Nulis Travel Hutan Pinus Pengger: Info Tiket dan Lokasi

Hutan Pinus Pengger: Info Tiket dan Lokasi

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger adalah salah satu destinasi wisata hutan pinus yang cukup populer di Jogja. Menghadirkan suasana hutan yang khas dan sejuk membuat banyak orang menyukainya untuk melepaskan penat dan kegelisahan.

Meskipun masih kalah pamor dengan hutan pinus Mangunanan yang pernah dikunjungi oleh mantan presiden Amerika, Barack Obama. Namun pesona hutan Pinus Pengger tidaklah kalah dibandingkan dengan hutan yang dijadikan tempat Stand Up Bhinneka Tunggal Tawa ini.

Bahkan jumlah wisatawan yang datang semakin hari semakin bertambah, terutama di hari sabtu dan minggu serta hari-hari libur. Ini karena berbagai wahana dan fasilitas yang tersedia sangat memuaskan pengunjung, dan juga memiliki spot foto yang sangat instagramable.

Pesona Hutan Pinus Pengger Dlingo Yang Memikat

Kesejukan khas hutan dataran tinggi, diiringi aroma getah pinus yang wangi segar khas menimbulkan suasana eksotis yang unik. Ditambah lagi dengan pemandangan indahnya kota Jogja dari ketinggian yang akan menghiburmu saat menikmati suasananya.

Meskipun tidak terlalu jauh dari kota, namun pemandangannya yang masih alami menjadi solusi bagi kaum muda Jogja untuk melepaskan kepenatan. Menyusuri jalanan setapak dibawah naungan pepohonan pinus yang menjulang, membuat hati terasa damai dan tenang.

Pinus Pengger Jogja
instagram.com/kha_1601

Selain jalanan setapak yang menanjak dan berbukit-bukit, terdapat beberapa anak tangga tanah yang menambah kecantikan pemandangan hutan ini. Namun, saat musim hujan sebaiknya berhati-hati saat melewati tangga ini karena menjadi licin.

Hutan Pinus Pengger Dlingo menjadi lebih ramai pengunjung saat musim kemarau, karena banyak orang yang mencari kesejukan dibawah rindangnya pepohonan. Berbeda saat musim hujan karena jalanan menjadi becek dan licin sehingga banyak yang memilih tempat lain untuk berlibur.

Karena banyak orang yang senang menikmati suasana yang teduh, pengelola hutan ini menyediakan penyewaan hammock. Tempat tidur gantung dari kain yang diikatkan diantara dua pohon. Sehingga bisa berbaring sembari ditiup angin sepoi-sepoi sampai ketiduran sungguhan.

Lokasi Hutan Pinus Pengger Dlingo

Lokasi Hutan Pinus Pengger tidak jauh dari kawasan hutan Mangunan. Sehingga rute untuk mencapainya pun tidah jauh berbeda. Tepatnya di jalan Dlingo-patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo di kabupaten Bantul. Aksesnya juga sangat mudah, bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewa.

Karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari kota Jogja kira-kira 25 KM, sehingga tidak sampai satu jam perjalanan kamu sudah berada di pinus pengger ini. Dengan catatan jalanan sedang lancar dan tidak terjebak macet saat sedang menuju kesana.

Pengunjung dapat menggunakan empat rute, bisa dipilih rute yang paling dekat dengan posisi. Rute tersebut adalah Jl. Wonosari, Jl. Pleret – Pathuk, Jl. Dlingo-Patuk dan Jl. Pleret-Patuk. Ketika bingung kamu bisa memanfaatkan bantuan Google Maps agar tidak kesasar.

Berdasarkan pengalaman, yang paling mudah dilewati adalah melewati jalan Wonosari. Mengikuti jalannya yang lurus terus sampai ke bukit Bintang. Setelah itu kamu bisa mengambil jalan menuju Gunung Api Purba dan ke arah kanan sampai ke Jl Raya Pathuk-Dlinggo.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Jika kamu memutuskan berkunjung ke Hutan Pinus Pengger untuk harga tiket masuknya tergolong sangat murah, cukup dengan hanya Rp. 5.000 saja kamu sudah bisa menikmati berbagai spot foto yang tersedia disini.

Namun untuk kamu yang berkunjung pada malam hari, pada beberapa spot foto sudah ada jasa fotografer yang siap mengabadikan momen kamu bersama pasangan. Nantinya kamu bisa mendapatkan file foto tersebut hanya dengan membayar Rp. 4.000 per file.

Spot Foto Instagramable di Hutan Pinus Pengger Dlingo

Di era media sosial seperti sekarang, yang tak kalah penting bagi sebuah tempat wisata adalah spot fotonya yang instagramable. Meskipun tidak selalu di posting di media sosial instagram saja, namun poin ini cukup menjadi pertimbangan bagi pengunjung.

Memiliki segudang spot foto yang sangat menarik, Hutan Pinus Pengger juga dilengkapi fasilitas yang menjamin kenyamanan pengunjung. Seperti area parkir, tempat ibadah, food courd, area camping, jalur tracking, ayunan, gazebo, juga toilet.

Setiap spot foto yang dikembangkan pengelola bersama masyarakat sekitar memiliki arti yang berbeda-beda. Semua berdasarkan ide dari seniman yang sudah menghasilkan karya menarik ini untuk dinikmati pengunjung. Menjadi daya pikat yang membuat pengunjung ingin datang dan berswafoto disana.

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, kamu dapat mengulik dahulu beberapa spot foto paling instagramable dibawah ini:

1. Spot Foto Gapura Kayu

Spot Foto Gapura Kayu
instagram.com/uthaarafattha

Gapura kayu adalah salah satu spot unik yang disukai pengunjung untuk berfoto, dibuat dengan proses yang sangat rumit dan hati-hati dari ranting kering. Sehingga sangat wajar kalau hasilnya sangat memuaskan pengunjung yang berburu foto unik.

Gapura ini sangat cantik dengan bentuk atas yang melengkung seperti menaungi pengunjung yang berpose. Membuat gambar yang terlihat sangat indah saat diambil pada waktu malam hari, karena latar belakang yang berbeda.

2. Spot Foto Tangan Raksasa

Spot Foto Tangan Raksasa
instagram.com/lysabie

Tangan yang sangat besar dari ranting kering ini sangat disukai pengunjung untuk berswafoto, termasuk sebagai spot paling favorit. Pengunjung akan merasakan sensasi duduk diatas telapak tangan raksasa yang sedang menadah keatas.

Serunya lagi sembari mengambil beberapa gambar dari tangan ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Jogja dari atas ketinggian. Bisa juga mengambil gambar dengan latar belakang yang sangat estetik yaitu berhiaskan lampu-lampu kota Jogja pada saat malam hari.

3. Spot Foto Jembatan Kayu

Spot Foto Jembatan Kayu
instagram.com/papi_jogja

Meskipun pada umunya jembatan adalah sarana penyeberangan diatas sungai atau jalanan. Jembatan kayu yang satu ini hanya digunakan untuk berfoto saja. Dengan menghubungkan dua pohon pinus yang letaknya lumayan jauh, membuat tampilan jembatan ini terlihat alami seperti asli.

Banyak anak muda yang mengambil foto menarik di jembatan ini. Berbekal pose yang ciamik, tak jarang dihasilkan gambar yang cantik. Sehingga saat dibagikan di media sosial akan membuat iri teman-teman yang melihat dan tertarik untuk datang ke Hutan Pinus Pengger Dlingo ini.

4. Spot Foto Lubang Raksasa

Tak kalah unik dengan spot foto lainnya, lubang raksasa ini juga favorit para pengunjung yang senang dengan foto yang unik. Bagaimana tidak, karena hasil gambar saat berpose di lubang raksasa ini terlihat sangat keren. Karena pemandangannya langsung ke kota Jogja yang ramai dan indah dilihat dari atas.

Untuk mendapatkan gambar yang lebih instagramable sebaiknya berfoto disaat malam hari. Karena akan mendapatkan gambar dengan latar belakan kelap-kelip lampu kota Jogja yang menawan. Membuat hasilnya sangat menakjubkan meskipun tanpa editan.

5. Spot Foto Rumah Pohon Di Hutan Pinus Dlingo

Siapa yang masa kecilnya berkhayal ingin memiliki rumah pohon. Jangan khawatir, sekarang kamu bisa mewujudkannya dengan mengunjungi tempat ini. Dengan latar belakang kota Jogja di malam hari, kamu akan mendapatkan gambar yang sangat eksotis untuk di post di media sosial.

Termasuk salah satu spot paling favorit bagi pengunjung, rumah pohon ini sangat sayang untuk dilewatkan saat mengambil gambar. Sehingga di jam-jam ramai banyak orang yang rela mengantri hanya untuk berfoto disini.

Bagaimana, jadi tertarik bukan untuk berkunjung ke Hutan Pinus pengger Dlingo ini. Jangan lupa menyiapkan sepatu kets dan baju ganti saat berkunjung kesana. Agar lebih nyaman dan dapat menikmati semua wahananya dengan lebih leluasa.

48 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.