PAPANBACA Pengetahuan Mengenal Dunia Kerja, Internship, Part Time, Full Time

Mengenal Dunia Kerja, Internship, Part Time, Full Time

Dunia kerja sering kali banyak kalangan yang meremehkan atau memandang enteng. Banyak orang yang menganggap di dunia kerja hanya seperti itu-itu saja. TIdak ada bedanya sejak jaman dahulu. Padahal di balik itu semua, khususnya di dunia kerja nih, sangatlah berbeda dengan kamu duduk di bangku kulliah atau pendidikan yang sedanga kamu hadapi.

Perlu diketahui nih, apa yang kamu peroleh dan dipelajari di kampus kamu. Tidak sepenuhnya akan keluar atau dipakai di dunia kerja. Bahkan bisa saja kamu akan mendapatkan sesuatu hal yang baru banget yang belum ada di kampus kamu. Bahkan nih bisa-bisa yang belum diajarkan ke kamu. Nah hal ini jangan dijadikan sebuah halangan atau beban, sehingga kamu nyerah karena hal itu. Tapi jadikan sebagai tantangan dan hal baru yang kamu dapat nantinya.

Oleh karena itu ya, untuk kamu nih yang masih berstatus mahasiswa, atau yang barusan lulus nih, istilahnya sih frash graduate gitu kan. Kamu perlu banget mengenal istilah-istilah atau hal-hal yang ada dunia kerja itu sendiri. Sebelum kamu terjun ke dunia kerja nantinya. Hal ini bertujuan baik untuk kamu loh. Bisa jadi bekal kamu ketika memasuki dunia kerja.

Dalam dunia kerja sendiri. Kamu pasti udah sering dengar istilah Internship, Part Time, dan Full Time. Apalagi sekarnag sudah banyak tuh info-info yang terkait hal itu. Tapi disini apakah kamu sudah memahami terkait istilah-istilah ini, sebelum kamu masuk ke dunia kerja?. Nah disini yuk kita bongkar memang apa sih maksud dari istilah kerja tersebut. Kok sampai sepertinya jadi perbedaan.

Yuk simak perbedaan istilah ini di dunia kerja

Internship

Atau yang biasa kamu kenal dan denger di lingkungan yaitu magang. Nah kalau kamu di kampus lebih sering yang kamu kenal adalah PKL atau Praktik Kerja Lapangan. Hanya beda istilah saja ya, magang, PKL, dan internship. Tapi secara proses mempunyai maksud dan tujuan yang sama kok. Baik itu di kampus atau di bangku SMK.

Kalau kamu lulusan SMK, mungkin sudah gak asing lagi dengan hal magang ini sendiri kan. Jadi Internship atau magang ini sendiri yaiut, sebuah kegiatan dimana kamu akan ditempatkan di suatu perusahaan, baik itu perusahaan yang bersifat swasta, negeri, ataupun pemerintahan juga.

Kegiatan ini bertujuan untuk kamu bisa mendapatkan dan memperoleh ilmu baru di dalam dunia kerja di lapangan, tentunya juga kamu mendapatkan pengalaman baru seputar dunia kerja sesungguhnya. Nah kalau kamu sedang menjadi mahasiswa, kegiatan ini sendiri biasanya jadi syarat atau matkul khusus untuk kelulusan semester kamu.

Internship ini sendiri, kamu biasanya bisa personal atau berkelompok. Anggota dari kelompok nya bisa 3 atau samapai 5 orang loh, tergantung dari ketentuan pihak kampus atau sekolah ya. Tentunya durasi yang diberikan untuk menjalani internship ini sendiri berbagai macam, ada yang 2, 2 bahkan sampai 6 bulan dan tergantung juga kampus kamu, untuk yang lagi jadi mahasiswa.

Nah kalau yang frashgraduate ini sendiri, untuk banyaknya peserta internship tergantung dari tempat yang mengadakan hal tersebut ya, begitu juga dengan durasi dari intership tersebut berapa lama berlangsungnya. Untuk jam kerjanya pun biasanya mengikuti jam operasional kerja. Bahkan nih, kalau kamu beruntung ada beberapa perusahaan atau tempat internship yang memberikan insetif atau benefit berupa uang saku.

Dengan adanya internship ini kamu bisa memperoleh banyak ilmu baru, pengalaman baru tentunya. Bahkan kamu bisa juga nih meningkatkan hard skill, atau soft skill kamu dengan adanya internship. Jadi internship juga berguna banget ya, untuk kamu yang lagi mencari experience lebih serta meningkatkan skill kamu.

 

Baca juga tentang Sikap yang harus ditunjukan ketika interview

 

Part Time

Lebih sering dikenal dengan paruh waktu. Istilah ini juga sering nih dipakai oleh tempat-tempat baik itu perusahaan maupun tempat yang membutuhkan seseorang di tempatnya. Untuk yang satu ini sangat berbeda dengan internship ya. Mulai dari jam operasional kerja, ataupun sifat kerjanya nih.

Secara proses part time atau peruh waktu ini sama dengan bekerja secara normal. Cuman disni yang mebedakan dengan lainnya adalah, dari segi waktu jam kerjanya sendiri. Part time atau paruh waktu jam kerjanya tidak penuh, missal nih jika jam normal kerja memilik waktu sekitar 8 jam, kalau paruh waktu sendiri hanya butuh waktu sekitar 4-6 jam saja dalam sehari.

Kok bisa ya ? waktu operasionla kerja ini sendiri, sudah berdasarkan kesepakatan yang ada di kontrak pekerja sebelum kamu jadi pekerja paruh waktu. Untuk yang satu ini ya, biasanya jadi inceran anak mahasiswa nih, bisa bekerja paruh waktu sehingga bisa menjalankan kuliah dan bekerja juga. Jadi peluang banget nih untuk kamu yang mahasiswa ingin ambil kerja disambi kuliah.

Tidak cuman itu sih, dengan kamu kerja paruh waktu. Kamu bisa tuh memanfaatkan waktu-waktu diluar jam kerja kamu untuk memulai bisnis kecil-kecilan, merintis usaha yang lain. Atau membuat hal yang bermanfaat yang bisa mendukung masa depanmu ya.

 

Full Time

Atau kerja penuh waktu. Artinya kamu menjadi pekerja secara normal. Bekerja dengan waktu yang sesuai dengan tempat kamu bekerja, dan sesuai kesepakatan diawal. Bahkan nih jam kerjanya pun bisa 40 jam dalam seminggu, sekitar 8 jam seharinya. Itupun belum waktu lemburannya ya.

Kalau pekerja yang full time, kamu bakalan dituntuk konsentrasi dan focus ke pekerjaan tersebut. Kalau ini sih gak direkomendasikan ya untuk para mahasiswa, apalagi dilihat dari ajtivitas mahasiswa yang penuh banget dengan matkul, belum lagi tugas atau project. Karena hal ini juga akan mengorbankan salah satu dari hal tersebut.

Jadi kamu harus mengenal banget ya, istilah-istilah di dunia kerja tadi. Agar kamu bisa mengetahui nih ketika ingin atau akan melamar seuah pekerjaan di manapun tempatnya. Sehingga kamu bisa menyikapinya dengan pas dan tanpa ada rasa keraguan didalam diri kamu sendiri. Tentunya ketika bekerja kamu pun sudah tau hal-hal yang dibutuhkan dan yang akan dilakukan ketika melakukan pekerjaan. Yuk mari baca artikel menarik lainnya di situs kami papanbaca.

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *