Nulis Travel Jatim Park 1: Tiket dan Beragam Wahana Menariknya

Jatim Park 1: Tiket dan Beragam Wahana Menariknya

Jatim Park 1

Tak hanya wisata yang bernuansa alam yang bisa diburu dari Kota Malang, wisata buatannya juga sangat memikat pengunjung. Salah satu yang paling populer adalah Jatim Park 1. Tempat liburan serta wisata edukasi yang dilengkapi dengan wahana yang akan disukai anak-anak hingga orang dewasa.

Selain beraneka wahananya, taman rekreasi ini juga terlihat semakin indah dengan pemandangan alam di sekitarnya. Meski bukan wisata alam, kamu akan tetap merasakan hawa sejuk yang berasal dari Gunung Panderman. Wisata buatan ini kerap dijadikan pilihan untuk berlibur bersama teman atau keluarga karena tempatnya cocok untuk semua kalangan.

Sekilas Tentang Jatim Park 1 Malang

Pada 2 Maret 2001, Jawa Timur (Jatim) Park resmi dibuka untuk umum oleh Hatta Rajasa selaku Menteri Negara Riset dan Teknologi. Pada saat itu, tempat wisata ini menjadi satu-satunya taman bermain terbesar di Malang.

Jatim Park 1 Malang

Seiring berkembangnya zaman, pihak Jatim Park terus melakukan perbaikan dan upgrade taman. Hingga tahun 2019 Jatim Park sudah bisa menghadirkan 53 wahana dengan berbagai jenis. Dan hingga saat ini, pihak pengelola selalu melakukan pemeliharaan dan perbaikan untuk memajukan taman bermain tersebut.

Upaya tersebut terbilang sukses, terbukti dari pegunjungnya yang selalu meningkat disetiap tahunnya. Terutama di saat weekend atau musim liburan sekolah, pengunjung tempat wisata ini selalu membludak.

Wahana Seru di Jatim Park 1

Pada awalnya taman bermain andalan Malang ini berdiri di atas lahan seluas 11 hektare. Namun karena antusias pengunjung tinggi, pihak pengelola melakukan pengembangan hingga 22 hektare dengan kapasitas pengunjung mencapai ratusan orang.

Dengan lahan seluas puluhan hektare itu, kamu bisa menemukan puluhan wahana yang tersedia di dalamnya. Beberapa wahana yang wajib kamu coba antara lain:

1. Sky Ride

Pemandangan alam di sekitar taman ini memang sayang untuk dilewatkan. Jadi pengunjung bisa memanfaatkan wahana Sky Ride ini untuk menikmati view indah. Dari atas Sky Ride kamu bisa melihat gugusan gunung-gunung, seperti Gunung Banyak, Gunung Arjuno, dan Gunung Panderman.

Pemandangan wahana-wahana lainnya juga terlihat dari atas Sky Ride, seperti wahana Waterboom, Volcano Coaster, dan wahana lainnya.

2. Supermen Coaster

Jatim Park 1 Batu juga menyediakan wahana yang memacu adrenalin, tapi tenang saja wahana ini tetap aman kok bagi pengunjung. Lintasan spidermennya tak hanya horizontal, tapi memutar ke bawah dan meliuk seperti gerakan ular.

3. Waterboom Science and Coaster Park

Bagi yang membawa anak-anak, wahana ini wajib untuk dicoba. Tak hanya anak-anak, wahana air ini juga cocok untuk remaja hingga dewasa. Pada wahana ini tersedia berbagai macam slide seluncuran, Salah satunya seluncuran dengan ketinggian mencapai 20 meter.

4. Pendulum 360 derajat

Mau wahana ektreme lagi? Kamu masih bisa mencoba wahana pendulum 3600 yang bisa bergerak 360 derajat dan siap memacu adrenalin pengunjung. Dengan kapasitas 13 orang, wahana ini mengajak kamu untuk berputar-putar layaknya gasing dan diputar secara vertikal-horizontal. Siapkan diri agar tidak mual ya!

5. Taman Sejarah

Tak heran jika Jatim Park 1 kerap menjadi pilihan study tour sekolah, karena di dalamnya tidak hanya berisi hiburan semata. Pengunjung juga bisa sekaligus menikmati wisata edukasi di dalamnya. Salah satunya dengan mengunjungi zona Taman Sejarah.

Taman Sejarah mengenalkan berbagai situs sejarah seperti miniatur candi dan berbagai arca yang ada disetiap sudut nusantara. Jadi anak-anak atau siapapun yang ingin belajar sejarah tidak akan terasa bosan.

6. Zona Playground

Keseruan lain di taman bermain ini adalah dengan adanya Zona Playground, zona yang paling digemari anak-anak atau orang dewasa untuk bersantai sejenak.

7. Dog Race

Wahana yang baru diresmikan pada bulan Mei 2019 ini juga berhasil menyedot perhatian pegunjung, khususnya anak-anak.

Wahana tersebut berbentuk seekor anjing yang panjangnya mencapai 12 meter dengan 10 tempat duduk di dalamnya, dan berkapasitas 20 orang. Pengunjung akan diajak berkeliling hingga 5 putaran dengan diiringi lagu-lagu daerah dan lagu nasional.

8. Zona Edukatif

Tak hanya wahana yang menantang, Jatim Park 1 Malang juga menyediakan Zona Edukatif yang berisi informasi tentang ilmu pengetahuan umum. Juga tersedia alat-alat peraga serta teknologi inovatif.

9. Zona Adventure

Cari hal-hal seru dan menantang, kunjungi saja zona adventure. Kamu akan disuguhkan berbagai macam wahana ekstrem yang cocok untuk memacu adrenalin. Zona ini lebih banyak dicoba oleh anak-anak muda.

10. Wahana Lainnya

Sebenarnya taman bermain ini masih menyimpan banyak sekali wahana di dalamnya yang harus kamu coba.

Beberapa wahana lain seperti Loop Coaster, Flying Torndao, Kerajaan Hantu, Froggy, Galeri Etnik, Taman Fisika, Sky Swinger, Volcano Coaster, Museum Tubuh, Zona Pasar, Pasar Wisata, Pasar Buah dan Hewan, serta masih banyak lagi wahana menarik di tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 dan Jam Operasional

Jatim Park ini memang memanjakan pengunjungnya dengan suguhan beragam wahana dan wisata edukasi di dalamnya. Oleh karena itu, kamu bisa mengajak keluarga atau teman-teman kapan saja dari Senin-Minggu mulai pukul 08.30-16.30 WIB.

Harga tiket masuknya (HTM) juga cukup terjangkau, kamu hanya perlu merogoh kocek sebanyak:

  1. Tiket Masuk Utama sebesar Rp. 85.000,- pada Senin-kamis
  2. Tiket Masuk sebesar Rp. 100.000,- pada Jum’at-Minggu
  3. Tiket Gokart sekitar Rp. 15.000,- per putaran
  4. Tiket Trampolin sekitar Rp. 10.000,- per orang
  5. Tiket Flying Fox sekitar Rp. 20.000,- per orang

Perlu diperhatikan! Pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan dan sudah di vaksin untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak berumur di bawah 12 tahun yang berkunjung juga ditemani orang tua yang sudah vaksin. Kabar baiknya untuk anak dengan tinggi tidak lebih dari 85 cm bebas dari biaya tiket.

Lokasi dan Rute Menuju Jatim Park 1

Bagi yang tidak ingin antri lama, kamu bisa booking tiket dahulu secara online di situs book.jtp.id atau langsung berkunjung ke Jalan Kartika No.2, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Kamu bisa berkunjung denga kendaraan pribadi maupun umum.

Jika kamu menggunakan transportasi umum, dari Stasiun Malang naiklah angkutan dengan kode ADL atau AL menuju terminal Landung. Lalu lanjutkan ke arah terminal Batu dengan angkutan berkode BTL atau BL agar bisa langsung turun di gerbang lokasi wisata.

Fasilitas Umum di Taman Wisata Jatim Park

Taman wisata ini termasuk salah satu objek wisata di Kota Batu yang memanjakan pengunjungnya dengan fasilitas lengkap. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Dotto Train dan Shuttle Car untuk berkeliling kawasan wisata
  • Kereta bayi dan kursi roda
  • Food court dan cafe
  • Hotel serta penginapan
  • Toilet, Mushola, area parkir, dan fasilitas lainnya

Dengan banyaknya wahana yang ada, rasanya tidak cukup sehari untuk berkeliling menjajal setiap sudut Jatim Park 1. Jadi jika waktu yang kamu miliki terbatas, kamu bisa memilih beberapa wahana saja yang paling menarik menurut kamu.

Selain Jawa Timur Park 1, kamu juga bisa mengunjungi Jatim Park 2 dan Jatim Park 3 yang lokasinya juga tidak terlalu berjauhan. Atau mencoba berkunjung ke wisata Malang lainnya seperti Batu Night Spectacular dan Malang Night Paradise.

57 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.