Nulis Travel Jatim Park 2: Museum Satwa dan Batu Secret Zoo Tiket

Jatim Park 2: Museum Satwa dan Batu Secret Zoo Tiket

Jatim Park 2

Setelah sukses dengan Jatim Park 1 dan Museum Tubuh, kamu bisa mencoba Jatim Park 2 dan Museum Satwa. Taman bermain ini juga tak kalah seru dari Jatim Park sebelumnya. Sesuai konsepnya yakni museum satwa, jadi di JatimPark 2 ini kamu akan menemui berbagai macam fosil dan kerangka hewan purba, hewan yang sudah punah, dan hewan-hewan lainnya.

Meski isinya museum, tapi pengunjung dijamin tidak akan merasa bosan. Karena selain desain interior musemnya yang menawan, kamu juga bisa lanjut untuk mencoba wahana lain yang seru dan memacu adrenalin. Apa saja yang akan kamu temukan di taman wisata ini? Yuk simak langsung ulasan berikut!

Sekilas Tentang Jatim Park 2 Malang

Wisata Jawa Timur Park ini resmi dibuka pada Juni 2010 lalu, dan diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Taman wisata yang dikelola oleh Jawa Timur Park Group ini berdiri di atas lahan seluas puluhan hektare.

Jatim Park yang kedua ini terdiri dari 3 area, yakni Museum Satwa, Screet Zoo, dan Eco Green Park. Di dalamnya terdapat fosil binatang purba, kebun binatang dan pengetahuan umum tentang hewan. Sehingga taman wisata ini cocok untuk digunakan sebagai wisata edukasi.

Dari luar kawasan, sudah terlihat kemegahan dari Museum Satwa yang mengusung gaya arsitektur Yunani klasik. Pilar-pilar raksasanya menambah kesan mewah dan elegan.

Wahana dan Zona Menarik di Jatim Park 2

Wahana Jatim Park 2

Selain beberapa zona dan atraksi tentang hewan, kamu juga bisa mencoba beberapa wahana menarik yang tersedia untuk anak-anak hingga orang dewasa. Berikut zona menarik dan wahana menantang di Jatim Park 2:

1. Museum Satwa

Begitu masuk ke museum ini, kamu langsung akan disuguhi kerangka Dinosurus besar yang tersusun lengkap dan berdiri di tengah-tengah hall. Di hall utama itu pengunjung akan melihat replika hewan-hewan dan terdapat ribuan spesies seranga yang terpajang rapi di museum tersebut.

2. Batu Secreet Zoo

Zona terluas dan paling beragam isinya di Jatim Park ini adalah Batu Screet Zoo. Lahan untuk zona Screet Zoo sendiri mencapai lebih dari 14 hektare dengan 10 area yang tersedia. Beberapa area di Screet Zoo Jatim Park 2 Malang antara lain:

  1. Area Tiger Land, berisi singa, harimau, puma, cheetah, dan hewan pemakan daging sejenisnya.
  2. Area Baby Zoo, area dimana anak-anak bisa ikut memberi pakan bayi-bayi hewan dan menyentuh langsung untuk hewan seperti keledai, kambing, dan hewan lain yang tidak berbahaya.
  3. Area Savannah, buat yang ingin menikmati suasana Afrika. Dengan lorong kaca, kamu bisa melihat rusa, zebra, dan hewan Afrika lainnya.
  4. Area Reptile, berisi hewan-hewan reptile seperti kura-kura besar, kadal besar, beragam ular, dan reptile lainnya. Lokasi Area Reptile berada di bawah tanah dan kandangnya berupa aquarium atau kandang kaca.
  5. Area Monkey World, berisi beragam jenis monyet yang berasal dari berbagai negara seperti Lemur, Mandril, Colobus, dan jenis lainnya. Kadang untuk Lemur menyerupai daerah Madagaskar, sehingga semakin memanjakan pengunjung.
  6. Area Monkey Island, berisi kera-kera kecil, Orang Utan, siamang, dan Gibbon Jawa. Disini Jatim Park 2 mengusung konsep pulau kecil sebagai habitat kera.
  7. Area Aquarium, berisi berbagai jenis ikan laut dan ikan air tawar yang berada di aquarium besar yang terletak di bawah tanah. Tersedia juga touch pool agar pengunjung bisa menyentuh ikan secara langsung.
  8. Nocturnal House, berisi trenggiling, tarsius, kinkajou, kuskus Sulawesi dan hewan nocturnal lainnya. Kandangnya juga didesain gelap dan mirip goa sebagai habitat para nocturnal, tapi pengunjung hanya bisa melihat dari pembatas kaca.
  9. Area Safari, berisi hewan-hewan Afrika. Pengunjung bisa menggunakan kereta Safari untuk berkeliling dan memberi makan hewan.
  10. Area Fantasy Land dan Happy Land, area favorit anak-anak karena terdapat wahana airnya. Miniatur kapal Nuh dan River Fantasy semakin melengkapi petualangan pengunjung.

3. Eco Green Park

Zona selanjutnya yang juga ramai dikunjungi di Jatim Park 2 adalah Eco Green Park. Selain menghadirkan berbagai jenis hewan, taman wisata ini juga menyimpan taman bunga yang indah dan suasana yang sangat sejuk. Perpaduan alam dan seni bisa digunakan sebagai media belajar yang menyenangkan.

4. Jelajah Lima Benua

Siap untuk keliling benua lebih jauh, di taman wisata ini kamu bisa merasakan suasana di benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Australia. Tak hanya anak-anak saja, remaja dan dewasa juga bisa ikut mempelajari pengetahuan umum tentang kelima benua tersebut.

Saat berkeliling, pengunjung akan diajak menggunakan kapal untuk melihat-lihat ciri khas dan keajaiban setiap benua. Pengunjung bisa menikmati replika rumah adat, hewan, pemandangan alam, bangunan khas, dan kebudayaan masing-masing benua.

5. Wahana Jungle Adventure

Berbeda dari wahana lain di Jatim Park 2 yang hanya bisa dinikmati dengan melihat-lihat saja. Wahana Jungle Adventure ini merupakan sebuah permainan seru dengan misi menjaga kelesetarian hutan.

Pengunjung akan diajak berpetualang menggunakan kereta asap dan dibekali dengan pistol sensor mainan untuk melindungi hutan dari para pemburu serta pencuri kayu. Melalui wahana ini, pengunjung bisa mengajarkan pada anak-anak belajar tentang lingkungan hidup sembari bermain.

6. Wahana Fantasy Land

Wahana ini cukup menantang namun tidak terlalu ekstrem, tapi demi keamanan wahana di Fantasy Land tidak diperuntukkan bagi anak yang tingginya di bawah 85 cm. Kamu tidak perlu membeli tiket lagi untuk mencoba wahana ini. Fantasy Land menyediakan wahana seperti ayunan gurita, komedi putar, ombak tsunami, kolam renang, dan lain-lain.

7. Wahana Rumah Hantu

Ingin mencoba uji nyali di Jatim Park 2? Kamu tidak perlu menunggu malam hari untuk mendapatkan suasana horor. Cukup masuk ke rumah hantu dengan gratis, kamu sudah bisa merasakan sensasi menyeramkan di lorong gelap.

Pada ruangan-ruangan yang dilalui akan muncul efek suara dan visual hantu. Untuk berkeliling rumah hantu, pengunjung bisa menggunakan kereta agar tidak mudah lelah.

8. River Adventure

Wahana ini sebenarnya ada di zona Screet Zoo. River Adventure merupakan petualangan seru dengan menyusuri sungai dengan perahu kecil. Pengunjung akan mengikuti derasnya arus dan menelusuri replika kapal Nabi Nuh. Di dalam kapal tersebut terdapat hewan-hewan yang selamat seperti kisah asli Nabi Nuh.

Harga Tiket Masuk Jatim Park 2 dan Jam Operasional

Tidak perlu hari libur untuk mengunjungi taman wisata ini, karena Museum Satwa dan zona lainnya selalu buka setiap hari. Kamu bisa datang dari pukul 08.30-16.30 WIB. Adapun untuk harga tiket masuknya terdiri dari beberapa paket:

  • Paket Reguler Jatim Park + Eco Green Park sekitar Rp. 150.000 saat weekend
  • Tiket Jatim Park + Eco Green Park sekitar Rp. 110.000 saat weekday
  • Tiket Batu Screet Zoo + Museum Satwa sekitar Rp. 120.000 saat weekend dan Rp. 110.000 saat weekday
  • Tiket ke Eco Green Park sekitar Rp. 65.000 saat weekend dan Rp. 50.000 saat weekday
  • Paket Sakti sekitar Rp. 375.000 untuk kesemua tempat dan berlaku 2 hari
  • Paket Super Sakti sekitar Rp. 450.000 untuk semua area selama 3 hari

Lokasi dan Rute Menuju Jatim Park 2

Taman bermain yang dikelola Jawa Timur Park Group ini berada di Jalan Oro-oro Ombo No.9, Desa Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Lokasinya juga berada tak jauh dari objek wisata lain seperti Museum Angkut, Jatim Park 1, dan Batu Night Spectacular.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, dari alun-alun kota Batu jalan ke arah Jalan Diponegoro. Kemudian jalan terus menuju Jalan Oro-oro Ombo. Sedangkan bagi yang menggukana angkutan kota dari terminal Arjosari carilah angkutan kode ADL/AL menuju Landungsari.

Setelah itu gunakan angkutan yang berkode BJL menuju Kota Batu. Angkutan kode inilah yang akan mengantar hingga depan gerbang Jatim Park.

Fasilitas Umum di Jatim Park 2

Fasilitasnya juga tak kalah lengkap dari Jatim Park 1, taman wisata ini juga menyediakan fasilitas seperti tempat beribadah, toilet, pusat oleh-oleh, area food court, charging station, e-bike station, baby care area, dan masih banyak lagi.

Bagaimana apakah cukup berkeliling satu hari di Jatim Park 2? Jangan lupa untuk selalu mematuhi prokes ya. Tunjukkan juga sertifikat vaksin melalui scar QR aplikasi PeduliLindungi.

54 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.