PAPANBACA Industri Karir lulusan Jurusan Teknik Perminyakan Bergaji Tinggi

Karir lulusan Jurusan Teknik Perminyakan Bergaji Tinggi

lulusan Jurusan Teknik Perminyakan prospek kerjanya apa ? terkadang bingung mau berkarir dimana, dan menjadi apa. Sebelum itu kita kenali jurusan ini. Sebetulnya Teknik perminyakan hampir sama dengan Teknik pertambangan, Yaitu sama-sama melakukan eksplorasi kekayaan yang ada di bumi. Tapi juga ada perbedaannya, Teknik Perminyakan, disini akan mempelajari penambangan fluida. Sedangkan Teknik Pertambangan lebih mempelajari ke penambangan mineral yang padat.

Jurusan ini bisa ditemukan di berbagai perguruan tinggi. Yang sering banget dikira dari jurusan ini, adalah ketika lulus atau sudah selesai kuliah. Kerjanya bakalan di perusahaan minyak, industri kilang minyak, dan lainnya yang berhubungan dengan minyak. Tapi nyatanya gak cuman berkutik di lingkungan perminyakan kok.

Nih beberapa Prospek Kerja lulusan Jurusan Teknik Perminyakan 

1. Geological Data Technician

lulusan Jurusan Teknik PerminyakanProfesi ini ini bisa kok untuk yang lulusan teknik perminyakan. Tugasnya berkutik pada bidang pengoperasian dan menyesuaikan alat dan peralatan yang akan digunakan untuk mencari dan mengumpulkan data geologi. Jadi cock utnuk kamu yang jurusannya teknik perminyakan. Bahkan dari luar jurusan tersebut juga bisa kok berkarir di bidang profesi satu ini.

Profesi ini sangat dicari oleh perusahaan – perusahaan minyak dan gas. Pada profesi ini, untuk perihal gaji bisa memperoleh sekitar Rp8.000.000 per bulannya. Sangat besar bukan untuk profesi yang satu ini. Biasanya perusahaan di bidang ini sangat mencari lulusan dari teknik perminyakan. Yang luar jurusan ini gak usah minder, pasti juga dibutuhkan ya, meskipun profesinya ditempatkan di bidang lainnya. Bisa di bagian office atau yang lainnya.

2. Ahli Energi Industri

lulusan Jurusan Teknik PerminyakanProfesi ini kalau dilihat memang hampir sama dengan ahli teknik energi. Tapi, beda fokusan saja, kalau ahli teknik energi itu, pekerjaannya pada bidang energi secara umum. Sedangkan ahli energi industri sendiri berfokusan pada energi pada bidang industri.

Rata-rata dari gaji seorang ahli energi industri, bisa mendapatkan sekitar Rp7.500.000 per bulan. Gimana nih, besar sekali kan untuk gaji dari profesi ini. Yang teknik perminyakan kamu sangat berpeluang loh bisa berkarir di profesi satu ini.

3. Ahli Safety (keselamatan) Tambang

lulusan Jurusan Teknik Perminyakan

Di perkuliahan Teknik Permiyakan, akan mendapatkan mata kuliah terkait keselamatan tambang. Dengan ini bisa juga berkecimpung ke profesi ini. Apalagi sudah mendapatkan bekal di perkuliahan. Jadi sudah gak asing kan seharusnya.

Tinggal mencari sertifikasi atau lainnya sebagai penunjang agar diterima. Sesuai dengan Namanya tugasnya yaitu memastikan dan memantau keselamatan para pekerja tambang. Untuk gaji dari profesi ini, bisa mencapai sekitar Rp.7.000.000 per bulannya.

4. Ahli Tambang

lulusan Jurusan Teknik PerminyakanMeskipun lulusan jurusan teknik perminyakan. Bukan berarti harus di tambang minyak terus. Tapi bisa juga masuk ke pertambangan mineral padat. Tenang kok masih relevan dengan jurusan teknik perminyakan. Jadi gak usah khawatir ya kehabisan bidang profesi.

Dengan tugas melakukan survey dari lapisan permukaan sebagai bahan mengidentifikasi karakterisitik dari tanah. Pada profesi rata-rata gajinya sekitar Rp7.000.000 per bulannya. Bahkan bisa lebih loh, bisa jadi prospek bagus nih buat kamu yang lulusan teknik perminyakan.

5. Quality Control

lulusan Jurusan Teknik PerminyakanSelain tadi, juga bisa berkarir di sebagai Quality Control. Tugasnya menguji dan memeriksa bagaimana kualitas dari bahan baku, produk yang setengah jadi, bahkan produk yang sudah jadi. Serta bertugas untuk menguji stabilitas dari sampel.

Kalau dilihat dari profesi dsatu ini, Pada profesi ini untuk seputar gaji sekitar Rp7.000.000 per bulannya, yang bisa kamu terima loh. Siapa kan ya gak pingin dengan gaji segini kan ya. Bisa jadi prospek bagus buatmu loh setelah lulus dari teknik perminyakan.

6. Insinyur Perminyakan

lulusan Jurusan Teknik PerminyakanPada profesi ini, tugasnya memperkirakan kemampuan dari pembuatan dan nilai eknomis di sumur minyak dan gas. Serta pengembangan rencana pengeboran minyak dan juga gas. Gaji rata-rata di profesi ini mendapatkan sekitar Rp6.600.000 per bulannya.

Sangatlah lumayan nih buat kamu yang lagi frash graduate. Dan yang ingin berkarir menjadi insinyur perminyakan. Yang suka dengan analisa, riset dan lainnya, cocok nih buat kamu. Apalagi secara jurusan sudah selaras nih.

7. Teknisi Geologi Dan Perminyakan

Bagi yang suka dengan dunia teknisi, bisa juga kok berkarir menjadi teknisi geologi dan perminyakan. Disini jasamu bakalan membantu ilmuwan dan juga insinyur dalam pemakaian alat ukur elektronik, sonik atau nuklir, baik di laboratorium atau produksi.

Pada profesi yang satu ini untuk perihal gaji. Gajinya sendiri gede banget loh, selaras dengan profesi dan tugasnya juga ya. Yang jurusan atau baru lulus dari jurusan ini, bisa tuh dijadikan acuan atau tempat yang bisa dicoba unutk melamar kerja nih. Di profesi ini kamu bisa menerima gaji sekitar Rp13.000.000 per bulannya.

GImana ? jurusan ini memang di era sekarang sangat dicari–cari loh. Bahkan cukup banyak juga perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan untuk teknik perminyakan. Jadi gak usah khawatir deh, kalau lulus entar kerja dimana. Asal ada kemauan pasti ketemulah jalan. Semoga bermanfaat banget dan juga menginspirasi. Kunjungi situs papanbaca untuk artikel menarik lainnya.

9 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *