PAPANBACA Industri Bekas Tambang Bisa Jadi Wisata Eksotik

Bekas Tambang Bisa Jadi Wisata Eksotik

Bekas tambang, kalau kita mengenalnya pasti di benak kita, berdebu, tandus bahkan tidak bisa dikatakan dengan alam yang rusak atau semacamnya. Apalagi sektor pertambangan banyak sekali yang ada di Indonesia ini. Mulai dari tambang emas, mineral, batu bara dan sumber daya lainnya. Yang sekiranya bisa diolah menjadi bahan atau sumber tenaga.

Nah ketika lokasi pertambangan sudah berhenti atau sudah selesai, sudah gak ada yang diambil lagi, gak digunakan lagi, sebetulnya ada yang namanya tahap post tambang, seperti mengembalikkan seperti sedia kalanya alam. Tapi terkadang banyak juga masyarakat yang memanfaatkannya menjadi tempat wisata, karena bentuk atau tempatnya kelihatan mempunyai nilai eksotik dan daya tarik. Dan gak luput tentunya dengan keindahan yang menakjubkan.

Nah dibawah ini merupakan tempat wisata yang dulunya bekas tambang loh !!

1. Tebing Breksi

bekas tambangsumber gambar (@tebingbreksi_official/instagram)

Pertama ada yang namanya wisata tebing breksi. Tebing ini sangat populer sekali di Kalangan masyarakat Yogyakarta, bahkan masyarakat luar Yogyakarta juga loh. Di tebing ini terlihat begitu banyak pahatan yang berbentuk wayang. Jadi cocok deh untuk kamu yang sukanya eksis dan tempatnya instagramable banget.

Bahkan ada juga pahatan yang menyerupai bentuk dari naga, di bagian sebelah tangga naik keatasnya, sehingga karena hal tersebut, menambah keindahan di tebing tersebut. Tebing Breksi ini, dulunya adalah area bekas tambang yang dihentikan sekitar tahun 2014 karena dilarang oleh pemerintah. Ya ternyata meskipun bekas tambang, tapi keindahan yang terbentuk masih ada dan bisa kamu rasakan.

2. Bukit Jaddih

bekas tambangsumber gambar (@verosalvariz/instagram)

Di urutan kedua ada bukit bernama Bukit Jaddih. Bukit ini merupakan area penambangan batu kapur yang masih aktif, letaknya di daerah Bangkalan Madura Jawa Timur. Tapi beberapa area yang sudah tidak digunakan penambangan, dialihfungsikan menjadi tempat wisata yang menarik hati para wisatawan. Baik itu wisatawan dari daerah sekitar mauapun dari kota luar Madura.

Baik dari dalam Madura sendiri ataupun luar Madura. Soalnya terdapat keindahan genangan air berwarna biru, yang dikelilingi oleh bebatuan kapur. Sehingga memunculkan keindahan di area tersebut. Serta menjadi favorit dari para pengunjung tempat tersebut. Sekilas kalau terlihat dari jauh seperti tempat yang terbuat asli dari bebatuan.

3. Brown Canyon, Semarang

bekas tambangsumber gambar (@bertyjd/instagram)

Yang ketiga. Wisata yang kalau kita lihat-lihat, mempunyai kemiripan dengan daerah bebatuan Grand Canyon di Amerika Serikat. Brown Canyon sendiri juga sama loh yang terdiri dari bebatuan yang mirip dengan Grand Canyon Amerika. Coba deh kamu perhatiin, emang mirip dengan grand canyon di Amerika kan ?

Tempat ini merupakan bekas area pertambangan, yang sekarang dialihfungsikan menjadi tempat wisata yang begitu indah. Serta terdapat batu yang menjulang tinggi, seakan mirip dengan Grand Canyon. Ya kita anggap ini Grand Canyonnya Indonesia. Meskipun bekas tambang, tapi masih bisa kamu nikmati keindahan alamnya yang terbentuk.

4. Kandang Godzilla

sumber gambar (@idhayhidayat/instagram)

Di urutan keempat, Ada tempat wisata yang sama dulunya adalah area pertambangan pasir selama enam tahun. Letaknya di Tangerang, dan sekarang menjadi tempat wisata yang eksotik. Bahkan banyak disukai oleh para pengunjung baik sekitar wilayah tersebut maupun luar wilayah.

Ditambahi dengan tumbuhan yang tumbuh di tebingnya, menambah pemandangan menjadi eksotik. Serta banyak batu-batuan yang menjulang tinggi di sekelilingnya yang hampir mirip seperti godzilla berdiri. Gimana nih warga Tangerang sudah kesini belum ?

5. Ranu Manduro

sumber gambar (@ranumanduro_mojokerto/instagram)

Diurutan terakhir ada wisata Ranu Manduro. Tempat wisata yang satu ini letaknya di  Desa Manduro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Yang kemarin sempat menjadi buming pada awal 2020 lalu. Dengan padang rumput, bebatuan, serta pemandangn gunungnya, dan juga nuansa alamnya berasa banget.

Ranu Manduro juga sama dulunya adalah area penambangan. Hamparan rumput serta bebatuan dan adanya pemandangan gunung menjadikan tempat ini, menjadi tempat wisata yang eksotik banget. Dan sangat bisa untuk memanjakan mata ketika refresing, liburan, ataupun healing di kala weekend loh. Mau foto-foto juga bisa kok. 

Nah jadi itu tadi ya deretan wisata yang dulunya adalah bekas tambang !

Meskipun sudah dialihfungsikan menjadi tempat wisata yang begitu indah dan memanjakan mata. Kita sebagai penikmat juga tidak boleh lupa akan menjaga kelestarian dan kebersihan tempat tersebut ya. Agar keindahan selalu terjaga. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kalian dan memberikan inspirasi baru. Yuk baca artikel lainnya di situs nulis.net

9 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *