Nulis Travel Hutan Pinus Mangunan: Harga Tiket dan Lokasi

Hutan Pinus Mangunan: Harga Tiket dan Lokasi

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer di kota Yogyakarta. Tempat yang sangat cocok untuk menikmati keteduhan sambil melepaskan lelah. Ditambah banyaknya fasilitas yang membuat pengunjung semakin nyaman dan betah berlama-lama dibawah rerimbunannya.

Sebagai salah satu kawasan resort pengelolaan hutan yang terletak di kawasan Mangunan. Tempat dari hutan pinus ini tidak jauh dengan situs makam Imogiri. Sehingga kadang orang menyebutnya sebagai hutan pinus Imogiri meskipun datanya bukanlah di daerah Imogiri.

Dengan luas daerah sekitar 500 Ha, hamparan pepohonan pinus yang asri dan jauh dari pencemaran lingkungan ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Untuk dijadikan obyek wisata yang berbasis wisata alam dengan berbentuk perjalanan wisata ke lingkungan yang alami dengan tujuan menjaga kelestariannya.

Menawarkan suasana alami yang cukup asri dan segar, jauh dari polusi udara. Sangat cocok digunakan untuk berwisata bersama keluarga. Namun sebaiknya tidak datang disaat musim hujan, selain tanahnya licin juga mengantisipasi ketika hujan mendadak turun.

Kisah Hutan Pinus Mangunan Yang Menjadi Daya Tarik Wisata

Pada awalnya hutan ini adalah tanah yang tandus akibat adanya eksploitasi terhadap kayu-kayu yang besar beberapa tahun yang lalu. Kemudian tindakan reboisasi yang mengembalikan keasrian tanah ini menjadikannya lebat kembali dan menjadi salah satu destinasi wisata yang hits.

Di kawasan hutan wisata ini tidak hanya berisi tanaman pinus saja menskipun namanya adalah Hutan Pinus Mangunan. Namun juga terdapat banyak pepohonan lain seperti akasia, kemiri, mahoni dan kayu putih. Tanaman-tanaman tersebut tumbuh subur bersamaan dengan pepohonan pinus yang menjadi destinasi wisata.

Di sekitar Hutan Pinus Jogja ini memiliki sumber mata air Bengkung yang juga disebut sebagai tempat pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Banyak pula pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini karena bertujuan untuk datang ke Mata Air Bengkung ini. Berdasarkan sejarah rupanya tata air Bengkung ini adalah peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1925 sampai dengan tahun1930.

Untuk sampai di sumber air ini, bisa dicapai dengan trekking dari tempat parkir dan menembus hutan yang cukup lebat. Kemudian dapat melanjutkan ke jalur Outbound Watu Abang. Atau bisa juga melewati jalan melingkar yang lebih mudah dilalui dengan sepeda motor daripada mobil.

Pesona Hutan Pinus Mangunan Yang Memikat Wisatawan

Hutan Pinus Mangunan Jogja
instagram.com/marindraefendhi012

Hutan Pinus Mangunan yang termasuk dalam jajaran destinasi wisata yang populer di daerah Jogja. Sehingga sangat sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke wilayah wisata Mangunan ini. Foto-foto yang instagramable banyak bertebaran di jagad maya dengan mengambil latar belakang pemandangan pohon pinus di hutan ini.

Hal ini menjadikan banyak orang yang penasaran dengan kondisi aslinya untuk berkunjung. Meskipun banyak sekali spot selfie yang menarik namun beberapa spot paling ikonik adalah sebagai berikut:

1. Selfie Dengan Latar Belakang Hutan Pinus Yang di Selimuti Kabut

Datang pagi-pagi sekali ke area wisata Hutan Pinus Mangunan adalah hal yang sangat menguntungkan. Karena anda akan menemukan suasana unik dan khas yang tidak ada bandingannya. Pepohonan pinus tidak terlihat jelas karena diselimuti kabut yang tebal.

Pamandangan indah dan unik ini sangat cantik saat dijadikan latar selfie yang khas. Maka mengambil gambar disini, foto yang dihasilkan tidak akan menjadi gambar yang biasa saja meskipun tanpa editan grafis.

2. Mengambil Gambar di Atas Hammock

Foto diatas hammock merupakan salah satu gaya foto hits di kalangan anak muda masa kini. Dengan latar belakang hutan pinus yang rindang, dan hammock berwarna-warni yang kontras dan diikat diantara dua pohon. Sungguh pemandangan yang sangat indah dan instagramable. Rupanya spot ini menjadi salah satu tempat favorit pengunjung.

Saat sudah merasa kelelahan menyusuri hutan pinus, hammock ini juga dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat sembari menikmati keindahan alam. Apalagi menyewa hammock disini harganya masih relatif murah. Dengan membayar uang sewa sebesar Rp 10.000,- anda sudah dapat bersantai sambil tiduran, serasa diusap semilir angin dan menikmati teduhnya pepohonan.

3. Bangku-Bangku dan Panggung Pertunjukkan Yang Terbuat Dari Kayu

Sebagai tempat wisata hits yang selalu ramai pengunjung, pengelola terus mengembangkan fasilitas yang ada agar membuat pengunjung semakin betah. Tak heran kalau banyak sekali hal yang dapat dinikmati di tempat ini saat berlibur dan menghabiskann waktu di kawasan Hutan Pinus Mangunan ini.

Seperti panggung terbuka yang didedikasikan sebagai ruang teater, ruang sastra dan juga ruang untuk pagelaran musik. Sangat lengkap untuk menghibur siapapun yang datang ke tempat ini untuk berlibur sambil menikmati alam.

Pangung yang dibuat dari kayu dan dikelilingi oleh bangku-bangku unik yang membentuk setengah lingkaran. Sehingga semua pandangan penonton akan lebih fokus mengarah ke panggung pertunjukan yang ada agak ke bawah.

Anda dapat mengambil gambar di area panggung ini, dan menghasilkan gambar yang unik, juga instagramable. Cocok juga untuk dijadikan latar pengambilan foto prewed yang romantis di atas panggung.

4. Mengambil Gambar di Taman Bunga Hutan Pinus

Tak kalah dengan tempat wisata lainnya, Hutan Pinus Mangunan juga memiliki sebuah taman bunga yang indah. Yang menjadi spot foto incaran para pengunjung yang datang, baik bersama rombongan maupun bersama pasangan.

Mengambil gambar dengan latar belakang bunga-bunga yang bermekaran diantara pohon pinus yang menjulang tinggi, sangatlah menarik. Sehingga untuk berfoto di spot yang cukup instagramable ini kerap mengantri di saat hari libur dimana pengunjung cukup ramai.

5. Pemandangan Menawan Pohon Pinus Dilihat dari Bawah

Pemandangan unik lainnya yang tak kalah menarik dari spot selfie yang lainnya adalah pemandangan hutan pinus dari bawah. Nuansanya cukup berbeda dengan melihat hutan pinus ini dari atas, karena ketika dilihat dari bawah akan terlihat pola unik yang terbuat dari ujung pohon pinus.

Bahkan foto pemandangan hutan pinus dari bawah inilah yang menjadikan Hutan Pinus Mangunan menjadi terkenal. Itulah sebabnya jangan lupa membawa perangkat memotret terbaik yang anda miliki saat berkunjung ke tempat ini.

6. Melihat Pemandangan dari Atas Rumah Pohon

Gardu pandang yang berupa rumah pohon adalah ciri khas yang ada di Hutan Pinus Mangunan ini. Menjadi spot foto unik yang cukup instagramable, juga tempat untuk menikmati indahnya bentang alam dari ketinggian.

Rumah pohon yang ada di kawasan wisata ini juga merupakan obyek foto yang sangat keren. Anda dapat mengambil gambar dengan naik ke atas rumah pohon dan mengambil pose terbaik anda. Namun harus tetap berhati-hati karena belum tersedia pengaman khusus yang menjamin keselamatan anda.

7. Mengambil Gambar Saat Matahari Terbit

Keindahan matahari pagi di tempat ini sangatlah indah, ditambah udaranya yang segar dan sejuk. Membuat pengunjung merasakan kedamaian dan ketenangan hidup, suasana yang sulit ditemukan di tengah hiruk pikuknya perkotaan.

Panorama indah sinar matahari pagi yang menerobos diantara pepohonan pinus, menciptakan pemandangan yang sangat eksotis. Terlihat cerah saat cuaca sedang mendukung, tidak sedang mendung ataupun gerimis. Mengambil latar pemandangan seperti ini hasilnya juga akan terlihat eksotis.

8. Berkemah dan Menghabiskan Malam Ditengah Hutan Pinus

Kalau anda adalah pecinta alam sejati dan sangat suka camping di alam terbuka yang masih alami maka anda dapat mencoba menghabiskan waktu di tempat ini. Karena ada sebuah lokasi yang disediakan secara khusus sebagai camping ground dengan tenda yang bisa disewa. Juga dilengkapi dengan persewaan jeep wisata yang dapat digunakan untuk melakukan offroad di sekeliling lokasi dengan cara menyewanya.

Demikianlan beberapa spot foto menawan dari Hutan Pinus Mangunan yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Apalagi keadaan hutan ini sangat mirip dengan lokasi syuting beberapa film Hollywood yang terkenal sehingga banyak juga pengunjung yang datang khusus untuk hunting foto.

Juga dilengkapi dengan berbagai photo session dan atraksi wisata membuat kawasan ini semakin populer di jagad maya. Untuk berswafoto maupun foto prewed, semua spot yang ada di Hutan Pinus Mangunan sangat keren untuk dijadikan latar.

Rute dan Lokasi Hutan Pinus Mangunan

Lokasi Hutan Pinus Mangunan
instagram.com/arundina.putriay

Kalau anda tertarik untuk datang dan menghabiskan liburan bersama keluarga ke Hutan Pinus Mangunan ini, maka anda dapat dengan mudah utuk mencapainya. Karena rutenya cukup mudah diikuti oleh siapapun baik dengan bertanya atau dengan berpedoman pada Google Map.

Lokasi hutan pinus ini dapat ditempuh sekitar 30 menit saja dari pusat kota Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kalau dihitung jarak dari Jogja sekitar 24 kilometer saja.

Namun sayangnya belum ada rute khusus angkutan umum yang trayeknya ke tempat wisata ini, meskipun sudah cukup populer. Sehingga anda harus menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil untuk berkunjung, bisa juga dengan menggunakan ojek online baik motor maupun mobil.

Ketika anda datang dari arah kota Jogja anda dapat langsung ke jalan Imogiri timur, arah menuju makam raja-raja. Kemudian setelah menemukan pertigaan anda bisa memilih jalan yang belok ke arah kanan yang menuju kawasan wisata mangunan.

Kemudian setelah sampai di Mangunan harus belok ke arah kiri yang akan menuju ke arah makam raja-raja Imogiri. Setelah itu di pertigaan belok kanan ke arah Hutan Pinus Mangunan, dari sini anda tinggal berpedoman pada papan petunjuk arah yang tersedia.

Baca Juga : Kebun Buah Mangunan

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Mengetahui tiket masuk yang diperlukan sebelum berkunjung ke sebuah lokasi wisata adalah hal yang sangat penting. Karena dapat digunakan untuk memperkirakan budget yang diperlukan untuk datang sehingga tidak akan kebobolan.

Namun anda tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam, karena untuk masuk ke lokasi wisata ini belum dikenai tiket alias masih gratis. Biasanya hanya dikenai tarif parkir saja dengan harga Rp. 3.000,- rupiah untuk motor, Rp. 10.000.- untuk mobil dan Rp. 20.000,- rupiah untuk bus.

Begitu juga ketika anda ingin membuat acara atau sebuah foto prewed di tempat ini. Kabarnya tidak dipungut biaya yang mahal, hanya sekitar Rp. 50.000,- saja untuk tarif prewed. Namun anda perlu meminta izin keramaian dahulu kepada aparat setempat.

Tips Yang Wajib Diperhatikan Saat Berkunjung Ke Hutan Pinus Mangunan

Memang destinasi wisata Hutan Pinus Mangunan ini sangat menyenangkan untuk digunakan sebagai tempat refreshing dan menghabiskan waktu. Baik dengan keluarga, maupun dengan orang-orang terdekat, namun sebelum menikmati liburan asyik di tempat ini alangkah baiknya memperhatikan tips-tips berikut ini.

1. Datanglah Pada Hari-hari Biasa, Jangan Di Hari Libur

Oleh karena kawasan Hutan Pinus Mangunan ini sedang sangat populer, dan menjadi tujuan wisata banyak orang. Maka pada hari libur dan weekend akan dipenuhi pengunjung sehingga sangat ramai. Yang akan mengurangi kenyamanan anda dalam menikmati suasana dan pemandangan.

Itulah sebabnya disarankan datang di saat hari sedang sepi atau hari-hari biasa, ini karena tidak terlalu ramai sehingga anda bebas menikmati semua fasilitas yang ada dan mendapatkan spot foto keren dengan lebih tenang.

Waktu terbaik untuk datang berkunjung ke Hutan pinus Mangunan ini adalah di pagi hari ketika cuaca sedang cerah. Kira-kira pada waktu pagi pukul 06.00 – 10.00 WIB dan sore hari pukul 15.00 – 18.00 WIB. Sehingga suasana tidak panas dan spot foto terbaik akan didapatkan dengan mudah.

2. Gunakan Kendaraan Pribadi Dengan Kondisi Baik

Karena lokasi alam ini jalanannya tidak terlalu mulus meskipun dapat dilalui berbagai kendaraan. Maka sebaiknya memastikan bahwa kondisi kendaraan yang akan dipakai dalam kondisi yang benar-benar baik. Terutama dari segi mesin, fungsi rem dan berbagai fungsi vital lainnya.

Lokasinya sangat jauh dari pemukiman sehingga ketika ada kerusakan yang tidak terduga akan kesulitan menemukan bengkel. Itulah sebabnya bahan bakar juga harus diisi full tank agar tidak mendapatkan masalah kehabisan bahan bakar saat disana.

3. Mentaati Peraturan di Hutan Pinus Mangunan

Ketika datang berkunjung ke suatu tempat yang harus kita perhatikan salah satunya adakah mentaati peraturan dan adat istiadat yang berlaku. Menghargai peraturan akan membuat anda terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Menjaga lingkungan alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Membawa kantong sampah sendiri untuk membawa pulang kembali sampah yang dihasilkan adalah tindakan yang terpuji. Jangan lupa untuk tidak mencorat-coret pohon pinus dan merusak tanaman adalah salah satu tindakan pelestarian lingkungan.

4. Bawalah Kamera Dengan Kualitas yang Bagus

Saat berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk membawa kamera yang bagus sebagai perangkat untuk mengambil gambar agar hasilnya keren. Sehingga cukup sepadan dengan perjuangannya menyusuri jalanan dengan medan yang cukup terjal.

Selain itu meskipun sudah ada beberapa fasilitas warung makan yang menyediakan banyak menu. Sebaiknya tetap membawa bekal makanan dan minuman agar tidak kehausan saat berada di area yang cukup jauh dari warung.

7 Wisata Paling Hits Dekat Hutan Pinus Mangunan

Tak hanya spot pemandangan kota Jogja yang sangat menarik dari kawasann dataran tinggi Hutan Pinus Mangunan saja yang dapat kita nikmati. Kalau beruntung anda dapat melihat pemandangan unik Geopark Gunung Sewu yang hijau membentang di kejauhan.

Karena Hutan Pinus Mangunan ini adalah area yang luas dan berdekatan dengan berbagai spot wisata lain yang menawan, Pastinya akan sangat rugi ya kalau datang tanpa mengunjunginya sekaligus. Nah agar bisa sekalian datang maka dibawah ini adalah 7 referensi terbaik dan terhits di Jogja.

1. Kawasan Puncak Becici

Di dekat kawasan Hutan Pinus Mangunan terdapat bukit-bukit yang juga dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Mengedepankan wisata alam dengan berbagai fasilitas sederhana yang unik dan kekinian, Puncak Becici hadir menambah panjangnya destinasi wisata Jogja.

Bahkan sudah pernah dikunjungi oleh presiden Obama, membuat puncak Becici ini menjadi semakin populer. Dapat diakses dengan menempuh perjalanan berkendara sekitar 15 menit saja dari Hutan Pinus Mangunan. Menawarkan spot terbaik untuk pemandangan sunset dan sunrise dari ketinggian.

2. Kawasan Bukit Panguk

Pemandangan eksotis dari Bukit Panguk inilah yang menjadi incaran para pengunjung yang datang. Karena dari ketinggian anda dapat melihat hijaunya Geopark Gunung Sewu yang di tengah-tengahnya mengalir sungai Oya dengan warna Tosca. Pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati dikala lelah.

3. Hutan Pinus Pengger

Hutan pinus ini jaraknya tidak terlalu jauh dari Hutan Pinus Mangunan, kira-kira 4 kilometer saja. Masih berada dalam satu kawasan, berbagai ornamen maupun fasilitasnya juga hampir sama. Ada ayunan, pendapa dan berbagai spot foto yang instagramable dan kekinian.

4. Bukit Mojo

Bukit Mojo ini letaknya tidak terlalu jauh, kira-kira hanya 2 kilometer saja. Pemandangan yang dapat dilihat kurang lebih sama dengan pemandangan di bukit Panguk. Dengan duduk di berbagai anjungan yang dibangun warga, dapat melihat pemandangan sungai Oya yang sangat cantik.

5. Tebing Watu Mabur

Kata watu mabur dalam bahasa jawa artinya adalah batu terbang, meskipun di tempat ini tidak ditemukan batu yang terbang. Namun pemandangan dari sini sangat menarik, dan keren untuk dijadikan latar belakang pengambilan gambar. Selain itu juga dilengkapi dengan area camping yang dapat menampung banyak tenda.

6. Bukit Watu Lawang

Bukit Watu Lawang ini juga memiliki pemandangan yang cukup seragam dengan bukit Panguk dan Bukit Watu Mabur. Terletak di sebelah barat Kebun Buah Mangunan, tempat ini memiliki arti batu pintu yang diambil dari bahasa Jawa.

7. Kebun Buah Mangunan

Kebun buah inilah yang paling terkenal di kawasan Wisata Mangunan. Memiliki pemandangan yang sangat indah dengan banyak fasilitas spot selfie yang menarik. Namun di tempat ini tidak banyak terdapat pohon buah-buahan seperti namanya. Melainkan hanya beberapa pohon rambutan dan belimbing.

Itulah beberapa destinasi wisata lain yang dapat dikunjungi sekalian saat berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan. Sehingga anda tidak akan merasa rugi karena sudah jauh-jauh datang ke kawasan wisata alam ini. Karena semuanya memiliki keunggulan dan spot menarik yang berbeda-beda.

Semoga beberapa referensi tadi dapat memberikan pencerahan bagi anda saat ingin berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan. Menikmati keindahan alam yang sudah diberikan oleh sang Pencipta untuk menenangkan pikiran.

44 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.