Nulis Teknologi Cara Memindahkan Foto iPhone ke iCloud Library

Cara Memindahkan Foto iPhone ke iCloud Library

Cara Memindahkan Foto iPhone ke iCloud Library

Jika kamu memiliki iPhone sebaiknya rutin untuk melakukan backup data. Terutama jika pada iPhone kamu sudah terlalu banyak foto dan video yang menyebabkan ruang penyimpanan semakin menipis, maka dari itu alangkah baiknya data tersebut dipindahkan saja.

Namun, untuk memindahkan data dari iPhone ke laptop Windows cukup ribet, jadi metode lain yang bisa kamu pilih adalah langsung memindahkannya ke iCloud.

Jika kamu mengaktifkan penyimpanan melalui iCoud Photo Library, maka kamu dapat menyimpan semua foto dan video tersebut dengan resolusi tinggi. Kemudian kamu bisa menyalakan opsi Optimized Storage untuk menghemat ruang penyimpanan di perangkat iPhone kamu.

Memindahkan Foto dari iPhone ke iCloud Library

Dari menu pengaturan di perangkat iOS kamu (iPhone, iPad, atau iPod touch), lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk memindahkan foto dari iPhone ke iCloud.

  • Masuk ke Settings kemudian pilih menu iCloud.
  • Pilih Photos.
  • Pilih Optimize Storage.

Dengan menyalakan iCloud Photo Library, foto dan video akan diunggah secara otomatis ke iCloud. Tapi yang perlu kamu ketahui adalah file media tersebut tidak di duplikasikan melalui iCloud backup, maka dari itu disarankan untuk menyimpan salinan backup library.

Memindahkan Foto dari iCloud ke Laptop atau MacBook

Memindahkan Foto iPhone ke iCloud Library
Foto : Pixels

Sekarang kamu bisa mendownload foto dan video dari iCloud.com ke komputer kemudian menyimpannya di dalam koleksi galeri terpisah. Nantinya kamu dapat memindahkannya ke komputer lain dengan Pengambilan Gambar atau Foto, ataupun menyimpannya di drive terpisah.

Namun, saat kamu menyimpan foto di iCloud Photo Library. kamu juga bisa mengaksesnya dari perangkat iPhone, iPad, iPod touch, Mac, dan Apple TV melalui iCloud.com atau bahkan menggunakan PC.

Jika kamu baru saja mengambil gambar menggunakan kamera iPhone, foto akan secara otomatis ditambahkan ke iCloud Photo Library. Pada saat kamu melakukan perubahan di salah satu perangkat, maka hal itu juga akan merubah tampilan di perangkat lainnya.

Sebelum kamu mulai, lakukan hal berikut terlebih dahulu:

  • Pastikan iPhone, iPad, atau iPod touch, Mac, dan Apple TV sudah di update ke sistem operasi terbaru.
  • Lakukan pengaturan iCloud disemua perangkat. Jika kamu menggunakan PC, download iCloud for Windows, kemudian sign in menggunakan Apple ID yang sama disemua perangkat.
  • Pastikan perangkat terkoneksi jaringan Wi-Fi.
  • Selama menggunakan perangkat, pastikan pengaturan ini selalu aktif sehingga fitur iCloud Photo Library dapat berfungsi secara otomatis.

Cara Mengaktifkan iCloud Photo Library

Selain melakukan pengaturan hardware, kamu juga wajib melakukan pengaturan di sistem operasi perangkat yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan iPhone, iPad, atau iPod touch, kamu bisa masuk ke Settings > iCloud > Photos, kemudian aktifkan iCloud Photo Library.

Sinkronisasi Perangkat Melalui iTunes

Setelah melakukan sinkronisasi foto ke perangkat iOS melalui iTunes, sekarang kamu dapat mengaktifkan iCloud Photo Library dari perangkat iOS. Nantinya kamu akan melihat pesan yang menyatakan “Synced photos and videos from iTunes will be Deleted”.

Foto dan video yang sudah disinkronkan dari komputer akan tetap berada di komputer, namun dihapus dari perangkat iOS.

Cara Mengakses Kembali Foto dan Data Multimedia

Jika kamu ingin kembali mengakses foto dan video dari perangkat iOS, maka kamu bisa mengaktifkan iCloud Photo Library dari PC atau Mac. Selanjutnya foto dari komputer akan diupload ke iCloud, sehingga kamu bisa langsung mengaksesnya dari semua perangkat. Setelah iCloud Photo Library aktif, semua foto akan tersedia di iCloud dan bisa diakses dari aplikasi Photos.

Dengan memindahkan foto iPhone ke iCloud Library, tentu kamu bisa mempunyai salinan jika sewaktu-waktu salah satu perangkat mengalami kerusakan. Selain bisa menyimpan foto dengan aman, kamu juga dapat mengakses data multimedia dengan lebih praktis melalui iCloud.

48 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.