PAPANBACA Pengetahuan India Dikenal Cerdas Tapi Masih Negara Berkembang ?

India Dikenal Cerdas Tapi Masih Negara Berkembang ?

India merupakan negara yang masih berada di Kawasan Asia. Lebih tepatnya terletak di Asia Selatan, dengan jumlah penduduk yang sangat banyak kedua setelah jumlah penduduk dari Tiongkok, yakni dengan jumlah penduduk lebih dari satu miliar jiwa. Bahkan India masuk ke dalam salah satu negara terbesar dengan urutan ketujuh yang berdasarkan dari ukuran wilayah geografisnya.

Bahkan banyak yang bilang jika India adalah negara dengan kepadatan penduduk terbesar di dunia. Jadi gak heran ketika kita melihat negara tersebut dengan secara langsung, banyak sekali penduduk yang bisa ditemui. Di Negara India sendiri juga memeiliki beranekaragaman agama, budaya, dan lainnya. Tetapi mayoritas penduduknya sendiri kebanyakan beragama Hindu.

Kegiatan penduduknya juga gak jauh beda dengan kegiatan sehari-hari dengan penduduk Indonesia sendiri. Kegiatan utama dari mereka biasanya  pertanian,pertambangan,dan industri. Bahkan 50 persen lebih dari penduduknya bekerjanya di sektor pertanian. Dan nergar tersebut sendiri merupakan pengekspor beras terbesar dengan urutan nomor 2 di dunia serta negara penghasil rempah-rempah di dunia.

Meskipun begitu mereka sangat terkenal di dunia akan kecerdasan dan kepintarannya di bidang teknologi, baik itu bidang komputer ataupun bidang teknik contohnya teknik informatika. Bahkan orang India sendiri sudah banyak yang berkontribusi di bidang teknologi yang tersebar di berbagai negara. Bahkan di Amerika Serikat pun orang India sangat terkenal akan kecerdasannya. Sampai-sampai pekerja Start-Up yang terkneal banget di Silicon Valley kebanyakan adalah orang India.

Malahan ada yang menjadi CEO serta pendiri dari mesinpencarian terbesar di dunia yaitu Google. dan masih banyak lainnya yang menjadi CEO dari perusahaan-perusahaan teknologi terbesar di dunia. Ada yang jadi CEO Twitter, CEO adobe, CEO Microsoft dan masih banyak yang lainnya. Sampai-sampai Bill Gates angkat bicara “Negara India merupakan opsi kedua untuk belajar inovasi selain Tiongkok”.

Meskipun orang India terkenal cerdas banget, tapi kok masih jadi negara berkembang ? bukan jadi negara maju ?

Penduduknya Sangatlah Banyak

Iya betul jawabannya adalah karena pertumbuhan dan peningkatan penduduk di Negara India sendiri sangatlah banyak dan tiap tahun selalu meningkat. Seperti yang disebutkan diawal, kalau pertumbuhan penduduknya bisa sampai 1,4 milyar orang. Dan itu merupakan jumlah yang sangat banyak jadi gak heran kalau Negara India menjadi negara yang mempunyai kepadatan penduduk yang besar.

Apalagi di Negara India sendiri, seperti yang disebutkan diawal. Kalau disana sendiri sangat beragam, hampir semua jenis agama ada di sana dan mayoritas penduduk Negara India sendiri, mayoritasnya memeluk agama Hindu. Yang mana di sana mempunyai sistem stratifikasi sosial yang tertutup, dan hal ini lah yang masih menjadi masalah di Negaranya sendiri.

Sehingga dengan adanya stratifikasi sosial tersebut, berefk ke para penduduk yang mempunyai kasta rendah. Karena mereka yang mempunyai kasta rendah sulit untuk mendapatkan akses bisa merasakan dan duduk idbangku pendidikan yang tinggi. Dan hal itulah yang memberikan efek samping, menimbulkan ketimpangan sosial yang bisa dikatakan cukup lumayan tinggi di Negara tersebut.

Baca juga Alasan Orang India Jago di Bidang Teknologi dan Coding

Tapi di sisi lain dari Orang-orang India adalah semangat dan rasa pantang menyerahnya mereka. Meskipun adanya stratifikasi sosial yang membeuat mereka berkasta rendah tidak bisa atau sulit untuk mendapatkan bangku pendidikan yang tinggi. Mereka tidak ada kata menyerah dan berputus asa. Terlebih lagi kan di sana sendiri mereka selalu bersaing dalam hal apapaun, baik di bidang pendidikan ataupun bidang lainnya.

Mereka juga ketika melakukan sesautu pun, dilakukan dengan kerja keras dan kerja semaksimal mungkin. Karena mereka sendiri mempunyai prinsip, jika mereka tidak bisa dan tidak mengerjakan semaksimal atau sebaik mungkin, maka di esok hari akan tergantikan oleh yang terbaik. Jadi karena itulah mereka sangat gigih dan pantang menyerah.

Apalagi orang India sendiri merupakan orang-orang yang sangat mengutamakan yang namanya pendidikan dan ketika mereka bekerja, seperti disebutkan tadi, mereka akan bekerja dengan sangat maksimal. Sehingga karena hal itulah yang membuat nama orang India bisa dikenal dan menjadi harum di seluruh dunia. Buktinya sudah terlihat ada beberapa CEO dari perusahaan teknologi rata-rata adalah orang India, bahkan pekerja Start-Up pun juga sama.

Di Indonesia sendiri juga ada kok, orang India yang dulunya berasal dari sana kemudian merantau ke Indonesia. Bahkan karena sifat gigih dan pantang menyerahnya dia. Berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia, bernama  Sri Prakash Lohia. Dengan total kekayaan yang dia punyai sebesar US$5,6 miliar. Dan dia merupakan pengusaha sekaligus pemilik dari perusahaan yang bergerak di bidang petrokomia yaitu Indorama Corporation.

Nah bayangkan nih, entah di beberapa tahun yang akan datang. Negara India sudah bisa mengatasi problem tersebut dan memanfaatkan kecerdasan penduduknya yang sangat luar biasa. Hasilnya bisa menjadi Macan Asia nih. apalagi kalau Negara India sudah menjadi Macan Asia Bersama TIongkok sejak ribuan tahun yang lalu. Widiw gila banget nih, memang sih kalau kamu yang anak informatika sudah gak asiang ketika mengalami error pasti sering solve nya di channel youtube orang India. Keren nih, yuk biar lebih keren lagi baca artikel menarik di situs kami papanbaca agar pengetahuan kamu semakin luas.

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *