PAPANBACA News Fakta Burung Kebal Kesetrum Nengger di Kawat Listrik

Fakta Burung Kebal Kesetrum Nengger di Kawat Listrik

Burung merupakan hewan yang yang mempunyai kemampuan bisa terbang di langit. Habitat burung seringkali kita jumpai di pepohonan yang lebat, seruingkali mereka membuat rumah dan hunian di pepohonan.

Burung sedniri yang adai di bumi ini sangatlah banyak jenisnya. Bahkan ada yang mempunyai kemampuan bisa menirukan ucapan yang didengarnya. Bahkan ada yang bisa digunakan untuk alat komunikasi pada masa lampau atau dulu loh.

Burung sendiri merupakan hewan yang berkembang biaknya dengan cara bertelur. Sangat suka memakan biji-bijian, ada yang buah bahkan ada juga yang memakan daging. Seperti burung yang jenisnya adalah karnivora.

Bahan urung sendiri mempunyai keunikan pada setiap jenis-jenisnya. Dan ada salah satu hal unik nih, yang sering kamu temui kok. Pernah kan kamu keluar rumah dan memperhatikan setiap tiang listrik, kabel listrik di sekitaran rumahmu.

Pasti kamu akan menemui beberapa kerumunan hewan yang sedang nengger di kawat listrik tersebut. Tapi ada yang aneh nih, tau gak apa itu ? Jadi kenapa burung yang negger di kawat bertegangan listrik yang sangat besar, kok enggak kesetrum malah mereka santai-santai saja nengger di kawat listrik ? bukannya harusnya si burng jadi burung panggang kan. Apakah mungkin burung punya ilmu kebal kali ya.

Bukan ilmu kebal ya, tapi emang burung bisa gak kestrum kok, nih faktanya..

burungSebelum itu mari kita kenali dulu aliran listrik ya. Sudah tau belum kalau aliran listrik itu mengalirnya dari tegangan tinggi ke tegangan rendah, seperti aliran air loh, mengalir dari ketinggian kemudian mengalir ke yang rendah. Contoh lagi listrik yang kamu pakai sehari-hari merupakan listrik yang sudah menjadi tegangan rendah yang memenuhi kebutuhan sehari-hari loh. Aslinya listrik yang kamu pakai mempunyai tegangan yang sangat besar.

Kemudian nih, ada yang tau belum? Kalau bumi atau tanah yang kita injak dan tempati ini termasuk yang memiliki tegangan yang rendah. Nah karena hal ini juga listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konduktor atau perantara yang bersifat konduktor.

burungSeperti halnya petir, ketika sambaran petir muncul, petir akan lari dan menuju kebawah yaitu ke bumi atau ke tanah, dengan melewati perantara yang sifatnya konduktor. Jadi bisa dibilang konspenya sama ya.

Kemudian nih, tubuh kita ini juga temasuk konduktor loh, malah konduktor yang baik banget nih.sehingga tubuh kita ini bisa mampu mengalirkan listrik dari sumber listrik ke bumi atau tanah, jika kita tidak menggunakan alas kaki, atau kaki kita secara langsung menginjak ke tanah.

Kemudian nih, listrik akan mengalir jika ada rangkaian yang tertutup. Contoh saja praktikum kamu ketika masih sd nih, yang mana sebuah bohlam lampu dihubungkan dengan baterai bakal menyala ketika sakelarnya sudah terhubung.

Dan hal ini mengartikan, kalau perpindahan potensial dari kutub negatif ke kutub positif. Tapi kalua kutub yang dihubungkan itu sejenis. Maka listrik tersebut tidak akan berhasil mengalir. Siapa nih yang masih inget sama praktikum satu ini ?

Lah sekarang burung kok kebal listrik ya, ini ada alasannya..

Ketika kamu lagi diluar rumah, atau lagi di jalan deh. Kan banyak tuh tiang-tiang listrik dan kawat listrik yang di tenggerin sama hewan ini, bahkan duduk santai di kawat yang ada tegangan listriknya. Tapi nih, kamu juga pernah gak melihat kalau burung pas nenggernya kakinya ada di dua kabel, pastinya nggak kan, yang kamu lihat pasti kalau nengger hanya ada di satu kabel kawat.

Nah hal ini menjawab kenapa gak kesetrum. Jadi gini, burung ketika nengger, mereka hanya menginjak salah satu kabel kawat listrik, jadi gak semuanya diinjak. Hasilnya burung tidak terjadi apa-apa dan tidak menyebabkan adanya perbedaan potensial. Sehingga gak ada aliran listrik yang bia nyetrum tuh burung.

Nah kalau menginjak dua kabel ?

Nah ini jangan sampai melakukan hal ini. Soalnya kalau tidak sengaja menginjak dua kabel, yakni kabel satunya bertegangan dan kabel satunya lagi netral. Maka yang terjadi burung tersebut gak kebal listrik lagi, dan akan kesetrum. Selain itu, burung juga gak nyentuh tanah nih. Sehingga lisrtik dari kabel dengan tegangan yang tinggi gak bakalan mengallir ke bumi atau tanah yang bertegangan rendah.

Gimana bukan karena kebal ya, emang ada alasan dan faktanya dibalik ilmu kekebalan burung anti kesetrum. Tapi ini berlaku untuk burung ya, jangan coba-caba nih kamu bertengger kaya burung, yang ada malah menimbulkan bahaya yang tidak diinginkan.

Sudah tau kan ya, rahasia ilmu burung kebal kesetrum

Contoh kasusnya juga banyak nih, yang sering tuh hewan monyet, terkadang monyet tidak sengaja menyentuh kawat listrik yang satunya lagi, sehingga monyet tersebut tersengat listrik. Menarik juga ya bisa nambah wawasan nih. Yuk baca artikel selanjutnya di situs papanbaca.

6 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *