PAPANBACA Pengetahuan Membongkar Perbedaan S1 Dan D4 Di Bangku Kuliah

Membongkar Perbedaan S1 Dan D4 Di Bangku Kuliah

Perbedaan S1 dan D4 sering kali bikin orang penasaran. Apakah dua hal itu sama atau berbeda sebetulnya. Di dalam bangku kuliah terdapat jenjang yang semuanya hampir sama dan ada yang berbeda. Tergantung kamu masuk ke perkuliahan universitas atau politeknik. Nah hal ini yang menjadi sebuah pembeda nantinya.

Jenjang perkuliahan sendiri di tiap kampus hampir sama rata-rata 4 tahun. Tapi kembali ke kamu sendiri ada yang bisa menyelesaikan dari 4 tahun bisa 3 setengah tahun. Tentunya SKS yang diambil pun cukup berbeda antara yang 4 tahun normalnya, sama yang lebih cepet 3 setengah tahun.

Nah di dalam perkuliahan sendiri. Jenjang ini sendiri ada yang S1, D4, bahkan D3 juga ada. Banyak orang yang beranggapan kalau S1 dan D4 ini berbeda ada pula yang beranggapan kalau dua hal ini merupakan jenjang yang sama. Hanya yang membedakan huruf dan angkanya saja, yaiutu S1 dan D4. Tapi apakah emang seperti itu atau malahan sama tidak ada bedanya ? Jawabannya nih S1 dan D4 itu benar setara, tapi dua hal ini sangatlah berbeda loh. Apa bedanya emang ?

Yuk mari kita bongkar perbedaan S1 dan D4

Kalau dari segi penjelasan sendiri

Berdasarkan dari Undang-Undang No 12 tahun 2012. S1 ini sendiri merupakan program sarjana pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan menengah atas atau sederajat, sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Nah sedangkan pasal 21 menjelaskan tentang D4 atau Sarjana Terapan masuk dalam program diploma atau pendidikan vokasi yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara penjelasa dari Undang-Undang begitu ya.

Lebih simpelnya sih gini, S1 itu untuk bangku perkuliahan Universitas, sedangan D4 sendiri itu lebih ke bangku perkuliahan Politeknik. Sama seperti SMA dan SMK. Universitas sendiri persentase untuk praktikumnya lebih sedikit ketimbang teorinya. Tapi kalau politeknik malah berkebalikan tuh, praktikumnya malah lebih banyak.

Tapi hal ini bukan menjadi acuan kamuy a, missal nih karena kamu lulusan SMA tapi harus masuk ke universitas, tentu nggak koko. Meskipun kamu lulusan SMA kamu bisa juga ambil D4 dengan masuk ke politeknuk. Begitu juga sebaliknya kalau kamu lulusan SMK dan pengen masuk ke universitas sangat diperbolehkan.

Baca juga nih tentang  Sikap yang harus ditonjolkan ketika interview

Kemudian dari bobot kurikulumnya

Kalau jenjang S1 nih dengan jenjang D4 sangat berbeda banget dalam hal bobot perkuliahan setiap harinya tiap semester. Jenjang kuliah untuk S1 sendiri, mempunyai bobot perkuliahan 60% teori dan 40% praktikum dalam tiap semesternya. Jadi lebih banyak mata kuliah teorinya.

Kemudian nih, praktikumnya saja untuk S1 ini sendiri yang diharapkan adalah mahasiswa atau kamu mampu melakukan sebuah riset, penelitianm Analisa secara mendalam dan mampu menerapkan hal tersebut. Nah berbeda tuh dengan D4 sendiri ya.

Kalau jenjang D4 sendiri memiliki bobot perkuliahan 60% praktikum dan 40% teori nih. Jadi memang sih D4 sendiri di polteknik memang lebih focus ke namanya praktikum. Karena mahasiswanya diharapkan mampu mengasah keterampilan dan skillnya lewat kegiatan praktikum yang sesuai dengan bidangnya.

 

Kemudian untuk kampusnya

Jenjang S1 sendiri sangat mudah untuk kamu temui ya dimana-mana. Dan S1 ini sendiri adanya di universitas baik itu yang bersifat kampus negeri ataupun kampus swasta. Yang ada di seluruh Indonesia. Jadi kamu kalau ingin mendapatkan gelar S1 kamu bisa masuk ke universitas yang kamu inginkan.

Sedangkan kalau kamu ingin jenjang pendidikan D4. Kamu bisa menemui jenjang ini di beberapa kampus politeknik. Tidak usah khawatir ya, kampus politeknik sudah banyak juga sekarang yang bisa kamu temui. Tentunya jurusan yang ada apun sangat menarik dan prospek kerjanya pun juga menjanjikan untuk masa depan kamu sendiri.

 

Durasi studinya serta syarat kelulusannya berbeda

Kenapa kok bisa berbeda padahal kan bisa dibilang setara ?. memang sih S1 dan D4 untuk durasi waktunya sendiri memang mempunyai waktu yang sama, yaitu sekitar 4 tahun masa perkulliahannya dengan mempunyai skas sebanyak 141 SKS. Tapi ada sesuatu yang membedakan diantara kedua jenjang tersebut khususnya untuk mencapai kelulusan.

Dalam jenjang S1 ketika kamu duduk di bangku perkuliahan dan ingin mencapai gelar S1 kamu. Ada hal atau tahap yang harus kamu tuntaskan terlebih dahulu. Yaitu harus mengerjakan dan menuntaskan tugas akhir yang berupah skripsi atau penelitian yang sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.

Sedangkan jika kamu memgambil jenjang pendidikan D4. Kamu juga sama untuk mencapai gelar sarjana D4 ini kamu haru mengerjakan dan menuntaskan tugas akhir. Cuman ddi dalam D4 tugas akhir yang harus kamu kerjakan bukanlah skripsi yang seperti di universitas atau di S1. Tetapi kamu harus membuat laporan ilmiah serta sebuah produk nyata dari laporan yang kamu buat atau penellitian yang kamu buat. Dan lagi kamu juga harus mengikuti praktik kerja industri ketika di politeknik.

 

Gelar jurusannya pun berbeda

Gelar jurusan di jenjang S1 dan D4 sangatlah berbeda loh. Meskipun durasinya sama yaitu 4 tahun tapi untuk masalah gelar sangatlah berbeda sekali. Untuk kamu yang lulusan S1, kamu akan mendapatkan gelar sarjana yang diikuti dengan program studi yang kamu ambil. Contoh nih kalau kamu ambil teknik seperti teknik mesin, teknik elektro, dll. Maka gelar kamu adalah ST  .

Sedangkan jika kamu mengambil jenjang kuliahan D4. Gelar yang kamu dapatkan sangatlah berbeda dengan gelar S1. Untuk gelar D4 sendiri, gelarnya adalah Sarjana Terapan dengan diikuti oleh program studi yang kamu ambil loh. Seperti S.Tr.T atau Sarjana Terapan Teknik.

Nah jadi itu ya pembongkaran perbedaan S1 dan D4. Meskipun terlihat sama dan emang setara, tapi S1 dan D4 ini sendiri ternya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Baik itu perbedaaan di kurikulm, proses perkuliaham, tempat perkuliahan bahkan tugas akhirnya, dan gelarny apun. Jadi S1 dan D4 ini berbeda ya. Tapi untuk bebrapa aspek ada kesamaan juga kok. Kalau kamu mending mana nih pilih S1 atau D4 ?. yuk baca artikel menarik lainnya di situs kami papanbaca.

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *