Nulis Teknologi Cara Mematikan GPS dan Location Services di IPhone

Cara Mematikan GPS dan Location Services di IPhone

Cara Mematikan GPS dan Location Services di Iphone

Pada era teknologi smartphone yang semakin berkembang, banyak aplikasi yang membutuhkan akses lokasi kita saat ini. Namun, tak jarang juga pengguna yang masih awam bingung cara mematikan GPS di iPhone karena tidak butuh.

GPS atau singkatan dari Global Positioning System merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk menentukan letak sesuatu di permukaan bumi dengan bantuan kamera satelit. Untuk perangkat iPhone, disebut sebagai Location Service atau layanan lokasi yang mengandalkan GPS, Bluetooth, WiFi, dan jaringan selular untuk mengetahui posisi perangkat pengguna.

Ada beberapa alasan kenapa fitur layanan lokasi ini perlu dimatikan, salah satunya adalah masalah baterai. Tentunya dengan menyalakan GPS secara terus menerus ini bisa menguras konsumsi daya baterai smartphone kamu. Hal ini dikarenakan fitur layanan lokasi terus melacak perangkat kamu saat ini.

Hal lain yang menjadi kekhawatiran adalah privasi. Tidak semua pengguna yang menyukai fitur dari aplikasi seperti Maps yang terus melacak dan meriwayatkan lokasi kita berada. Jika sewaktu-waktu akun dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, tentu setiap lalu linta perjalanan yang kita lalui setiap hari bisa diketahui.

Baca Juga : Cara Memindahkan Foto iPhone ke iCloud Library

Cara Mematikan GPS dan Location Services di iPhone

Mematikan GPS di iPhone

Nah bagi kamu yang ingin mengetahui cara mematikan GPS atau Location Services di iPhone, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, buka Settings kemudian pilih Privacy.
  • Selanjutnya pilih menu Location Services atau layanan lokasi kemudian pilih matikan fitur.
  • Kamu juga bisa mengatur aplikasi mana saja yang boleh menggunakan GPS. Terdapat 3 pengaturan tersedia, yaitu saat menjalankan aplikasi saja, selalu aktif, dan mati.

Setelah selesai melakukan langkah-langkah diatas, kini layanan GPS pada perangkat kamu sudah mati dan tidak digunakan oleh aplikasi tertentu lagi.

Yang perlu kamu ketahui, beberapa fitur aplikasi tentu tidak dapat digunakan secara penuh karena membutuhkan layanan Location Services dari iPhone.

51 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.