Nulis Internet Mengetahui Lokasi WordPress Menyimpan Gambar di Website

Mengetahui Lokasi WordPress Menyimpan Gambar di Website

Mengetahui Lokasi WordPress Menyimpan Gambar

Apakah kamu ingin tahu di mana WordPress menyimpan gambar pada situs web? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Banyak pengguna tidak mengetahuinya yang kemudian membuat mereka mencari tahu tentang bagaimana WordPress menyimpan gambar dan langkah apa yang dapat di lakukan untuk mengatur media library secara lebih efektif.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana WordPress menyimpan gambar di situs WordPress dan memberi tips cara mengatur library media.

Bagaimana WordPress Menyimpan Gambar Pada Situs?

WordPress hadir dengan sistem bawaan untuk mengelola unggahan media seperti gambar, video, musik, dokumen dan lainnya.

Sistem ini memungkinkan kamu untuk mengunggah, mengelola, mengedit, dan menghapus file dari library media WordPress.

Media Library WordPress

Secara default WordPress menyimpan semua gambar dan unggahan media lainnya ke dalam folder /wp-content/uploads/ di server. Semua unggahan tersusun rapih berdasarkan tahun dan bulan saat media di upload.

Misalnya, semua file media yang di upload pada bulan Oktober tahun 2021 akan tersimpan di dalam folder:

Kamu dapat melihat folder ini dengan mengakses situs WordPress menggunakan klien FTP atau melalui cPanel hosting.

Folder Upload FTP

WordPress juga menambahkan informasi tentang unggahan gambar di database. Informasi tentang unggahan kamu disimpan dalam database sebagai “post type attachment” di dalam tabel post.

Tampilan Gambar di Database

WordPress juga menyimpan informasi di tabel postmeta saat kamu memasukkan gambar ke dalam postingan/halaman atau custom post lainnya.

Saat kamu mengatur gambar unggulan atau lebih umum disebut dengan thumbnail, WordPress menyimpan informasi ini sebagai “meta key _thumbnail_id” dan menyimpan di tabel postmeta database.

Thumbnail Database

Menghapus file dari server menggunakan klien FTP atau cPanel hosting hanya akan menghapusnya dari server kamu, tetapi tidak akan menghapusnya dari database WordPress. Gambar-gambar tersebut akan terus muncul di situs tetapi menampilkan gambar rusak.

Demikian pula, jika kamu menghapus referensi ke gambar dan unggahan media lainnya dari database, maka WordPress tidak akan menampilkannya di media library. Meskipun semua gambar atau media masih terdapat di dalam server.

Mengubah Cara WordPress Menyimpan Gambar Atau Media Lainnya

Secara default, WordPress tidak mengizinkan untuk mengubah lokasi unggahan dari dashboard admin. Satu-satunya perubahan yang dapat kamu lakukan adalah menonaktifkan folder berbasis bulan dan tahun melalui halaman Settings > Media.

Media Settings WordPress

Cukup hapus centang pada kotak yang berada di samping “Organize my uploads into month- and year-based folders” dan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan. Sekarang WordPress akan mulai menyimpan semua file yang kamu unggah di folder /wp-content/uploads/.

Tetapi untuk pengguna yang sudah mahir atau pro, mereka juga dapat menggunakan folder unggahan di lokasi yang berbeda.

Menata Gambar di WordPress

WordPress tidak mengizinkan pengguna untuk membuat folder khusus saat mengunggah gambar. Ini mempersulit pemilik website untuk mengatur gambar mereka dalam struktur berbasis folder.

Namun, kamu dapat menggunakan penanda gambar untuk mengatur unggahan media WordPress. Plugin galery WordPress seperti envira gelery membuat pengelompokan gambar menjadi lebih mudah dengan album dan tag.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari dimana letak WordPress menyimpan gambar pada situs. Kamu mungkin juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara menggunakan gambar WebP di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *