PAPANBACA Industri Mirip Kubah Masjid, Ternyata Ini Nama Aslinya

Mirip Kubah Masjid, Ternyata Ini Nama Aslinya

Kubah ini pasti kamu sering banget melihat dan menjumpainya kan. Bahkan beberapa rumah, bangunan gedung, pabrik ada kubah satu ini. Kalau kamu perhatikan dengan sekilas, emang sih bend ani bentuknya mirip kubah masjid, tapi bentuknya agak kecil dibandingkan dengan kubah masjid.

Biasanya benda ini terletak di atap, dan lebih seringnya bisa kamu jumpai di bangunan gedung olahraga, pabrik dan sebagainya. Dan ternyata benda ini mempunyai fungsi penting loh. Serta alat penunjang untuk memenuhi kebutuhan akan bangunan yang dipasangi tersebut.

Jadi gak salah sih banyak orang yang belum tahu akan benda ini. Dan banyak yang mengira benda ini adalah kubah masjid. Untuk bentuknya emang mirip kubah masjid, dengan warna yang sering dominan putih silver. Oleh karena itu ya, banyak yang ngira benda satu ini kubah masjid. Mimin juga sama sih dulu juga mikirnya itu benda adalah kubah masjid.

Nah mimin kasih tau nih terkait benda satu ini yang banyak orang mengira ini adalah kubah masjid. Ternyata benda ini bukanlah kubah masjid loh. Tapi masih ada hubungannya dengan ventilasi. Ya hampir mirip dengan ventilasi di rumah kita yaitu jendela.

Daripada nunggu, yuk kita kepoin kubah satu ini

Jadi ini namanya Turbin Ventilator

kubahBukan kubah masjif ya, tapi benda ini merupakan turbin ventilator. Benda yangberhubungan dengan angin dan udara pada sebuah bangunan gitu. Jadi lebih tepatnya gini sih, itu turbin ventilator sejenis exhaust fan atau roof fan, alias ventilasi yang letaknya ada di atas bangunan atau diatap bangunan.

Turbin ventilator in sendiri dipasang bukan hanya ebagai penghias atau pelengkap dari suatu bangunan. Tapi juga mempunyai fungsi penting yang ditujukan untuk bangunan tersebut. Fungsi dari turbin ventilator ini sendiri, adalah untuk mengeluarkan udara panas dengan cara menghirap udara panas tersebut, serta debu-debu yang ada di dalam bangunan tersebut, bahkan selain itu juga turbin ventilator ini sendiri berfungsi sebagai sirkulasi udara loh.

 

Bagaiman sih cara kerja turbin satu ini ?

Untuk cara kerja dari turbin ventilator ini sendiri. Turbin ventilator nantinya aka berputar searah dengan jarum jam. Meskipun angin yang meniupnya cuman hembusan angin yang lemah. Kalau kamu perhatiin di bagian atas disekelilingnya turbin ini terdpat celah-celah. Nah hal itulah yang menjadikan jalan untuk suhu udara keluar. Sehingga udara panas yang ada di dalam ruangan keluar dengan sendirinya deh. Sehingga bangunan tidak terasa panas.

Kemudian meskipun dengan hembusan angin yang lemah, sudah bisa berputar. Turbin ventilator ini sendiri tahan juga ketika ada hembusan angin yang mempunyai kecepatan tinggi. Turbin ini dapat berputar ketika adanya perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar bangunan. Jadi gitu ya cara kerjanya dari benda satu ini yang banyak dikira orang adalah kubah masjid. Kemudian nih di turbin ventilator ini sendiri adanya prinsip thermosiphon.

 

Adanya prinsip thermosiphon loh

Turbin ventilator ini sendiri, pada fungsi kerjanya terdapat konsep atau prinsip “thermosiphon”. Mungkin kamu sudah tau bahkan ada yang belum tau apa sih prinsip atau konsep thermosiphon sebenarnya?. Yuk kita simak dulu apa itu maksudnya ya. Biar kita memahami dulu prinsip tersebut ya.

Prinsip thermosiphon sebenarnya prinsip yang mana berputar yang berdasarkan dari tekanan dan juga aliran udara panas yang ada dalam suatu bangunan. Nah kalau ventilasimu di rumah itu baik maka suhu udara yang ada di dalam rumah kamu, akan bekerja dengan normal. Tapi kalau semisalnya suhu udara meningkat atau panas, hal in perlu dilakukan tindakan dengan bukaan atau ventilasi atau buangan angin yang memadai loh.

Jadi benda yang mirip kubah itu fungsinya buat sirkulasi udara ya

Gimana nih sudah terjawab kan rasa kepo kamu ke benda yang mirip kubah ini. Benda ini bisa kamu dapatkan di took-too yang memang menyediakan ventilasi udara loh. Dan sangat mudah kok untuk mencarinya. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan yuk baca artikel menarik lainnya di papanbaca.

6 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *