PAPANBACA Pengetahuan Fakta Pipa Beton Mangkrak di Kartun Doraemon

Fakta Pipa Beton Mangkrak di Kartun Doraemon

Mangkrak, mungkin itulah kata yang mewakili ketika melihat bangunan baik itu rumah, gedung, tempat wisata, ketika sudah lama tidak digunakan bahkan sampai tumbuh rerumputan dimana-mana. Entah bangunan tersebut ada masalah lahan, ataupun biaya infrastruktur pembangunan yang kurang sehingga terpaksa tidak diteruskan.

Hal itu sangat lumrah sekali bisa saja terjadi di berbagai negara baik di Indonesia sendiri maupun negara lainnya. Bicara soal proyek mangkrak, ada sesuatu yang unik dalm serial doraemon. Doraemon sendiri merupakan serial kartun berasal dari Jepang atau bisa disebut dengan Anime Jepang. Yang menceritakan sekumpulan 5 persahabatan anak-anak dan salah satunya ada robot kucing yang berasal dari masa depan, dikirim ke masa lalu untuk menemani Nobita.

Gak asing kan dengan serial doraemon sendiri, bisa dibilang serial ini sudah cukup tua umurnya, mulai dari jaman orang tua kita masih kanak-kanak serial ini sudah ada. Tapi disini ada satu hal yang unik, yang membuat penonton secara tidak sadar dengan keberadaan benda satu ini.

Dan berikut kisah dibalik pipa beton kaya proyek mangkrak tersebut

Di serial doraemon, terdapat pipa beton bertumpuk di lapangan yang dipakai bermain oleh mereka, seolah seperti proyek mangkrak, dan ternyata ada kisah dibalik pipa beton tersebut.

Pipa beton ini, yang menumpuk di halaman pada serial doraemon, ternyata mempunyai kisah asli atau fakta yang pernah terjadi di Negara Jepang pada masanya sebelum Jepang seperti sekarang. Hal ini membuat banyak orang berspekulasi, apakah pipa beton bertumpuk tersebut merupakan pipa yang berasal dari proyek mangkrak? Atau emang sengaja ?

Ternyata pipa beton ini memang benar berasal dari proyek yang terjadi pada Jepang ketika masih krisis ekonomi yang pada masanya mengalami kelabilan. Pipa beton ini sendiri juga merupakan gambaran dari adanya perang dunia ke 2.

Jadi pada saat perang dunia ke 2, kala itu perekonomian Jepang sedang labil, alhasil banyak dari berbagai negara menyumbang bantuan berupa infrastruktur, tidak luput juga Amerika Serikat juga turut membantu dengan mengirimkan pipa-pipa beton tersebut.

Pada tahun 60an, pemerintahan Jepang sendiri, mempunyai rencana ingin menggunakan pipa beton tersebut sebagai bahan untuk membuat saluran pembuangan air. Alhasil sebelum dipakai, pipa tersebut diletakkan terlebih dahulu di halaman rumah-rumah penduduk.

mangkrakKarena hal itu, pipa-pia beton tersebut akhirnya digunakan oleh anak-anak jepang sebagai tempat bermain. Lambat laut akhirnya perekonomian Jepang mengalami kestabilan dan perbaikan infrastruktur di Jepang mulai merata, dan tak lama pun pipa beton yang semula di halaman rumah, sudah tidak terlihat lagi.

Hal ini sudah dikonfirmsai juga oleh pengarang serial doraemon sendiri, yaitu Fujiko Fujio. Bahwa dia memang ingin mengadaptasikan hal unik dibalik pipa tersebut, pada saat serial doraemon di rilis pertama kalinya, pada 12 Desember tahun 1969.

Jadi itulah cerita dibalik pipa beton yang ada di serial doraemon, yang selama ini ada di kartunnya. Emang sih sekilas seperti proyek mangkrak, tetapi faktanya ada cerita dibalik pipa tersebut.

Eits gak cuman itu saja nih, banyak hal unik dan penuh cerita misteri di serial doraemon, seperti salah satunya rumah nobita, yang ternyata rumahnya ada beneran di jepang. Banyak hal menarik lainnya selain itu ya, tentunya salah satunya artikel yang ada di situs papanbaca, banyak artikel menarik untuk kamu, yuk kepoin ya.

21 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *