Nulis Internet Menambahkan Featured Image atau Thumbnail Postingan WordPress

Menambahkan Featured Image atau Thumbnail Postingan WordPress

Menambahkan Featured Image Postingan WordPress

Featured image atau biasa disebut sebagai thumbnail postingan adalah fitur yang cukup banyak di kenal dan sudah di dukung oleh banyak pengembang tema.

Jika kamu belum paham, ini adalah gambar utama yang ada pada postingan blog, biasanya berada setelah atau sebelum judul dan media sosial. Sekarang sudah hampir semua tema WordPress populer hadir dengan dukungan bawaan untuk gambar unggulan.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan featured image atau thumbnails postingan di WordPress.

Panduan Mengenai Featured Image di WordPress

Featured image adalah fitur bawaan dari setiap tema WordPress. Saat ini sudah hampir semua tema hadir dengan dukungan untuk gambar unggulan dan menampilkannya dengan menarik di berbagai area website.

Tampilan Featured Images

Memang jika kami amati blog yang menampilkan gambar thumbnail akan terlihat lebih menarik dan elegan ketimbang website yang hanya berupa teks biasa.

Bahkan ini bisa membangun keterlibatan pengguna dan meningkatkan tampilan halaman. Mesin pencari dan situs media sosial juga dapat menggunakan gambar tersebut untuk menampilkannya di hasil pencarian dan umpan media sosial.

Sebagian besar pemilik situs menggunakan gambar unggulan hanya pada postingan blog, tetapi sebenarnya kamu juga dapat mengatur gambar unggulan ini pada halaman dan custom pos.

Setelah kamu mengetahui apa itu featured image, sekarang adalah mengetahui cara mudah menambahkan featured image postingan di WordPress.

Menambahkan Thumbnail Postingan atau Featured Image di WordPress

Untuk dapat menambahkan featured image di postingan WordPress, kamu bisa membuat postingan baru atau mengedit yang sudah ada sebelumnya dengan mengunjungi halaman Posts > All Posts.

Di konten editor, kamu akan menemukan tab Featured image di bagian sebelah kanan.

Featured Image Postingan

Kamu bisa mengklik Set Featured Image yang berada di dalam kolom untuk memunculkan popup pengunggahan media WordPress.

Di sini, kamu dapat mengunggah gambar dari komputer atau menggunakan yang sudah ada sebelumnya di media library. Setelah selesai memilih gambar, klik tombol Set Featured Image di sudut kanan bawah.

Set Featured Image

Sekarang WordPress akan menampilkan pratinjau featured image di kolom kanan. Namun, tergantung dari tema yang di gunakan, tampilan gambar bisa saja berbeda.

Kemudian kamu dapat menyimpan atau mempublikasikan postingan tersebut dan melihat tampilan gambar unggulan muncul di website kamu.

Semua kembali lagi pada pengaturan yang sudah di tentukan oleh pengembang tema, saat ini featured image akan secara otomatis muncul pada postingan kamu. Jika ingin mengubah cara tema menampilkan featured image, maka kamu memerlukan beberapa keterampilan kode CSS.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menambahkan featured image atau thumbnail postingan di WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara mengubah penulis postingan di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *