PAPANBACA Industri Jenis Excavator Yang Sering Dipakai Di Pertambangan

Jenis Excavator Yang Sering Dipakai Di Pertambangan

Excavator salah satu alat berat yang sering dipakai untuk proses konstruksi dalam suatu pembangunan. Selain itu juga sering dipakai pada sektor-sektor pertambangan, baik itu pertambangan batu bara, pertambangan emas, dan lainnya.

Jika diperhatikan bentuk dari berbagai excavator hampir memiliki bentukan yang sama. Faktanya di lapangan mempunyai beberapa jenis, dan fungsinya sendiri juga berbeda-beda.

Berikut jenis-jenis excavator yang sering dipakai di area sektor pertambangan

1. Backhoe Excavator

Kalau di keseharian orang lokal, alat berat satu ini sering disebut dengan Bego, eits hal itu juga terdapat cerita dibalik alasan kenapa disebut bego oleh orang lokal.

Terkadang juga disebut dengan Crawler Excavator, sering banget dipakai, karena  jenis ini sendiri masuk dalam kategori yang paling standart diapakai di berbagai proyek. Alat berat yang satu ini dipakai ketika medan yang tidak rata, soalnya roda penggerak dari jenis ini menggunakan rantai.

2. Long Arm Excavator

Untuk yang jenis ini, secara bentuk maih tidak jauh, tapi ada perbedaan pada armnya yang mana di sebelumnya lebih pendek, dan ini lebih panjang.

Untuk jenis ini sendiri memiliki jangkauan sekitar 30 meter untuk panjang armnya. Sangat sering dipakai untuk melakukan penggalian dengan area yang luas dan sulit dijangkau. Biasanya dipakai untuk membuat parit, menormalisasai saluran air dan sebagainya.

3. Shovei Excavator

Kalau yang satu ini, bentukannya lebih besar dari sebelumnya. Kalau yang jenis ini sendiri mampu melakukan penggalian lebih baik daripada lainnya. Makanya banyak pertambangan yang memakai jenis ini untuk menggali wilayah tambang.

4. Dragline Excavator

Jenis yang satu ini lebih sering dipakai untuk menggali tanah seta memuatkan pada lat-alat angkut sepert dump truk yang nantinya di antar ke tempat penimbunan material tambang. Pad umumnya jenis ini memiliki power shovel sampai dengan kapasitas 2.5 cu-yd, dan dapat diubah menjadi dragline, dengan cara melepaskan boom shovel kemudian diganti dengan boom dan bucket dragline.

 5. Bucket Wheel Excavator

Alat yang dipakai di sektor pertambangan dengan wilayah yang terbuka atau luas. Jenis ini mempunyai fungsi untuk melakukan pengerukan atau penggalian dalam skala yang lebih besar.

Kalau dilihat lagi jenis ini mirip dengan bucket-chain, tapi untuk jenis ini penggunaan rodanya memiliki banyak ember (bucket) pada sisi-sisinya yang digunkan untuk melakukan pengerukan secara bergantian.

Nah ternyata dalam dunia pertambangan excavator juga dipakai ya, dan juga dibutuhkan untuk kelangsungan proses pertambangan.

Tentunya engan menyesuaikan jenis dan fungsi yang dipakai dan dibutuhkan. menarik kan, terkait jenis-jenis excavator yang sering dipakai di pertambangan. Tentunya banyak artikel menarik lainnya yang ada di situs papanbaca.

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *