi kedalaman batu bara, ketebalan dari batu baranya. Yang mana data-data tersebut nantinya setelah diperoleh akan dilakukan analisa lebih lanjut terhadap kualitas batu baranya.

Dalam proses ini tidaklah asal menggali, mengeksplorasi langsung, tapi ada beberapa metode untuk melakukan eksplorasi batu bara seperti berikut ini

1. Metode Open Hole

batu baraMetode yang pertama ini, adalah metode yang mana merupakan pengeboran dengan cara membuat lubang pada area tertentu yang sudah ditentukan hingga kedalaman yang ditargetkan pada sebelumnya.

Setelah itu potongan batuan yang tertinggal di mata bornya, di tiap per run atau per pipa bor, nantinya bakal diambil sebagian sampelnya. Yang nanti akan dibawa naik ke atas dengan media air bercampur dengan lumpur pengeboran.

2. Metode Full Core

Sedangkan untuk metode yang kedua ini, dilakukan kegiatan dengan pengeboran sampai kedalaman yang telah ditentukan tidak kmenggunakan open hole. Jadi metode ini, melakukan pengeboran langsung ke dalam langsung mengambil sampel dari intinya. Biasanya sampel yang diambil per 1,5 meter hingga 3 meter tergantung dengan ukkuran panjangnya dari pipa yang dipakai dalam metode ini.

3. Metode Touch Core

Metode yang terakhir bisa dibilang, metode campuran yang mana pada proses awal metode yang dipakai adalah metode open hole, guna mengambil sampel dari setiap gerusan atau lapisan, dibantu dengan alat mata bor.

Mata bor nya nanti, akan diganti dan dilanjutkan dengan menggunakan metode yang lainnya yaitu metode teknik full core, guna mengambil contoh dari inti bebatuan tersebut.

Jadi begitulah ketika para petambang batu bara, ketika menemukan titik yang mempunyai indikasi atau peluang ada batu baranya, yakni melakukan eksplorasi terlebih dahulu untuk menemukan berbagai data dengan mengambil sampel batu bara yang ada pada lokasi yang mempunyai indikasi ada batu baranya tersebut. Hal ini dilakukan agar bisa mengetahui sebarap besar kandungan batu bara tersebut yang ada pada lokasi terebut.

Jadi gak asal ya, tambang batu bara tersebut, menemukan langsung deh digali. Tapi ada metodenya dulu. Menarik kan terkait seputar batu bara ini, yuk temukan artikel menarik lainnya di papanbaca.

19 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *